Masa-masa Kehamilan Hamster


Masa-masa Kehamilan  Hamster :

  • Hamster Syria.

Setelah hamster jantan membuahi betina, proses kehamilan mulai berlangsung. Setelah sel telur dibuahi, pada hari kelima terbentuk embrio atau bakal janin dan pada hari ke-6-8 embrio akan menempel di uterus. Embrio ini akan membentuk fetus yang akan menerima makanan dari plasenta. Hamster syria betina akan melahirkan pada hari ke 16 setelah dibuahi.

 Jarang terjadi kelahiran yang terlambat, yaitu hari ke17-18. Jika setelah hari ke-18 belum juga melahirkan, barangkali terjadi kehamilan semu atau terjadi kesulitan da1am melahirkan. Kesulitan dalam melahirkan dapat terjadi pada hamster syria yang baru pertama kali melahirkan saat berumur enam bulan. Kadang-kadang ada sesuatu yang membuat seekor induk hamster menunda kehamilan.Penundaan kehamilan ini akibat proses pelekatan embrio ke dinding uterus dan penundaan embrio untuk membentuk fetus. Dalam keadaan normal, embrio hanya membutuhkan waktu 6-8 hari setelah proses pembuahan oleh hamster jantan untuk menempel di dinding uterus, sedangkan bila keadaan tidak cukup sesuai akan terjadi penundaan sampai lebih dari delapan hari. Kedua peristiwa penundaan kehamilan ini bisa terjadi jika hamster dalam keadaan kurang sehat dan mengalami malnutrisi atau suhu ruangan tidak sesuai dengan kebutuhannya. Penundaan kehamilan ini bisa terjadi pada semua jenis hamster.

  • Hamster Mini Campbell      

Biasanya hamster campbell jantan akan membuahi betina beberapa kali sebelum betina tersebut hamil, meskipun ada juga yang hanya sekali. Masa kehamilan hamster campbell 18-21 hari. Sehari sesudah pembuahan oleh hamster jantan, telur yang dikandung hamster betina akan memasuki tahapkematangan dan empat hari sesudaluWa akan berkembang menjadi embrio.Hari berikutnya, embrio akan menempel di dinding uterus dan berkembang menjadi fetus. Kadang-kadang kehamilan hamster ini tidak terlihat jelas secara fisik, tetapi tampak dari perilakunya yang galak terhadap jantan atau hamster lain yang berada di sekitarnya.

 

  • Hamster Mini Winter WhiteTanda-tanda- kehamilan hamster winter white sama dengan Hamster campbell dengan mas a kehamilan berlangsung 18-21 hari. Perilakunya pun tidak jauh berbeda dengan hamster lainnya.
  • Hamster Mini Roborovski

Perilaku hamster mini roborovski selama hamillebih kurang sama dengan hamster-hamster jenis lainnya.Perbedaannya hanya terletak pada masa kehamilannya yang lebih panjang, yakni 23-30 hari. Tanda-tanda kehamilan seekor hamster sebagai berikut:

  1. Konsumsi pakan bertambah banyak dan berlangsung secara tiba-tiba.
  2. Peningkatan berat badan, tubuh menjadi lebih gemuk, dan perut membulat seperti buah pir.
  3. Terlihat galak terhadap pasangannya atau terhadap hamster lain yang mendekat.
  4. Membangun sarang dengan mengorek dan menimbun bahan sarang di sekitarnya. Sarang yang baik akan menghangatkan tubuh bayi hamster, sehingga dapat memperkecil kematian bayi hamster.
  5. Ujung puting susu menonjol, terutama mendekati masa kelahiran.

168 Responses so far »

  1. 1

    ochin said,

    pengen yang beranaknya lama, biar ndak bingung kalo sering beranak,
    kan repot ngurusin, misahin si anak dari mbok2an :D

  2. 5

    Pingky said,

    hamster q siria udah hamil lebih lama dari 20 hari gak kluar2 anaknya umurnya kira2 2 bulanan tapi hamster campbell q pas 2 bln langsung beranak…
    Hamster syria aq hamil… buktinya dia gendut udah hajar si cowoknya tapi dia nda gigit org… aneh yah??

    • 6

      wewe said,

      btw hamster syirianx puting susux udh muncul sist?
      biasanya tanda2 Hamster hamil scara umum :
      1. muncul puting susux
      2.membesar perutnya9(yaiyalah)
      3.Sensitif

      thx

  3. 7

    amel said,

    hamsterku baru lahirin 5 anak sekarang tinggal 3 padahal uda aku makan cukup loh. aku baca dari literatur boleh ya induknya dikasih susu? susu balita boleh kah? jantannya aku pisah kalo aku taruh betina baru tar bisa langsung dikawinin ga?

    • 8

      wewe said,

      boleh aja dikasih susu, but susu khusus Hamster aja cozx klo susu balita ato yg lain dikwatirkan tidak cocok bagi orga2 tubuh Hamster n malah berbahaya bgi Hamster..

      ko masalah jantanya, ya bisalah Sist langsung ML sma cew lain.. namanya jg cowok..:D

      just saran: klo Hamster ge ngalahirin/menyusui mohon jgn diliatin/sentuh n apalagi diganggu..

      thx

  4. 9

    Mann said,

    Hamster btina gw ngangkat2 alasnya,trus d pndahin gtu n d kumpulin.
    Pa tu tnda2 hamster hamil?

    • 10

      wewe said,

      hamster gw juga :D itu lagi renang kali yeee hahahahaha

      cirinya perut buncit,keluar susu di perutnya :D dan sifatnya lebih agresif n gag mau dipegang biasanya

  5. 11

    Randy said,

    Hamster’ku dah kawin,uda 3 hari yg lalu,tp kog blm ad tanda” kehamilan ya?
    Thx!

    • 12

      wewe said,

      klo dh kawin blom tentu langsung hamil bro,
      harus dilihat dri beberapa sikonx:
      1.Masa Subur(pembuahan) tiap2 Hamster(tergantung jenisx)
      Campbell & WW masa suburx: 2,5bln-3bln
      Roborovski masa suburx: 6,5bln-7bln
      jadi klo usia Hamster udah masuk dlm masa subur,99% bisa dibuahi n hamil..
      2.Adanya penyakit n kelainan..
      3.waktu(bersabarlah)

      mungkin itu ja info yg bs gw kasih, selamat mencoba..

      THX

  6. 13

    Randy said,

    Brusan hamster’ku jato…
    T.T

    Apa g bakal ad gangguan ma calon janin’nya ya?

    Thx b’4!
    Mohon bantuannya!

  7. 14

    Randy said,

    Mau nanya,winter white pearl bs d’kawinin ma winter white violet g?

  8. 16

    Randy said,

    Ak bl beli winter pearl ma winter violet
    Maw nanya,masa kawin’na winter ntu kpn sih?
    Mrk kog g kawin”?
    Trus tanda’nya kalo uda siap kawin ntu ap’an?

    Thx brow!

    • 17

      wewe said,

      masa kawin Hamster Winter white tu umur lebih 2,5-3bln..
      btw hamster lu umurnya brape?

      tanda2 klo dh siap kawin ya patokannya umur 3bln keatas, klo tanda2 kawin ya… lo pasti taulah gk jauh beda sma manusia kok.. :D

      thx dh mampir di G3mbulzone, mohon rate artikelx ya..

  9. 18

    Lisa said,

    barusan aja hamster gw hamil, jnis roborovski, mami nya buat sarang gitu d rumah2 an nya, cute bgt, hha.
    tapi gw nga ada persiapan sebelumnya, karna ga tau hamster ny hamil ! ;(
    daun katuk + tofu + brokoli berguna kan buat hams yg lg menyusui ?
    btw, papi nya harus d pisahin ya?? kayanya mereka berdua ngurusin anak2 ny dgn baik jd ga tega pisahinnya. hhe :D

    • 19

      wewe said,

      Klo masalah makanan apa yg harus dikomsumsi hamster pada saat hamil/menyusui sebaikx jgn dikasih sayuran karena syaruran tdk baek bagi hams, sebaikx kasih vitamin n susu khusus hamster; vit n susu bis dibeli di petshop2..
      Klo jenis hamster robo pada saat melahirkan/menyusui gpp klo digabung dgn bapakx, akan tetapi lebih baek bapakx dipisah dlu untuk menghindari terjadix kawin pada hamster tsb; agar si induk konsentrasi pada bayix..

      Thx dh mampir..:)

  10. 20

    faris zharfan said,

    argente(si pejantan tangguh)+blue =albino
    gimana bisa coklat tambah biru jadi putih
    ckckckckckck

  11. 21

    Cim Cim said,

    kalau hamster … yg bisa di kawinin kira” umurnya brp ? klw hamsternya 2-2nya dah 1 bulaan bisa d kawinin gak ?

    • 22

      wewe said,

      Blom bs sist, sihams dh punya naluri kawin tu umur 2bln..

      • 23

        hamie said,

        campbellku usia 1,5 bln udah kawin, sempat ak abadikan melalui video hp, ahihihi. trus yg GBE belum genap 1,5 bln udah dikejar-kejar yg jantan, tp betinanya msh gak mau,mgkn blm siap. hamieku umumnya ga sampek 2,5 bln udah lahiran.

      • 24

        g3mbulzone said,

        selamat gan..

  12. 25

    Bayu said,

    q baru beli WW normal kmrn…
    q mw tw makanan yg bagus?
    trus toge bagus ga bwt dy sbgai makanan utama?
    hamster tu mandinya gmna?

    plis bls
    thanks ya

    • 26

      wewe said,

      ohh,
      ya kombinasi biji2an, kacang2-an, pallet, susu,& vitamin..
      toge bukan makan utama, biji2-an n kacang-an yg utama boz..
      dia mandix pakek pasir bro, klo mau lebih bersih n wangi, lu lapin sma kain/tisu basah..

      thx dh mampir;

  13. 27

    tiwi said,

    arrrghhhh pusing gw baru sekali piara hamster! sabtu tgl 27 feb lalu gw beli dua hamster cowok cewek. nah sekarang yang cewek habitnya agak aneh, persis kayak yang loe tulis di tanda2 kehalmilan. tapikan mereka baru aja tuh gw belinya. jarak dari masa berhubungan sampai bisa hamil tu berapa hari ya??? tq

    • 28

      wewe said,

      tergantung pembuahnnya sist, ko kwin melulu gk bisa buahin seltelurx si cewek percuma gk bisa hamil..
      klo masa pembuahan menjadi janin saya kurang tau sist…

  14. 29

    angga said,

    hamster gw campbell, ciri2 hamil ya kyk putingna nongol ma endud agresif, tp uwd hmpr hmil 2 mggu lbh gag lhirn, np tuh?

    • 30

      wewe said,

      dicek lagi gan, perut gendut, puting mulai nongol, gendut perutnya tu terasa berisi(coba taruh hams diatas telapak tangan lu rasakan berat perut) 7 dia sensitif biasanya gk mau diajak kawin oleh pejantannya..:D

    • 31

      wewe said,

      dicek lagi dulu,
      ciri2 hamster hamil…
      -mulai muncul puting2x
      -perut endut karena ada isinya, rasakan saat hamster tarus diatas telapak tngan anda, akan terasa berat(berisi) pada perutnya
      -sensitif, biasanya gk mau diajak kawin!

      thx dh mampir!!
      jgn lupa dirate artikelnya.. :)

  15. 32

    balz said,

    salam knal, mo nanya nih… Gw pny sepasang robo wf yg gw pelihara di akuarium ukuran 90x45cm. Dan baru2 ini gw liat mereka sering bgt kawin.
    Apakah akuarium gw terlalu besar utk robo yg akan melahirkan/menyusui? N sebaiknya ukuran brp? Dan kpn gw hrs misahin cowonya?

    Thx bfr…

    • 33

      wewe said,

      untuk masalah besar kecilx kandang, lebih baek kandangnya besar drpd kecil byar gk cpt bau, & kotor..

      jantan dipisahkan seketika saat induknya melahirkan boz..

      thx dh mampir//

  16. 34

    Can said,

    Kaya mna kalo bâýì hamster makan

  17. 36

    ishal said,

    boy , numpang tanya ni , hamster campbell ku uda hamil n punya anak , nah sekarang2 lagi kawinin hamster normal sama hamster coklat , apakah bisa ??? pada bulan ini juga bisa ???

  18. 38

    ishal said,

    boy ni juga skalian tanya lagi , hamster ku smua suka di kasih kentang , tapi di makan gabis , sampai sekarang sehat2 aja , coz orng bule suka bgt kentang :D , so gmna sehat kah bwat hamster ??? , jwb 2 prtnyaan ku yaa

  19. 40

    b3lLa.. said,

    anagh hamster tuch bisa pisah ma induknya setel4h brpa buland ya????

  20. 42

    gani said,

    gw punya hamster ww tiger sm ww saphire, mereka bs kawin kan soalnya masih sejenis ? Ciri2 iu betina hamil
    apa ya ? Terus kok si betina agresif bgt lari sana lari sini ? Mohon penjelasannya. Mksh :)

    • 43

      wewe said,

      ciri2 hamil silakan dibaca di artikel saya”tanda-tanda kehamilan”..
      untuk agresif n mondar-mandir tu mank sifat dasar Hamster yg proaktif..

      thx dh mampir;

  21. 44

    Abung said,

    Oiaa klok tanda tanda hamil ituu klok tidur tengkurap kah??
    soal.a hammie ku tidur.a tengkurap. klok puting udah ada. apakah itu tanda??

  22. 46

    Rahman said,

    Koq w punya hamster winter white g branax zie pdhal dah kawin ?

    • 47

      wewe said,

      Tuhan belum memberi gan..heheh
      ehmm, brapa tahun? kalo normal ww bereproduksi umur 3-4bln..
      perbanyak konsumsi TOGE..

      thx dh mampir

  23. 48

    Rahman said,

    Hamster klo bulu’y rontok gmana’y nanganin’y n solusi’y ??

    Thxs

    • 49

      wewe said,

      mungkin kandangx kotor atau suhu udara terlalu panas,,
      coba strilkan kandang n suhu udarax agak dingin jgn lupa kasih pasir mandi..
      lets try!!

      thx dh mampir..

  24. 50

    Ukas said,

    Hamster white panda q dah hamil skitar 25 hari tp gak keluar2 anakny…
    Kalo puting susuny dah mbsar, gmn y?

  25. 52

    choiiaasmara said,

    hamster qu jenis roborovsky…
    w dapet dri hadiah ultah w tgl 25 juli 2010 kmren…
    kata yg ngasih umur pas beli mreka skitar 1-2 bulanan..
    d atas aq baca masa subur sekitar 6-7 bulan..
    pi skrg hamsterqu udah kawin mulu…
    qra2 bsa terjadi pembuahan g ya???
    cara ngcek’e gmn??

    • 53

      wewe said,

      intix masa baligh tu umur 6-7bln, otomasis dibawah skala umur tsb gk bisa terjadi pembuahan gan..
      wah kalo cara ngecek pembuahan kyk belum ada alatx..
      paling enak patokan ya umur..
      thx

  26. 54

    kiraphia said,

    permisi. saya mau nanya. ukuran bayi hamster campbell biasanya berapa ya? bagaimana apabila saya memberi makan hamster dengan biskuit ? tapi bukan makanan utama. thanks.

    • 55

      wewe said,

      ukuran detailx saya kurang tau, but kira2 sepucuk jelintik jari kita..
      boleh aja but saya tidak merekomendasikannya, takutx biskuit tidak cocok/tidaK BISA DICERNA OLEH HAMSTER..

  27. 56

    angel said,

    huy….
    aq mo nnya…aq kan punya hamie winter cewe n campbell cowo
    mreka jg uda kawin….
    nah kmrn si cewe kluar darah d vagina nya ky org mens gt…
    itu knapa yah???
    dy emg agak agresif suka gigit cowonya….

    tlg blz yah..
    tq…

    • 57

      wewe said,

      lho ko WW n Campbell dicampur ya? klo bs jgn takutx bertengkar..
      kalo keluar darah ane kurah paham but kasih betadin aja atau periksa ke dokter hamster..

      thx

  28. 58

    rizal said,

    aku beli hamster sepasang, trus aku gabungjn, aku gak pernah ngeliat mereka kawin, tp betinanya jd lbh galak n postur tubuhnya agak lebih gendut, apa tu lg hamil ya?
    thx infonya..

  29. 60

    Falcao said,

    Lam kenal bro mau tny nich..1.gw pny hamster katany penjualny jenis angora kl ngeliat dr bulu emang sm.apa benar ada hams jns angora pdhl gw bc literatur gda tuh..2.hams gw yg cow ga agrerif sdgkn cew agresif mulai gw beli n yg cow akir2 ini kelamin nonjnl bgt dua2ny knp jg ya thnks bls ya bro..

    • 61

      wewe said,

      tu bukan anggora, but jenis Syiria long hair gan//
      maksudnya kandung kemih(biji)?? kasih tauge/kecambah, vitamin atau susu khusus hams byar si jantan tambah hebat..:D

  30. 62

    faris said,

    hams w dah lhiran trus masa menyusui’a berapa lama??

    trus juga jarang disusui ma emak’a gmna tu

    thx

  31. 64

    artha rizky said,

    hay..aku mau tanya,.!!!aku punya 4 hamter syria 2 laki” 2 perempuan,…..2 perempuan nya bawah nya udah kluar puting nya tapi dah lama sekitar 1 bulanan,..apa tanda” hamil???n klo aku pulang sklh smua nya pd tidur,..apa sakit,.???tolong bales ya thnx,.

  32. 66

    trian said,

    pandaq dah beranak, anakx 7 umurnya 2 mgg tp papanya mati. Aq beli lagi cambell 2 gak papa kalau semuanya aku gabungin satu kandang? Bhya gak u/ anakx yg 2 mgg tu?

  33. 68

    Tama said,

    Kalo makanan hamster dikasih gabah(semacam Padi) bisa ga?
    Trus , saya bingung napa si jantan ngejar” pantatnya si betina…
    ada apa gerangan?

  34. 73

    arkan said,

    kalo mau ngawinin hamster itu lebih baik di satuin terus ato di pisahin dulu, terus kalo mau di kawinin baru di satuin?

    terus hamster ku udah lama di satuin. ko blm hamil2 sih?

    tolong jawaban nya ya :)

    • 74

      g3mbulzone said,

      sebelum menjawab pertanyaan anda, apakah anda pernah liat hamster anda telah kimpoi?
      klo blom, kondisi ini adalah jawabannya:
      1. jika hamster lawan jenis kelamin adalah satu saudara & dari kecil itu disatuin, but kok tidak kawin; so hamsternya harus dipisah 1-2 hari dulu baru digabungin..

  35. 76

    ismi said,

    bisa gak kalo ngawinin hamster yang 1 ibu? / bersodara?
    tolong jawab ya?
    soal nya aku punya sepasang hamster yang sodaraan. :)

    • 77

      g3mbulzone said,

      bisa, ada 2 cara :
      1. alami kalo dh gede pasti kawin sendiri, jika tidak pakai cara ke dua.
      2.pisah kan ke tmpt yg beda dlm sehari trus gabingin dijamin kawin..

  36. 78

    ojan said,

    punten bos mo nanya aku ad robo neh yg cwe kyknya hamil baru kliatan kmren neh putingnya dah nongol prutnya udh gde jg tp dya g galak tuh m lakinya! Sblmnya dia udh ska ngumpulin remah gergaji yg dkasih trus dganti m kerts koran yg dipotngin itu gpp y? Klu mo di pegang d tngan yg cwenya gbisa diem tuh tkut jatoh gmna ya? Ada saran g? Thx

    • 79

      g3mbulzone said,

      melihat dari apa yg anda katakan, kayakx memang sudah memenuhi kriteria hamster hamil..
      klo saran saya jgn dikasih korann2 ato kertas2, karena takutnya mengandung bahan kimia ato yg laen, kasih aja yg alami sperti serbuk kayu..

      thx dh mampir..

  37. 80

    rocky said,

    Hamu gw robo n kmrn ini melahirkan unt pertama kalinya..tp mati semua ky digigit emanya tp ga dimakan..knp y?

    Trs kmrn2 emanya dikawinin trs ma bapanya n skrg pantatnya kuar darah itu knp y?ciri2 bunting bukan?thx..

    • 81

      g3mbulzone said,

      ehmm kalo berdarah terus menurus bukan tanda2 hamil bos, bisa saja penyakit atau kanker rahim.. coba periksa lebih lanjut ke dokter hewan..

  38. 82

    rocky said,

    Tp dy bedaraj cm 1x aja n mpe skrg ga bedarah lg..wkt itu bedarahnya jg cm 1-2 tetes c..kl kangker rahim darahnya kuar brp bnyk?

  39. 83

    junes said,

    Salam kenal….mau nanya neh…kalo induk hamster dipisahkan dengan anaknya baru berumur 20 hari gak papa kan ? krn induknya juga dah gak nyusuin lagi.
    induk yg dipisahkan dgn anaknya bisa dikawinin langsung lagi gak ?
    thanks buat jawabannya….

    • 84

      g3mbulzone said,

      boleh kok, minimal 2 minggu anakan boleh dipisahkan dgn Indukannya..
      tergantung, klo mau ngawinkan anakan sgn Indukannya, sayaratnya anakannya badannya harus lebih gede drpd Indukannya..
      kalo mau ngawinin anakan cewe dgn bapakx, harus nunggu minimal 2 bulan, karena umur 2 bulan adalah minimal siap kimpoi..

  40. 85

    ana said,

    hai aku baru punya hamham sebulan 10 hari yang lalu, nah hamster campbell ku ga galak sama sekali tapi tiba2 ngelahirin hari ini anaknya 6. Aku mau tanya asupan gizi buat emanya apa yah ? soalnya kalo aku kasih biji2an bisa 2 hari lebih tuh ga abis, makanya aku kasih wortel apa toge baru deh dia makan. help aku baru pemula nih ^^
    sebelumnya makasih

  41. 87

    abdiel.lee said,

    saya suka hamster

  42. 88

    abdiel.lee said,

    ku punya hams baru 4 hari tapi ku ngga tw jenisnya..
    bulunya panjang trus ada lagi yang kayak panda tapi bulunya pendek..
    trusss itu bisa di kawinin ngga kalo jenisnya beda???

    thx…………..

    • 89

      g3mbulzone said,

      liat artikel saya jenis2 hamster gan..
      klo ukurannya gede tu Syiriam klo kecil bisa campbell/Winter White/n Roborovski

  43. 90

    putra said,

    bos mw tnya nih,,klo 1 hamster cowo bisa ngawinin 2 hamster berbeda skaligus ga?
    jd gw pny hmster 2 cewe smua,,mw gw kwinin tp gw cm bli 1 hamster cowo ajh,biar irit gtu,,minta pndapatnya dong bro??

    • 91

      g3mbulzone said,

      bisa ada 2 syarat penting:
      1.hamsternya harus sesama jenis(WW-WW;Campbell-Campbell;Syiria-Syiria)
      2.Hamster Cowok harus lebih Gede n mminimal umurnya sama dgn yg ce…

  44. 92

    Dimsrev said,

    Bro numpang tnya klo msal aku pnya hamster campbell dominan mocca mata merah di silang ama dominan black anaknya jdi ap?
    Trus klo campbell normal ama campbell dominan mocca anaknya jadi apa?
    Thnx ya bro..

    • 93

      g3mbulzone said,

      susah jelasinnya bro tu ada ilmunya gen n DNA yg paling dominan apa, ntar kalo nemu artikelnya saya share di sini..

      thx dh mampir..

  45. 94

    nurdin halid nih boy said,

    mo nanya,gw kan punya 2 pasang hamster..sepasang ba sepasang ww normal..yang ba tuh umur 3bln jalan,kira2 siap kimpoi pada umur brp ya?trz yg ww tuh bulunya pada kusut semua,trz badannya gendut bgt padahal umurnya kurang dr 2 bln tp gedenya nglebihin yang ba,kira2 tuh normal ga ya?

  46. 96

    nurdin halid nih boy said,

    trs mo nanya jg,makanannya kok ga pnh abiz ya padahal da gw kasih 2 macam makanan pabrik (vitakraf,hamsfood) tp mpe besoknya masi banyak sisa padahal takarannya normal buat 1hari..kira2 apa karna sakit ato memang da sifatnya (ba,ww) ??

  47. 98

    myradelptr said,

    hamsterku ko ga melhirkan2 ya padahal kata org yg ditempat aku beli hamster, itu hamil. hamster ku winter white kehamilanya udh lebih dari 21 hari. tapi aku gatau puting susu hams yg hamil tuh kyk gmn. trs bntk hamster yg lg hamil jg aku gatau. tapi klo disatuin sm yg jantanya pasti berantem ampe luka. dulu agresif skrng ngga malah sekarang lebih banyak diem. itu knp ya?

    • 99

      g3mbulzone said,

      coba liat artikel di blog saya tanda2 kehamilan pada hamster, yg pasti perutnya berisi terasa berat kalo ditaruh tangan, perbedaan nya terasa kok gk perut kosong dgn perut ada bayinya..

  48. 100

    rislan said,

    .pagii kak,,
    .akk mwu nnya,kan kmarem akk bli hamster syirian 1 jodoh,trus kmaren jatuh,ty berbahaya gk bgi hamster??
    .tlong jwabannya ya!!
    .mkasiih!!

    • 101

      g3mbulzone said,

      jatuhnya darima dulu, ketinggian barapa meter sist? ada yg patah gk, liat aja 2-3hari kemudian, klo memang baek2 aja ya berarti gpp.

  49. 102

    rislan said,

    .pagii,,
    .kak,kmaren kan akk bru bli hamster syria 1 jodoh,trus yang satu jatuh,gk tahu btina atw jantan yg jatuhnya,tu bhaya bagi hamster gak??
    .trus ada pnyakit yang bisa di tularkan hamster syria ke manusia gak??
    .trus cara supaya bisa cpet hamil gimana ya??
    .tlong jawabannya ya kak!!
    .thx,,

    • 103

      g3mbulzone said,

      1.dh ane jawab
      2.selama ini belum ada penyakit yg menular, yg pentink jaga hamster dri kebersihannya
      3.kalo dari mkan kasih Toge jgn lupa olahraganya biar sehat :D

  50. 104

    dewi said,

    aq mau nanya kalo hamster aq ga di kasi kalsium pada saat hamil gapapa ?
    trus kalo saat melahirkan apa yg harus kita lakuin ke anak hamsternya..

    apa kandangnya harus selalu bersih atau di sediakan kasur kecil buat anak”nya atau gmn ? anak hamster boleh di pegang ga sih

    aq baru x ini punya hamster hamil, makanya masi cupu.. minta sarannya ya

    thx

    • 105

      g3mbulzone said,

      buka artikel saya tentang Cara Merawat bayi hamster dengan baik, n yg pasti percayan bayi hamster pada ibunya, karena sejatinya sebaek2x pengasuh adalah Ibunya sndiri…

  51. 106

    rislan said,

    .oo,gituu,,
    .mksii ia!!
    .jatuhnya dri ktinggian 1 meteran,tpi akk liat bsoknya gpp,,
    .eh,klo tnda tnda klamin hamster syria btina tuh kya gmana??
    .trus klo msalnya yang jatuhnya hamster btina berbahaya bagi prkembang biakan gak??

  52. 107

    rislan said,

    .oo,gituu,,
    .mksii ia!!
    .jatuhnya dri ktinggian 1 meteran,tpi akk liat bsoknya gpp,,
    .eh,klo tnda tnda klamin hamster syria btina tuh kya gmana??
    .trus klo msalnya yang jatuhnya hamster btina berbahaya bagi prkembang biakan gak??
    .tlong jwabannya iaa!!
    .mksii,,

    • 108

      g3mbulzone said,

      di artikel saya dh lengkap ilmunya gan..
      wah saya tidak punya kapasitas mengenai hal tsb dokter ah yg bisa jawab hal tsb dgn pemeriksaan terlebih dahulu thp hamster..

  53. 109

    rislan said,

    .trus toge n wortel ttu bsa djadiin mkanan pokok gak??

  54. 110

    rislan said,

    .trus toge n wortel ttu bsa djadiin mkanan pokok gak??
    .tlong jwabannya ea!!
    .mksiih,,

  55. 111

    rivaldi said,

    sobb.. gw mw tny, klu hamster jantanny 2 btinany satu bsa g??
    spy cpt n bnyk kturunnany….

    • 112

      g3mbulzone said,

      tidak disarankan karena dampak negatifnya banyak:
      1.kasian si cewek dihajer melulu :P
      2.bakal ada pertengkaran antar jantanya
      3.no polyandrie. :P

  56. 113

    novie said,

    Allow…thx y buat infonya,aq jadi tau klo campbell normalq lg hamil, yg mau aq tanyain adalah hams yg hamil harus dipisah sejak dari masa kehamilannya atau pas sdh mendekati masa persaliannya? trus klo pas dipisah boleh dikasih mainan di kandangnya ga?

    • 114

      g3mbulzone said,

      klo saya biasanya dipisahkan stelah persalinan, n g saya pisahkan adalah jantannya. dari pengalaman saya lebih baek jangan kasih mainan karena berdampa negatif jika indukan ge stress, bisa anaknya diajaj main2 muter2 n mati sia sia..

  57. 115

    lalala dududu said,

    hamster dari beberapa minggu kmaren dahh hamiL ..
    tapi kugg Lund kLiatan Tanda2 khamiLan.a Yahh ??
    truz jugg w pernah Liat hamster w tuhh vagina.a berdarah .
    masihh virgin kaLi yahh .

    dan satu Lagi . sebeLum kawin hmster btina w maLah Lebihh agresif dan suka gigit di bandingkan hamster cwoan.a . tapi sekarang kbaLikan.a ??
    knpa bisa kya gitu??

  58. 116

    lalala dududu said,

    hamster w dari beberapa minggu kmaren dahh kawin ..
    tapi kugg Lund kLiatan Tanda2 khamiLan.a Yahh ??
    truz jugg w pernah Liat hamster w tuhh vagina.a berdarah .
    masihh virgin kaLi yahh .

    dan satu Lagi . sebeLum kawin hmster btina w maLah Lebihh agresif dan suka gigit di bandingkan hamster cwoan.a . tapi sekarang kbaLikan.a ??
    knpa bisa kya gitu??

  59. 118

    mas atw mbak,aku pnya hamster melahirkan 5 ekr anak tgl 1-06-11.smpi skrg hidup 100%.trus aku mw nanya klu d kasih pur cmpur biji2an aman gk?

  60. 119

    ralat=mas atw mbak aq td ada sdkit yg kurang maka aq tmbh skrg

    thank atas infonya.aq pnya hamster campbell jnis argente trus mlahirkan 5 ekor anak tgl 01-06-11.trus smpi skrg msh hdup smw.trus klu aq ngasih pur ayam cmpur biji2 an aman g?trus kandangnya blh di bersihkan kapan?

  61. 120

    thx atas artikelnya.aku pnya hamster campbell jnis argente.ia melahirkan 5 ekr anak tgl 01-06-11
    smpi skrg masih hidup smw.tp ada yg krdil n warnanya bda dr sdara nya.padahal aq kwinkan dgn argente-argente.trus g mana ya agr si krdil bisa hidup lama?trus hamster klu d ksih pur ayam cmpur biji2an aman gk?

  62. 122

    Gan, ane ada Winter White normal nih 6 ekor, 3 cewe 3 cowo, kalo WWN itu kira” melakukan Hub.nya di umur brp bulan ??

  63. 123

    mau tanya nih klo hamster menyusui sampe brp lama???

  64. 126

    dimas said,

    hamsterku baru hamil kira kira 1minggu, itu sudah boleh dipisah sama jantan nya apa blm ya?

  65. 128

    Rina said,

    Aduuuhh, ga nyangka klo hamsterku bisa beranak 8. Baru semalam aku mikir koq si cewek agak agresif, doyan makan, galak banget, trus perutnya agak besar. Dah curiga emang hamil, tapi ga nyangka besok paginya dah keluar baby merah2 8 ekor. Sekarang panik.com, gimana cara ngerawat tuh baby, mana ga punya spare kandang lain lagi. Takut babynya mati di injak2 emaknya atau ga disusuin.

  66. 130

    Suryo Aji said,

    K2 aku mau tanya . knp anaknya di makanin sama enyaknya ya. jenis hemster qw sirian k.

    • 131

      g3mbulzone said,

      kadang emank induk memakan anaknya 1-2 ekor untuk proses pengembalian energi setelah proses melahirkan, tapi kadangjg tidak..
      coba baca artikelsaya cara merawat bayi hamster dgn baek..

  67. 132

    aldy said,

    halo pecinta hasmter..

    saya mau tanya nih, hamster saya udah kawin, abis kawin dipisahin jangan?
    bales yah thx :)

  68. 134

    Bagas said,

    Kalau hamster yang suka gigit itu jenis apa ya????

  69. 135

    bram said,

    sejak umur berapa siria bisa hamil?

  70. 137

    rifqi kurnia rahman said,

    bagimanakah ciri2 betina dan jantan.
    dilihat apakah jika dia sedang sakit
    thank…

  71. 138

    Pingin punya anak hamster said,

    hamster saya kan jenis campbell opal jantan pingin gw nikahin tapi setiap gw kasih betina selalu berantem jadi hrs bgmn tolong dijawab secepat mungkin

  72. 139

    fajar sidiq said,

    mo nanya nih kak.qu punya hams robo jantan dan ww betina .trus sibetina hamil,tapi kok gak ngelahirin sama sekali dan udah diksh toge.apakah hams ku udah stiril atau apa? Tolong dong jawabannya.mksh

  73. 140

    imoe said,

    kalo blue argente masa hamilnya berapa lama ya??

  74. 141

    ojand said,

    kalo alasnya bukan serbuk gimana ya ?

  75. 143

    kris pratama said,

    permisi w mau tanya ni,kalo hamster dominan hamilnya berapa hari ya,trus anak hamsternya kalo dah lahir lebih baik dipisah dari induknya atau ga usah

  76. 145

    dee said,

    Hamster gw kok ga ngelahirin sih,padahal udh hmpir 1bulan hamilnya

  77. 147

    haris said,

    cara jantan nya ga makan anaknya bsa ga ?

  78. 149

    haris said,

    aku pengen klo yg cwe dah hamil tapi jantan nya g di pisah
    ada tips nya ?

  79. 152

    trmksh infonya,, sgt membantu :)

  80. 153

    difa said,

    siang

    bagaimana cara hamsternya cepat hamil ????????

  81. 154

    wening panggalih said,

    hamster gw kok hyper active bgt yah ?
    bahaya gak sih buat calon janinnya ?
    coz gw takut klo nanti si cantik ke guguran :(
    mohon jawabannya , thankz

  82. 155

    Moel said,

    Gan,,,numpang tanya,,Q py hamster indukan robo, hamstery ud pernah 1x beranak, dan sekarang badany ud kelihatan besar, tp kyy krg semangat.
    yang saya tanyakn:
    1. dari keadaan tersebut apakah hamsterq hamil ato sakit?
    2. sampai berapa kali hamster robo bs hamil?
    trims Gan,,,,,

  83. 157

    edo susanto said,

    Ass gan,ane baru aja beli hamster 6 pasang jantan dan betina,kl jenis nya ada yg GRE,sama chambbell,semuanya katanya dah pada bunting,tp ane g tau bedain yg bunting ama yg ga gimana.maklum pemula,tlg yea ane minta pencerahan nya gimana bedain yg hamil…Thank yea Gan..

  84. 158

    endah said,

    sis, sya pny hamster syaria n dah trbukti klo dy lg hamil, tp koq blm melahirkan jg ya..??
    pdhl perut’a sudah ndut, d bagian pingir” perut’a jg udah jelas nampak puting susu’a..
    dah 3minggu tp blm kunjung keluar jg bayi”a, sya jd khawatir..

  85. 159

    bella said,

    Gan hamsterku kan yang jantan jenis argente eye red dan yang betina jenis campbell,udah aku satuin didlam kandang,udah 4 bulan kok ga hamil2 yah?.

  86. 161

    farahchailida said,

    h

  87. 162

    nabilla bunga said,

    mau nanya nih,boleh nggak hamster cewek sama cowok baru beli,langsung di tempati satu kandang?

    • 163

      g3mbulzone said,

      bolehhh, tapi tetap diawasin ya :)

    • 166

      g3mbulzone said,

      Boleh saja asalkan yg jantan tidak boleh lebih muda/lebih kecil ukurannya drpd si bentina.ditakutkan sijantan gk bisa mengalahkan n menaklukkan si bentina.malah bisa meninnggal apa bila si betinanya lebih perkasa :D

  88. 167

    Salam kenal bro saya punya hamster robo sepasang sama saya kawinin kok lama hamilnya ?


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: