BAGAIMANA MEMELIHARA HAMSTER DGN BAIK?


Banyak pemilik hamster pemula menanyakan tentang cara memelihara hamster yang baik, makanan apa yang sesuai, dan lain sebagainya. Artikel ini memuat daftar kebutuhan minimal yang bisa menjamin kelangsungan hidup seekor hamster secara layak. Hm…

 Roborovski

Berikut adalah beberapa hal pokok yang harus Anda sediakan untuk memelihara hamster. Ini adalah daftar perlengkapan minimum untuk menjamin kelangsungan hidup seekor hamster secara layak :

1.Kandang
Kandang hamster berukuran minimal 35 x 40 cm untuk seekor hamster. Semakin besar kandang semakin baik. Kandang untuk hamster beraneka ragam, mulai dari akuarium yang tak terpakai sampai kandang-kandang yang khusus dirancang untuk hamster. Jika Anda menggunakan akuarium, usahakan bagian atasnya tertutup untuk mencegah hamster kabur atau tikus rumah masuk dan melahap hamster Anda. Jika Anda menggunakan kandang berjeruji besi, perhatikan jarak antar jeruji apakah bagus dan cukup rapat untuk hamster Anda. Hamster bisa ‘mengecilkan’ tubuhnya, membuatnya pipih dan kemudian menggembungkannya lagi. Elastisitas hamster ini patut Anda pertimbangkan.

2.Serbuk Kayu
Serbuk kayu banyak disediakan di mana-mana. Pilih yang tidak berbau bahan-bahan kimia. Terutama untuk serbuk lokal yang murah, kebanyakan serbuk kayu itu berasal dari serutan kayu bekas kayu perabot rumah tangga dan sudah diberi bahan-bahan kimia.

Disamping serbuk lokal, ada juga serbuk impor yang lebih mahal harganya. Tapi penggunaan serbuk ini tentu saja memuaskan. Serbuk kayu lebih kering, lebih bersih, bebas debu, lebih putih dan bebas bahan kimia berbahaya, hal ini menjamin keselamatan hamster dan juga memperindah bulunya(kelembaban bisa merusak penampilan bulu hamster).

Ketebalan serbuk hamster yang baik adalah sekitar 2-3 cm dari permukaan kandang. Jika Anda tidak menggunakan serbuk Anda mungkin bertanya-tanya apa guna serbuk kayu ini:
1.Sebagai alas tidur.
2.Sebagai media penyerap kencing hamster. Bayangkan jika tidak ada sesuatu yang menyerap kencing hamster! Air kencing yang berbau itu akan menempel di bulu hamster dan merusak bulu indahnya dan membuatnya berbau tak sedap!
3.Sebagai tempat berlindung dari panas dan dingin. Anda tidak mungkin mengawasi dan menjaga hamster Anda setiap menit agar tidak kepanasan atau kedinginan kan? Jadi mereka membutuhkan sesuatu untuk tempat mereka berlindung jika udara menjadi ‘terlalu’ berlebihan buat mereka.
4.Sebagai bahan pembuat sarang. Oh iya hamster membuat sarang, biasanya di pojok-pojok favorit mereka. Sarang mereka berbentuk serbuk yang ditumpuk dengan lubang untuk tidur di tengahnya. Ibu hamster biasa meletakkan anak-anaknya dalam sarang ini!

3.Makanan Hamster
Makanan hamster terbaik sampai saat ini tetap dipegang oleh makanan-makanan hamster impor buatan pabrik. Walaupun begitu Anda juga harus tetap waspada dan lebih cermat lagi dalam memilih mana makanan impor yang baik. Beberapa makanan impor mengandung terlalu banyak bahan pewarna, terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya yang bisa merugikan hamster itu sendiri. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan seminggu sekali sebagai snack. Berikan dalam jumlah terbatas (sedikit sekali!)

Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas)
Apel
Pir
Pisang
Wortel
Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerontokan bulu)
Kentang (harus direbus dulu)
Kacang tanah
Kacang kulit
Kacang mete
Kacang almond
Kacang kedelai
Roti tawar
Biskuit Cracker
Oatmeal
Corn Flakes

Makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster:
Selada
Kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya (Cai sim, bayam, kai lan, dll)
Ketimun

Makanan yang tidak boleh diberikan sama sekali kepada hamster:
Jeruk dan semua bangsa citrus
Cokelat
Makanan yang telah diberi bumbu

Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula:

1.Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika Anda tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster Anda, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Apakah berbau menyengat? Apa Anda harus mengganti serbuk kayu setiap hari? Jika jawabannya iya, itu berarti hamster Anda mengalami masalah pada sistem urine / kencingnya. Ini diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang Anda berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Anda dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa Anda temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda.

2.Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. “Hamster saya sangat tergila-gila dengan biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya.” Percayalah, ini hanya kebiasaan yang Anda atau pemilik sebelumnya tanamkan untuk hamster Anda! Mungkin Anda tidak tahu kalau tindakan sayang Anda ini justru malah membunuh hamster Anda. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Anda! Menyayangi nya bukan berarti memanjakannya!

3.Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik… Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Anda.

4.Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering… Anda pasti rugi telah membeli makanan hamster karena tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Tapi sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan? Begitu pula dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Ini pasti mempunyai efek negatif di kemudian hari terutama ketika hamster melahirkan dan menyusui. Jika Anda merasa ‘tidak tahan’ dan ingin memberikan snack lebih banyak dari seminggu sekali, Anda bisa menimbang-nimbang secara bijak jenis snack yang Anda berikan. Sesuai dengan sistem pencernaan hamster yang kurang bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang ‘kering’ seperti kacang-kacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali.

4.Botol Minum
Hamster perlu minum air! Banyak mitos yang mengatakan bahwa jika hamster diberi minum air akan mati adalah sebuah kebohongan. Hati-hati terhadap botol air yang bocor! Ini sering terjadi dan tidak diperhatikan oleh pemilik hamster.

Berikutnya adalah hal-hal rutin yang harus Anda kerjakan untuk memelihara hamster dengan baik:
1.Memberi makan hamster sehari 2 kali
2.Mencuci tempat makan setiap kali makanan diganti
3.Mengganti serbuk kayu dan mencuci kandang hamster seminggu sekali
4.Mengisi botol minum setiap kali airnya habis
5.Mencuci botol minum seminggu sekali

Berikut adalah daftar ‘ketidaktahuan’ lain yang sering dilakukan dan mengakibatkan kematian hamster:

1.Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup… Tidak perlu sampai ‘dijemur’.

2.Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini.

3.Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang ‘hamster pemakan anak’. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu.

4.Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu.

Terima kasih jika Anda membaca hal-hal ini terlebih dahulu sebelum mulai memelihara hamster. Semoga bisa mencegah banyak ‘kematian’ hamster yang sebenarnya tidak perlu terjadi… Penambahan bisa dilakukan sewaktu-waktu dan bagi para senior yang mau berkomentar atau melakukan penambahan dapat di kirimkan ke saya lewat personal message. Terima kasih!

(Dikutip dari: http://www.mypetzone.com)

 
About these ads

49 Responses so far »

  1. 1

    ochin said,

    whuaaaahh~
    lengkap banget~

    jadi ngerasa siap buat melihara~ :D :D :D

  2. 4

    arTa said,

    Jdiii kasiih mkn hamsny sminggu skaLi aP shari 2 kaLi..??? kLo mang kya gT, ap hamsny gk kLparan Tuh????
    Trus bersihin kandaNgny shari skaLi gT???
    kLo diksiih kacang paNjng n’ Toge bagus gk???

    thx.

    • 5

      wewe said,

      Klo ngasih mkn cukup sehari 1x ja,klo aq ge bokek gw kasih makan sehari 1x bsokx gk, kyk puasa nabi dawud; katax sih bs buat hamster lebih subur n produktif, just mitos!
      Yg pentink harus dicek minumanx karena hamster type pelari/hyperaktif jgnn sampek kehabisan minum!

      jangan kasih sayuran kecuali toge..

      Thx dh mampir…

      • 6

        arTa said,

        oowwhh giiTuu..
        trus mo nanya nie wkTu iTu kan bLi pasiir mandii yg b’aroma, tpii nyaTanya kok gk sie maLaah biasa aJ, gk wangii..
        iTu knp yaa?? ap mang sprTii iTu??

  3. 7

    nabila said,

    mw tanya niiiee,,,,,,kalo di mandiin tuh harus pake air anget yah??? tq

    • 8

      wewe said,

      GK HARUS PAKE’ AIR HANGAT,yg pentink klo mandiin dgn air harus pake’ tisu ato kain jadi prosesx cma di basuh air…
      secara natural di mandi pakek pasir..

      • 9

        chika said,

        kalo bisa jangan pernah mandiin hams pake air.. soalx kalo kondisi hamsx lg ga fit bisa2 malah kena flu.. kalo kondisix fit sih ga gitu masalah.. tp usahakan jgn sampe kena air.. kalo kena air langsung cpet2 keringin pake hairdryer..
        kalo mau mandiin,, di petshop2 gitu suka jual pasir mandi.. ada macem2 jg wangix.. liat ja hamsx pas mandi pake pasir tu.. lucu deh.. :)

      • 10

        wewe said,

        Betul skali yg dikatakan sist chika, hanya dlm kondisi yg urgent hamster boleh dilumasi/lab-lab doank pakek air…

  4. 11

    Tasia said,

    lemayan…..biz,hamster gw mati mulu….oke….mulai dari awal…

  5. 13

    laurentia said,

    kk mw tanya neeehh hams q yg stu lgi female…… dah ngelahirinn…tpi cuma satu bijiii….. en mw tanya cra melakukat yg terbaik untuk mamana dan si kecil gimana yaah supaya si kecil ndak di mkn….

    • 14

      laurentia said,

      harus dikasih makan apa…. blh dikasih susu tak supaya si kecil tetap sehat..

    • 16

      wewe said,

      hal yg pertama yg dianjurkan, pisahkan dgn jantanx, kasih makan yg cukup, susu n vitamin..
      jgn pernah dipegang2 n ganggu si indukan klo lagi beranak/menyusui..apalagi megang2 anakx..ntar bisa dimkn anakx sendiri karena si induk mendeteksi bau 2 asing..

  6. 17

    wah artikelnya boleh juga, banyak banget yang memakai artikel ini.. tapi emang mantap.. hehehe mampir ya?

    CARA MERAWAT HAMSTER YANG BAIK

  7. 19

    yulianti said,

    kalau induk hamster makan anak2nya itu kenapa ya?

    • 20

      wewe said,

      pertama: untuk pengganti energi yg dikeluarkan saat melahirkan(biasanya cma 1ekor)
      kedua:kalo aroma anak2x terkontaminasi aroma asing, idkarenakan kita pegang2 anakx..

      nb: anakx jgn pernah dipegang2 n jgn digangu,,,

      thx dh mampir;

  8. 21

    delia said,

    mnurut kk hams yg bgus ntu yg jenis apa yah??

    • 22

      wewe said,

      kalo saya lebih suka Hamster WW karena Jinak gk terlalu rakus makannya n gk terlalu jorok..
      n Favorit sya Hamster ROBOROVSKI karena ni Hamster paling Lucu wajahx gk moncong/monyong lagi, makan dikit gk jorok.

      thx

  9. 23

    delia said,

    kk hams jenis winter white itu susah gk yah di peliharax?

  10. 25

    fhaa said,

    nah.. akhirnya tau jga cra n’rawat hams ku..
    pertama blii pda mati 4 ,
    beli lagii , akhirnya branak 2..

    stela branak 2, udah gede tuh, eh kita pisahin anak ma ibunya,
    abis ibunya galak bgt, ktanya sih buta ibunya, gatau deh
    trus ga lama, ibunya klitan lebih ganas, n bdannya gede
    eh pas kmren branak dia, 6 ! tpi yaa mati stu. .
    hihi
    oh jdi gaboleh trllu sering makan kwaci yah.. ^^

  11. 27

    ichiiruu said,

    campell bisa dikawin silang kaga ????

  12. 29

    gusti reza said,

    wewe..

    cara buat beranakin hams roboroski n winter golden tu gimana sih?
    dah lama tapi ga hamil” euy..

  13. 31

    jt said,

    tanya donk… hamster ku dulu warnanya putih… nah sekarang kok jadi kuning kumel gitu ya??? salah dimana nya saya?? makanan, kandang, ato apa??? trus ada cara buat balik ke putih lagi ga?? oh ya kandang saya pake aquarium.. seminggu sekali di bersihin… tapi ga punya rumah2an hamster… mohon bantuannya m(_ _)m

    • 32

      g3mbulzone said,

      sebelum ane ngasih solusi, btw hamster anda apa jenisnya?
      maybe jarang mandi ato kandangnya sering basah jadi hamster lo warnanya kumel..
      coba beli pasir & serbuk wangi biar hamster lu mandi n bersih kembli putih kembali ; & jgn lupa kasih tempat untuk pipis n BAB..

  14. 33

    jt said,

    hamster saya ww pearl… satu lagi warnanya putih red eye (kata temen saya jenisnya albino)… saya sudah sediakan pasir wangi buat mandi dan pasir yang tidak bau buat pipis dan bab… masalahnya malah mereka pake dua dua nya buat pub dan pipis… sekarang kalo mandi saya ambil dan saya siram pake pasir wangi… ada kemungkinan karna saya pake aquarium buat kandangnya kah?

  15. 34

    sewa laptop said,

    Saya beli hamster terus saya kurung pake kurangan burung, eh paginya si hamster udah melarikan diri….

    • 35

      g3mbulzone said,

      yaiyalah gan, jarak antar jerujinya lebar kali jadi hams bisa menyusup.. mending untuk smentara wktu tauh kotak dulu..

  16. 36

    aldy said,

    gan, jdi mkanan apa yg hrus saya ksih pada hamster sebagai makanan utamanya ?
    saya sedikit bingung , maklumlam pemula ,
    hehehe
    mohon di jawab

    • 37

      g3mbulzone said,

      makanan utmanya adalan kacang2-an n biji-bijian,
      example: kuaci, kacang ijo, kedelai, kacang polong dll..

  17. 38

    Yuyun said,

    Sayabaru beberapa hari punya sepasang Hamster, pengennya misa ngelus-ngelus bulunya yg halus, tapi… malah di gigit… pdhal nyentuhnya lembut aja… Gimana ya caranya memegang & memindahkan Hamster tanpa digigitnya. Trims…

    • 39

      g3mbulzone said,

      ada pepatah “Tak Kenal maka tak Sayang” that’s Right & Trust it bro/sist..
      so anda harus berkenalan, pdkt,n yg pasti sayangi mereka..
      tuk practice: coba elus2 tiap hari, kasih makan pakek tangan agan sndiri,
      tip ntrik dari saya yg lumayan ampuh tuk naklukin Hams adalah. kasih si Hamst Vitagel, n taruh Vitagel pd tangan agan n suruh Hams jilatin tu Vitagelnya,, dijamin Hamst Klepek2..:D

  18. 40

    damz said,

    gan mw nanya…..aq pny hamzter chmpbell yg jntan e albino n 2 cewek…
    tp cewek yg satu aq beli brlainan jark hari e….n mreka kbnykn btgkar…gmn y spy gg btngkar???trz umur brp hamzt champbel mulai kawin

  19. 44

    vanny said,

    Hamster saya bulunya tampak tidak segar, seperti basah.. Tetapi msh bergerak lincah. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

  20. 46

    Tarnof said,

    Jadi apa makanan yg bgs buat hamster

  21. 48

    chindiy sondakh said,

    mau nanya nih aq,,aq baru beli 2 hamster sekitar 1 mingguan trus dr hari kmren hamstr aq yg satunya kalau tengah mlam sukanya mengiggit” besi kandangnya trus aktif skali cari brang” keras utk digigit”… itu hamster aq kenapa yah ? Dijwb yah… thank’s..

    • 49

      g3mbulzone said,

      Itu hal yg wajar sist, emang karakter hamster/binatang pengerat itu suka gigita benda apapaun, tujuannya untuk mengasah giginya agar tidak terlalu tajam..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: