Cara Merawat bayi hamster dengan baik


berikut beberapa tips merawat bayi-bayi hamster dengan baik:

  1. Jangan sekali-sekali anda pisahkan induk hamster dengan anaknya, karena sudah bisa dipasti anak hamster akan mati semua. Knp?? karena siapa lagi yg menyusui kalo bukan induk hamster tsb(emang kalian mau nyusuin bayi hamster :P)…

  2. untuk hamster yg pertama kali melahirkan wajib dipisahkan dgn pejantannya ato hamster lain, mengapa demikian?? ditakutkan hamster lain/pejantan memakan/mengganggu bayi-bayi hamster tsb.
  3. untuk hamster yg sudah pengalaman tidak dilarang si hamster tetap satu ranjang dgn jantanx :P dgn syarat sijantan gk suka makan bayi hamster.
  4. Jangan keseringan dilihat, karena induk hamster pasti akan ngerasa terganggu dan itu biasa berakibat penyusuan bayi hamster tidak seimbang.

  5. Letakkan ditempat aman dan jauh dari keramaian serta tutupi kandang supaya terlihat gelap layaknya di lorong tikus. Karena habitat hamster emang seneng ditempat gelap.

  6. Anak hamster jangan sekali kali kali dipegang hal tsb menimbulkan aroma bayi-bayi terkontaminasi oleh tangan kita dan  induknya bisa memakannya. Jika anda mau memindahkan maka gunakan sendok untuk mengangkat bayi hamster.

  7. Makanan dan minuman di dalam tempatnya jangan sampai habis, karena takutnya bayi hamster akan kekurangan gizinya dan bisa berakibat premature nantinya.

  8. berilah serbuk kayu/kertas agak banyak supaya bayi-bayi hamster nggak  kedinginan..

  9. tisak usah dibersihkan kandangx sebelum bayi-bayi hamster sudah besar skitar umur 3minggu- 4minggu, hal tsb bertujuan agar induk n bayi-bayinya tidak terganggu.
1. Jangan sekali2 anda pisah induk hamster dengan anaknya, karena pasti ank hamster akan mati semua. Knp??karena nggak ada yang menyusui tho…

170 Responses so far »

  1. 1

    ichiiruu said,

    mao tnya ath…racikan pakan hams yg lg mnyusui yg tjangkau n gmpag dcri apa y ? yg gizi’e paz wat induk n anak’e ?

    • 2

      wewe said,

      yg pasti kacang2-an, + susu khus hams//

      • 3

        Chairani said,

        slm knl lagi ya….. kalau susu hamster belinya dimana sih? ditoko hamster ada gak? waktu 6 bulan yang lalu hamster ku di makan ama induknya dan aku pisahin pake sendok nah aku bingung cara biar hamster itu bisa tahan hidup akhirnya aku kasih sayur2 sep:toge,wortel,bayam,jagung,vit hamster
        boleh gak sih

  2. 4

    ichiiruu said,

    mau tnya atuh,,,tapi seblum’e salam knal

    oia mao tnya soal pakan hams yg lg mnyusui dnk,
    bahan apa aja si yang bisa dracik jd pakan hams yg gizi’e bagus wt hams yg mnyusui ???
    tapi bahan’e mudah tjangkau n gampang dicari ???

    sih tw dnk

  3. 5

    gina nisrina said,

    hamsterku yg jantan nggak aku pisah,tapi anaknya nggak dimakan,malah anaknya disayang2

  4. 8

    dina said,

    anak hamster ku dimakan induknya jg,,padahal ak da pisahin ma jantannya,,,ada solusi lain biar bertahan,,??udah 2x lahiran tp anaknya slalu dmakan

    • 9

      wewe said,

      mungkin faktor kondisi sekitar(baca artikel mengenai cara merawat hams dgn baek)
      kondisi lingkungan harus tenang & sehat, jgn diusik hamster yg lagi menyusui apalagi babynya dipegang2…
      smangat sist;

  5. 10

    Queen said,

    Bagai mana caranya agar bayi hamster tidak dimakan?apa kita bisa mencegahnya?
    tips donk biar anak hamster 70% hidup semua

    • 11

      g3mbulzone said,

      kurang lebih dh dijelaskan pada artikel saya “Cara Merawat bayi hamster dengan baik”..
      yg paling pentink jga tingkat kenyamanan &asupan makanan/gizi induk dlm menyusui agar di tidak stress , & then ujung2 bayinya dimakan…

      thx dh mampir;

      • 12

        shita said,

        tapi kenepa ya kan anak a dah gede dah da bulu a terus ibu a mati anak a ikut mati ?

      • 13

        g3mbulzone said,

        emank brapa bulan? mungkin si hams tidak terbiasa makan makanan hams karena belum dilatih oleh induknya, harusnya anda kasi susu hams khusu hamster buat penggati asinya…

  6. 14

    au said,

    kalo bayi hamsternya terlanjur di pegang pake tangan gimana solusinya? soalnya hamsterku lahir 3 anak, sebelum di pegang rukun2 aja pas setelah di pegang di makan sama betina kalo ga jantan, terus cara ngebedain betina jantan gimana?
    thx

    • 15

      g3mbulzone said,

      nasi dh menjadi bubur, biarin aja jgn dipegan lagi sembari berdoa agar tidak dimakan induknya :P
      aduh agan ko kok gk tau bedainnya sih(padahal dh melihara smpai punya bayi??), mohon baca artikel saya di kategori “Hamsterku CowoK atau CeweK?

      thx

    • 16

      g3mbulzone said,

      nasi dh menjadi bubur, biarin aja jgn dipegan lagi sembari berdoa agar tidak dimakan induknya :P
      aduh agan ko kok gk tau bedainnya sih(padahal dh melihara smpai punya bayi??), mohon baca artikel saya di kategori “Hamsterku CowoK atau CeweK?

      thx

  7. 17

    liedha said,

    slm kna…saya mau tanya sebaik nya kalau hamster sdh besar apa harus di ganti kandang/rumah nya ?

  8. 19

    PemulaHamster said,

    Kok anakan umur udah 4 minggu tp tetep aja dimakan sama indukny?
    sekarang sudah ngelahirin lg 3 anak, biar ngga dimakan kaya yg dulu gmn?

    Thx ya :D

    • 20

      g3mbulzone said,

      masak sih gan umur 4 minggu tu dah gede & bisa makan sendiri hammynya, kayakx gk mungin dimakan..
      intinya jaga tingkat stress pada induknya(jgn diganggu) & jgn lupa asupan mkan, susum & vitamin harus terpenuhi..

      • 21

        PemulaHamster said,

        Met taun baru :D
        klo itu ane jg ngga tau, awalny ngelairin 4 anak trus baru 2 minggu 1 anak udah ilang…trus hari berikutny 1 anak lg…trus minggu ke3 pas udah tumbuh bulu2 lebat anakny ilang 1 lagi sampe yg terakhir pas udah umur 4 mingguan ilang semua :(

        Apa indukny dipisahin dulu ya? jantan ama betinany?

      • 22

        ario said,

        mas mau nanya klo hamsternya udh brumur 2 minggu udh boleh di pegang ngk mas?

      • 23

        g3mbulzone said,

        klo bisa jgn, ntar takutnya si induk gk mau ngurusin.. klo dh umur 3-4 minggu baru boleh..

  9. 24

    Ari Wahyudi said,

    mau tanya dong .
    cara ngerawat hamster winter yang bener gimana sih ?
    klo dikasih makannya cuma koaci doang boleh ga ?

    • 25

      g3mbulzone said,

      secara umum sama saja dgn semua jenis hamster, detailnya liat aja artikel2 yg ada diblog ini..
      jgn kwaci saja, harus variasi dgn biji-bijian, sayur/buah, & vit/susu..

  10. 26

    rayhan said,

    mau nnya! Ciri2 roborovsky sedang hamil gmn ya tingkah lakunya? Coz,ni robo sy yg betina udh 6 hari ini aktf bgt,dan mkn jg pool bgt.apa lg serng bgt gali2 pasir.

    • 27

      g3mbulzone said,

      intinya, sensitif, perut membesar(berisi), putingk mulai muncul.. mau detail di artikel saya yanda2 kehamilan..

  11. 28

    rayhan said,

    mas,blh mnt no hp nya g? Atu nnt pean sms ke no sy ni 082144089742.coz,mslhnya sy jrng onln d intrnt.dan ni ada jg yg pentng untk sy tanyakan sm pean.sy tnggu mas ya!

  12. 29

    fajar said,

    gan,.mohon banget bantuannya ney,..cara merawat bayi hamsternya gimana yah?
    ane panik ney,.td pagi tiba2 keluar dia…ada makanan kbhusus ato apa kek geto yah?

  13. 31

    nafita said,

    mw tanya nih….
    hamster q umur nya baru 6 hari trus ibunya mati gimana donk? apa umur segitu udah bisa gx di kasih susu induk nya?
    please jawab…….

    • 32

      g3mbulzone said,

      harus dikasih perhatian yg khusus/urgent, kasih susu kusus hams gan, karena umur segitu masih dlm taham menyusui..
      smangat bro..

  14. 33

    deideot said,

    aku taro dia deket meja makan tapi aku tutupin, aku takut di makan. gmana cara tau jumlah anak hamster tanpa harus ganggu induknya

  15. 35

    ses said,

    tadi saya main bola…lngsung bis plng dri main bola..mandi,,.pas ngambil baju kok ada suara bintang kecil…nah. tau2 sudah lahir hamster ku…….:P

  16. 37

    Ben said,

    walah, kmaren lahir 4 sekarang sisa 2…
    apa gara” sering aku liatin ya.. tpi ga kupgang” bayinya
    tapi matinya si bkn gara” dimakan, apa karena kedinginan?
    tapi kalo krn kedinginann, trus saya tambahin pot.koran bisa ga gan?
    THX^^

    • 38

      g3mbulzone said,

      Faktor utama penyebab matinya baby hamster adalah:
      - Tingkat stress pada induknya, karena hal ini akan menimbulkan effect yg sangat kompleks(negatif) bagi baby hams
      misalnya induknya dah gk mau mengurusin(menyusui,menjaga) babynya..
      so jaga tingkat stress si iinduknya dgn:
      jgn dipegan/sering diliatin, berisik//

  17. 39

    dans said,

    saya mau nanya masa kandungan hamster dari awal kawin sampai melahirkan berapa lama yya,,,?

  18. 42

    as said,

    salam knal ya.. mau nanya,menurut pengalaman gan, seekor hams panda (betina) di kawinin dgn jantan putih albino/ di kawinin dgn hams hitam lebih ada kemungkinan dapat anak hams panda yang mana? karna saya sangat pengen mempunyai bnyk hams panda, tapi skrg cuma ada 1 ekor saja.. itupun dpt dr kwan.. tolong ajarin ya.. thnks..

  19. 44

    telia said,

    agaaaaan :D hamsterku namanya si Cilok dan si Cireng, tadi sore pas aku cek makanannya tau2 si Cilok dah punya baby….waaaaa XD kagak nyangka, pantesan akhir2 ini dia gemuk, serakah kalo makan, trus suka gigit…wkwkkk…o iya, thx info2nya, besok mau cari susu buat hamster ah XD

  20. 46

    adipram96 said,

    mau tanya bro……
    hamsterq td mlm beranak di aquarium ada 5 ekor,tpi tdi pagi setelah kok tinggal 2 ekor yg 3ekor mati ditempat n msh ada batangnya..itu penyebabnya pa bro ?

    • 47

      g3mbulzone said,

      di artikel saya kan dh ada, klo agan tidak menjalaninya kemungkinan besar berakibat bayi mati..
      sebab utamanya si induk tidak mau menyusui n mengasuh bayinya karena si induk kurang nyaman aman n tenang pada moment tsb…

      tetap semangat

  21. 48

    gina nisrina said,

    salam kenal,mau nanya
    misalkan ada anak hams yg mati tapi sudah berumur 1 bulan.faktor penyebab kematiannya itu apa? apa mungkin kekenyangan .karena dari 15 saudaranya yg lain selalu direbut makanannya. tolong dijawab !? please?

    ~gina nisrina~

    • 49

      g3mbulzone said,

      klo anakan umur 1 bln kemungkinan matinya sangat dikit bgt, mungkin karena pertengkaran, kalah bersaing saat makan & terkena penyakit tertentu..

  22. 50

    echa said,

    kmren hamz qw lahiran.., anaknya ad 7..,
    kyanya induk betina syg banget sama anakya..
    yg jantan udah qw pisahin dg btina sblum mlahirkan
    tapi kadang2 si induk betina nya aktif ga bisa diem, ap cuz ga terbiasa dipisahin am jntannya??
    mau disatuin takut anak2nya nti dimakan sama induk jntannya..,
    gmn dumb?

  23. 52

    hani said,

    helps me…….

  24. 54

    Josh said,

    saya khawatir kalau saya slah pisahkan jantan dengan induknya, bbagaimana sifat jantan dan induk supaya saya lebih gampang memisahkan, dan lebih mudah untuk mengetahui mana yang jantan & betina……….. thx

    • 55

      g3mbulzone said,

      baca laki artikel saya yaitu “hamsterq cowok atau cewek.” membedakannya bukan dari sifat tapi fisik gan.. paling gampang yaitu klo janta ada buah zakarx(telor)..

  25. 56

    danoe said,

    Slm knal,,, mw tnya..
    gmana sich nandain campbell t dh hamil ap blum,
    soalnya hams gw pnya klakuan aneh ( geget2 kandang, kejar2an, kyk resah gt)… :)

    trims

  26. 57

    neniastria said,

    mau tanya…berarti gak usah dibersihin ya kandang na??hamster q baru kemarin melahirkan…q bingung mau ngerawat na gimana..takut slah….sebaiknya makanan hamster pa ya yg sehat buat bayi…n hamster jantan mang mesti dipisah ya???

  27. 58

    neniastria said,

    mau tanya…berarti gak usah dibersihin ya kandang na??hamster q baru kemarin melahirkan…q bingung mau ngerawat na gimana..takut slah….sebaiknya makanan hamster pa ya yg sehat buat bayi…n hamster jantan mang mesti dipisah ya???anakna cuma 1…

    • 59

      g3mbulzone said,

      the first question is hamster anda dh kawin belum? klo belum ya gk bakalan hamil..
      btw klo boleh tau hamster ente brapa usianya? klo diatas 3bln harusnya sudah bisa hamil.

      pingin cpt hamil banyak konsumsi toge..

  28. 60

    Apriliana said,

    salam knl,,,,,baru az hamsterku nglahirin 7 bayi hamster….ma q tak taruh di dus soalnya q lom sempet beli kndang lagi,,,,
    kandangnya kan tak alasin ma kertas2 kecil,,dr -4hr sbelum lahir mpe skrang lom tak besihin kandangnya,,ni hari ke 5 pasca melahirkan,,,
    trs kpn ya sbaiknya kandang dbersihkan?trs ma q kan tak kasih makan taoge,jagung manis,kwaci,,ap gpp?makanan yg bagus ap sih?trs perlu dkasih air gag ya?takite kan nanti kandange jadi basah…..

    • 61

      g3mbulzone said,

      saran saya segera beli kandang beserta perlengkapannya(tmp minum & mkn)..
      hari ke 14 ja baru bersihin, disaat anak Hamster dh mulai berbulu n matanya terbuka..

  29. 62

    fieherdiani said,

    Oia ak mw nnya, hamster qu kn bru nglahirin nii.. Anaknya 8 , nah ni induk jantan am betina uda ak pisahin, trus ad satu bayi hamster yang ama betina nya selalu di pisahin am anak” yg laen, ak da coba mindahin balik k tmpt breng bayi” laen, trus ak tggal kuliah, pulang” uda kepisah lagi anaknya, pdhl lmyn jauh tu, saran donk ak mst gmn? ak diemin aja kepisah ap ak pindahin, kasian jga dy jauh am yg laen , tkutnya si induk jarang nyusuin yg kpisah 1 itu, º°˚тћαηkƾ˚°º be4.

    • 63

      g3mbulzone said,

      mungkin aroma bayi itu dh terkontamnasi dgn bau manusia ato laen jadi induknya gk mau gabungin dgn bayi2 laen.. saran saya coba gabungin ke bayi2 lain tapi jgn pakai tanya langsun pakei sendok ato yg lain,, ingat sendoknya usap-usapin dgn bau kandang ato serbuk kayunya biar aromanya tidak asing bagi induk hams..

  30. 64

    mikhael said,

    hahahahhaha……. klo gw,, krna udh trlanjur gw pegang…. hahhahahhaha…..

    gw semprotin parfum tuch kandang…. ^^

    tpi ad cara lainx slain pke parfum,, krna parfum kan bahaya (mengandung bahan kimia!)….. kalian potong2 aj apel jdi ukuran kecil… tpi jgn kecil bngetz lah… ya kira2 brbentuk kotak kecil… ^^

    smoga saran saya berguna… ^^

  31. 65

    maya said,

    waahh,,,hamster ku td pg baru pertama x melahirkan..anaknya ada 5..
    skrg ak biarkan saja dikandang yang penting makanannya jgn habis…

  32. 67

    tuti lestari said,

    hey agan .. sbelumnya slam kenal ya aqu tuti nak depok ,, mau tnya nih vitamin hamster apa aja ya ?? trus perlu susu jg yah .. belinya dimana ya soalnya hamster saya baru melahirkan 6 ..

    • 68

      tuti lestari said,

      tolong jawabannya sekarang ya ,, terima kasih ^^

    • 69

      g3mbulzone said,

      salam kena sist, selamat dateng di gembulzone hamster Lovers..
      vitamin tu banyak macal berupa gel,cairan,koncentrat, solid dll. vitamin & susu sangat perlu diberikan pd hamster agar lebih sehat n fit. bisa dibeli di saya(CP:0816784567) & di Petshop terdekat daerah anda,

      • 70

        tuti lestari said,

        hmm ok dech nnti aqu sms yah ,, oia aq jg mau tnya nih ko bayi hamster aqu mati yah mati 3 awal melahirkan da 6 :( huhu aqu sedih banget kehilangan bayi hamste yg mungil .. aqu kasih mkan jagung roti sma air putih bysa sma induk’a .. trus kdang klo aqu tinggal pergi kuliah pasti da yg mati 1 persatu karena kegencet induknya kta mamah aqu .. tdi aj baru mati lgi 1 huhu gimana dong solusinya ??

      • 71

        g3mbulzone said,

        baca artikel saya tentang cara merawat bayi hams.
        intinya jgn bikin induknya stress, dampaknya sangat riskan bayinya tidak di urus & disusui..

  33. 72

    rikka pratiwi said,

    salam knl y ….
    hri ini hamster ku melahirkan anaknya 5 tpi mati 1 gra gra di mkn sma jantannya ..
    mw nanya nihh …
    knp anak/ bayi hamster jarang bgt hidup smua … ????
    ap mungkin gra gra lingkungan atau kesehatannya … :)

    • 73

      g3mbulzone said,

      banyak faktor sist,
      1.faktor internal, si induk-> upayakan si induk nyaman n damai sangat menyusui si bayi.
      2.faktor external lingkungan, kandang-> susasananya haruss tenang n damai

      nb:kalo bisa si jantan dipisah dulu..

      • 74

        tuti lestari said,

        hmm gitu ya :( ,, ini bayi hamsternya jadi tinggal 3,, suka diliat juga gan sama mamah aqu ,, tapi udah keliatan sih yg 2 item bulunya sama 1 lagi putih gan meskipun msih bayi sih .. itemnya keliatan banget ,, udah gitu agak lincah jg sih bayinya merangkak ksana ksni nyari susu ibunya ,, abis ibunya suka pndah2 tmpat gan :( gimana cranya sih supaya ibunya ga pndah2 tmpat ??

      • 75

        g3mbulzone said,

        jgn suka diliat2 gan, hal tsb bikin si induk gk nyama so indukjadi stress n gk ngurusin anaknya, dampakna anaknya mati deh..:(
        klo suka pindah2 tu naluri alami gan, cari tmp yg aman n nyaman buat si bayi, klo pingin gk pindah2 kasih tmpt kusus kuyakgoa,sperti sengah batok kelapa..

  34. 76

    rikka pratiwi said,

    hamster aq di msukin ke aquarium ,, trus aquariumnya di tutup sma kertas kado …
    atasnya di tutup pke kaca ,, kacanya di tutp sma lap …
    kyak gtu blh gx sist ???

    • 77

      tuti lestari said,

      oh bayinya ditempatin khusus ya ?? trus gan aq liatin kow induknya jadi jrang nyusuin bayinya ya ?? bayi hamster qu jdi tinggal 2 gan :’(
      aq jg jrang liatin sma mamah aq .. tpi tdi siang wktu aq liat induknya kya betah ddalem rumahnya di atas gan anak2nya dibwah pojok .. tkut mati gan klo aq pisahin nnti anaknya ga bsa nyusuin :’( menurut agan aq hrus gimana ?

  35. 78

    icha said,

    slm knal…
    aq pny hams nie, tgl 16 mei lalu indukx nglahirin 6 ekor ank n tu smpet gk tau aq kpn nglahirinx. jd wktu aq liat kndagx, ank2x tu udh pd kececeran gtu smpe d luar kndagx. spontan aja adikq ambilin mreka satu2 pke tgan krn emang blm tau bner gmn ngrwat bayi hams yg bru lahir. awalx mank smpet dipisah antara anak dg si induk, tp bgung jg gmn makan n minumx klo dpisahin. aq browsing bwt cri info n sdikit tau lah gmn baikx ngrawat bayi hams. brumur 3 mggu q udh pisahin antar bayi2x dg indukx. smpe skrg alhamdulillah mreka msh hdup, tp ukuran mreka brbeda2. 1 psag udh brukuran bsar, 1 psg brukuran sdang, n 1 psg msh brukuran imut. oia satu dr mreka bermata wrna merah. pkokx mrka lucu2 dah…n skrg nasib si betina n si jantan srg tengkar tp kdg akur jg sih, kgak tau np deh kykx dlm masa ‘kawin’ lg gtu…

    • 79

      g3mbulzone said,

      iya hukum alam sist, bayi mana yg pro aktif tuk makan n menyusuilah yg badannya cpt gede, kyk tu biasa aje namanya jg lawan jenis :D

  36. 80

    fira putri yanda said,

    aku punya hamster kan baru lahir hari ini nah trus pas abis ngelahirin anak nya langsung di makan sama yg jantan tingggal kepala nya aja aku jadi kasihan ;(

  37. 82

    linda said,

    mulai dari kapan bayi hamster bisa dikasih makan?

  38. 84

    gan, mau nanya nih,hamster br hari ini melahirkan, trs pertama2 1 ekor aja anaknya,trs aku pisahin sm jantannya,eh pas aku liat lg udh jd 4 ekor, aku taroh d tempat sampah tertutup gtu tp ttp ada lobang udara yg masuk n aku taroh d tmpt sepi,aku sengaja taroh d tempat sampah kecil gtu biar induknya mw diem dan kesana kemari,jd bisa nyusuin anaknya,tapi krn tempatnya kecil kn jd serbuk kayunya sedikit,aku takutnya nnti kl induknya pipis n pup serbuk kayunya jd basah dan buat bayinya mati krn kedinginan,gmn solusinya ya gan?bener2 perlu bantuan nih…soalnya br kali ini pelihara hamster smpe punya anak…btw,jenis hamster ku syria…thx bfore gan :)

  39. 86

    haster ku dah ngelahirin tp aku lagi sakit .
    boleh gak lo induk dan anaknya ku letakan di kandang haster biasa karna aku lagi sakit apa tidak papa????

  40. 88

    Liliz said,

    Gan, hamster gw bru pertama nglahirin tpi anakx cuma 1. Knp bgto y? Truz susu ntuk hamster merkx ap gan?

    • 89

      g3mbulzone said,

      kebanyakan hamster itu punya anak minimal 2, klo satu emang tergantung kondisi biologis induk n jantan, but no problem kok,,
      banyak merknya taya aja di Petshop terdekat..

  41. 90

    chee said,

    aq punya hamster barusan aja melahirkan…
    hamster yang jantannya aq pisahin coz takut dimakan…kira2 mpe brapa lama ya dipisahinnya??

  42. 92

    tutieka said,

    agan mau nanya nih kira kira kalo kandang hamster udah agak bau dan msih da bayi hamster yg menyusui itu perlu dignti ga ??

  43. 94

    Aigner said,

    salam..
    sapphire gw baru melahirkan 5 baby…hahha

    yg mau ane tanya,
    1. gw kan termasuk perokok aktif,ada pengaruhnya gk si asep rokok ma bayi2 hamster??soalna kandang d taro d kamar, dan gw anak kost..jd gk ada tempat lg buat naro tu kandang..

    2. klo di kandangnya gk dikasi rumah2an gpp?
    soalnya gw liat bayi2nya di gletakin gt aja..cm di slimutin kain doank ama si induknya..

    tq ^^

    • 95

      g3mbulzone said,

      1.ane jg perokok + anak kost, klo saran ane ente nerokoknya diluar kamar ja. soalnya rokok kan racun gan.
      2.boleh asalkan jgn banyak n berbahaya, ko mau aman tambah aja serbuk kayunya biar anget bayi2nya..

  44. 96

    TieQha said,

    bayi hamster w mati terus-menerus satu persatu,,,ada yang tau sebabnya ngga kenapa????

  45. 98

    boleh ngga hamster minum susu manusia?????

    • 99

      g3mbulzone said,

      tidak disarankan, karena gen & sistem metabolismu hamster dgn manusia beda.. saya lebih menyarankan kasih minum susu kusus Hams saja..

  46. 100

    kenapa ya bayi hamster w mati satu persatu ada yang tau ngga apa sebabnya??? terima kasih :p

  47. 102

    Hafiz handika said,

    hamster ku jenis syrian,udah ngelahirin 3 anak 3 hari yg lalu,didalam kandangnya ada mkanan yg udah berjamur ..solusinya gimana nih?

  48. 104

    ada ngga susu dan vitamin buat hamster soalx lagi tu nanya di toko hewan yang sekaligus berjualan hamster,,aku tanya jual susu buat hamster ngga??ngga ada

    ko ngga ada sih emangnya susu buat hamster ngga ada ya??ya emang ngga ada

    kucing dan anjing aja ada susu khusus wat dia masa hamster ngga ada c……

    prtanyaanx ada ngga susu dan vitamin khusus wat hamster kalo ada dmna tempatx yang berjualan susu dan vitamin khusus hamster???

    satu lagi kenapa ya hamster ibunya sering salto terus???

    terima kasih,

    TieQha

  49. 105

    sheila said,

    saya mau tanya..hamster saya baru nglahirin kurang lebih 10 bayi kemaren sabtu..tetapi setelah melahirkan dia jadi kliatan lesu..napsu makannya berkurang..padahal saya dah kasi makan banyak..dah saya kasi potongan putih telur rebus juga..dan akhirnya dia tadi pagi meninggal..saya liat di kandangnya dah kaku..di bawahnya anak2nya juga mati..tinggal 1 yang masi hidup…gimana cara merawat bayi hamster ini supaya tetap hidup..karena ga ada asupan ASI buat dia..tapi juga kasian kalo mati juga :’(

  50. 106

    hamsterku branak 8 hilang 1 tinggal 7,,hilang lagi 1 tinggal 6 dan sekarang bayi hamsterku hilang lagi 1 tinggal 5…

    aku g tau bayi hamster ku hilang kmana p mngkin dimakan indukx lw mang bnr dimakan indukx v ko g ada bekasx sama sekali,,jadi yang aku mau tanyakan dimna bayi hamsterku berada dan jgn sampe bayi hamsterku hilang lagi seperti saudara”x yg lain??

    please di bales ya cz ni penting banget buat aku…..thx

    • 107

      g3mbulzone said,

      biasanya di makan induk/jantannya, klo gk gitu gk keurus n di sembunyiin. initinya jgn samapai induknya merasa stress 7 terganggu oleh lingkungan..

  51. 108

    lee rusly said,

    salam kenal….:)
    mau nanya ya…hams ku betina nya 22 melahirkan, tp yg 1 gak pandai urus anaknya, klo aku pindahin ke induk yg 1 lg bs gak ya ??? trus klo bayi hams yg bru tiba2 mati, itu knapa ya ??? mohon infonya ya….karna aku masih pemula :)

    • 109

      g3mbulzone said,

      setiap induk emang beda2 gan ada yg pandai n kurang pandai, yg pasti seekor induk gk bakal ada niat bunuh bayinya sendiri. so tugas anda harus menjaga sikon kandang n luar biar nyaman,aman& tentram bagi induk yg sedang menyusui..

  52. 110

    mau tanya ya. hamster saya udah ngelahirin 5 truss ibunya nggak mau nyusuin. saya takut kalau hamster yang baru lahir mati. minta tips nya ya

  53. 112

    Nisa Addini said,

    mau tnya gan :D baru kali ini aku punya hams sampe ngelahirin, hari ini hams ku ngelahirin 5 :D mau tanya soal kandang, si baby sama induknya kan di aquarium nah itukan gak ada tempat minumnya yaa, trs perlu dipindahin ke kandang lain yang ada tempat minumnya gak ya? apa dibiarin di aquariumnya? terus susu khusus hamstrnya wajib apa egak gan? takutnya kalo si induk di kasih minum baby nya basah trs maaah mati. mohon panduannya :)

    thx :D

    • 113

      g3mbulzone said,

      jgn dipindah kandang gan, disaat induk menyusui dilarang menggangu,memgang bayi nya. bikin susana tenang & nyaman bagi induknya bos.
      gk wajib kok susu hamster.baca2 lagi artikel saya “cara merawat bayi hamster dgn baek”

  54. 114

    tami said,

    slm knal sya tami hamsterqu melahirkan anaknya5 hri ini umurnya dah 2minggu tpi gak tau knp anaknya skrg tinggal4 pdhal dah aq taro d tmpat glap sepi n aq tu2p kain.klo dah umur 2minggu kandangnya bleh dibersihin gak ya?dah bau bgt aq takut alnya waktu itu hamsterqu sblumnya pernah mlahirhan 8ekor baru shari anaknya mati smua gara2 aq bersihin kndangnya n serbuk kayunya aq ganti mhon infonya dong trims

    • 115

      g3mbulzone said,

      emang disaat induk menyusui dilarang menggangu,memgang bayi nya. bikin susana tenang & nyaman bagi induknya gan.. :)
      klo mau bersihin pada umur 3-4minggu disaat bayi hasm sudah berbuku,mata terbuka & bisa makan sendir.:D

    • 116

      Andre said,

      Gan mau tanyak ni.,, obat untuk hamster agar mau kawin?? Karena hammy aq udah 5 bulan gak hamil2 udah coba ganti pasangan tapi gak mau kawin juga..??

  55. 117

    andiyani said,

    susah yaaa ngerawat bayi hamster . mati mulu ..
    uda 2x aku kaya gini..
    solusi pleaaseee !!!!

  56. 118

    Via Giovani said,

    hamster ku sudah melahirkan sekitar satu minggu yang lalu kalau tidak di ganti serbuk kayu nya seminggu saja sudah bau kemana mana . jadi sebaiknya gmn ?

  57. 119

    ella said,

    Mas mau tanya,,barusan td pagi saya mau bersihin kandang hamster,g sengaja semua dah dibuka2 buat dicuci ehhh ada yg kecill gerak2,,ternyata ada 1 ekor bayi mungil hamster,,cuma dah terlanjur saya bersihin trus anaknya saya pisahin sama ayah ibu nya,,skrg saya letakkan di baskom anaknya,,pas baca ini saya coba satuin lagii eeehhhh yg jantann malah ngejar2 tuh bayi truss yg betinanya juga malah nimpa2 n seperti ♏äώ ngegigit bayinya…trus solusinya donk…plissss,,this my firs experiace soalnya….serba salahh…..balas dr email juga gpp mas…
    Tjanks before yaahhh

  58. 120

    cemplok said,

    lam kenal,,, bgni saya punya sepasang hamster pertama kali dan melahirkan 8 anak tpi kenapa ya yg dua diantara bayi hamster dia berbadan prematur sedangkan yg yg 6 bayi tersebut sehat dan hyper aktf,dan kedua hamster prematur tdi mati gmna merawat nya bayi hamster kondisi sprti itu???? tips saya udah cba tpi mshmati jg

  59. 122

    nurul rahmi said,

    klau hamster’a dh umur 3 mnggu,apha bleh di mandiin???

  60. 123

    thnx ya infonya, saya jadi dapat memelihara hamster saya yang lucu.

  61. 124

    Lulu said,

    Aku pnya hamster dia bru lahiran tapi anaknya d makanin trus? Itu knp? Trus hamster aku sakit lgi menyusui lagi, tpi hamster aku susah makan? Itu knp? Trus klo yg jantan nya dia sehat tpi dia sakitnya kulit, kulit nya itu kaya budug? Itu knp?

  62. 125

    SAYA MAU TANYA..,BAGAIMANA MERAWAT BAYI HAMSTER YANG BARU LAHIR SUDAH DITINGGAL MATI IBUNYA…KARNA IBUNYA DI SERGAP ANJING…,PADAHAL BAYI BARU UMUR 1 MALAM….MOHON INFONYA….

  63. 126

    Hellpp mee!!! Hamster sya baru melahirkan Anak pertama tadi pagi. sepulang sekolah sya baru tahu, Jd sya pindahkan dgn sendok, ke kandang ke2. mlah induknya gelisah dan tdk mau menyusui anaknya.
    Jd sya pindah lagi kekandang pertama, yg jentan yg sya masukan ke kandang ke2. Tp hams betina gak mau nyusui anakannya. Gimana nih? masa harus saya biar mti gtu aj. pleasa balas y. :(

  64. 128

    aduuh aku bingung padahal tadi bilang suruh kasih potongan/irisan kayu tapi kok malah anak nya di kubur di situ kan nanti bisa bissa mati lagi :’(

  65. 129

    ima said,

    klo udh terlanjur di pegang ma tangan tp induknya dah matii,gmn????

  66. 131

    ima said,

    jawab yaaa kacian anaknyaaa :(

  67. 133

    ayachachaff said,

    kalau bayi hamsterx diinjek-injek sm indukx gmn?

  68. 134

    vinno.f said,

    mau tanya dong min.. klo hamster maksimal brapa kali branak yah ?? soalnya hamster ku udh beranak 3 kali dan dia udah ngumpulin 23 ekor…. tapi ini dia branak lagi min, padahal klo aku bilang itu induk udh tua umurnya….

  69. 135

    vika said,

    pertanyaan aku bln july,koq ilaaaang ? djwb/blm ak kn blm tauuu…
    gpp dech,, skrg ank hamsterku da brumur 2mggu lbh.uda lmyan tnanglhaa… wlupun cm ada 4 ekor.. klo hdp smua mstinya ada 7.
    thx U gan….

  70. 136

    saskia said,

    tpi klau bayi hamster misalnya jatuh trs q ambil pkek sapu tangan gk papa tt ????
    please jwb soal nya penting !!!!!

  71. 137

    hamsterku kemarin beranak 2 ekor, tapi anaknya kayak ga diurusin gt ya (apa hasil hugel?) ehem.. jadi di injek2, di cuekin sama induknya, apa harus di pisah n kasih kandang khusus, mohon bantuan..

  72. 138

    terimakasih atas tipsnya

  73. 139

    ternyata induk yang lg hamil ga boleh di pegang

  74. 141

    nadhilah said,

    kakak, klo mgang induk hamster am bayi’a pke sarung tangan bleh gk?
    mkash kakak :)
    mhon d jawab yh

  75. 142

    Dani said,

    mau tanya, saya sudah ikutin semua petunjuk yang ada untuk merawat bayi hamster tapi tetep dimakan sama induknya . itu bagaimana min ?

  76. 143

    tin said said,

    slam kenal .
    bleh nnya gk ? .
    kan anak hamster ak udh 2 minggu tp d mkan (ad yg mati ) .
    yg d mkan 3 anak hamster wrnany putih smua .
    aku temu in yg prtama tinggal kepala .
    yang kedua perut ny bolong .
    yang ke tiga mati …
    ap penyebab ny gan ?

  77. 145

    syifa said,

    kk boleh tanya ?
    beli susu khusus hamster dmn ya ?

    • 146

      g3mbulzone said,

      di petshop terdekat gan, bisa beli di ane

      • 147

        happy hummy said,

        berapaan tuh bos harga susunya?? lokasi ente dmn?
        baby hummy ane tinggal 3 dr 5, maklum pemula…
        gmn nyuapin susu ke mulutnya ya? nah mulutnya ga kliatan gitu. yg ada pipetnya nyodok matanya nih…

  78. 148

    g3mbulzone said@yahoo.com said,

    again mau tnya sih ,,saya beli hamster sepasang laki & perempuan tpi yg wanitanya di gigitin sma yg laki ,jdi yg hmster CW lama2 mati, prntanyaan apkh hamster laki bisa jadi kanibal dan berbahya di pegang manusia

  79. 149

    hunny bun said,

    kalo mm nya gak urusin anak sebaiknya di apain yah?

    • 150

      g3mbulzone said,

      coba cek dulu artikel saya , cara merawat Hamster dgn Baek..
      pasti sebelumnya ada penyebanya indukan gk mau ngurus anaknya. sojaga kenyamanan, keamanan, ketentraman induk saat menyusui/merawat anaknya..

  80. 151

    Lena said,

    Mlm gan..Mf mw tnya nh.
    Campbell sy bru mhirkan 2hri yg lalu. Asalnya anknya 6..tp pas sy liat lg skrng tnggl 4 cz dmkn ibunya krna mti kegenjet
    Yg mw sy tnykn :
    1. Ibu nya salto2 trus. Itu knp y ? Ksian anknya k timpah2 trus klo dy nya salto. Udh aq geser anknya tp ibunya salto lg n kena anknya.
    2. klo anknya sering sy geser biar gk d timpa ibunya lg salto boleh gk y ?
    Mksh :)

  81. 152

    lena said,

    mlm gan :)
    sy bru prtma x ni plihara bayi2 hamster. 2 hri lalu campbell sy lahiran 6 ank. tp skrng tnggal 4 cz dmkan ibunya gra2 mati ketindih ibunya.
    yg mw sya tnyakan :
    1. knp ibunya salto terus ya ? trus ank2 ketindih2 gtu pas dy salto. udh aq pndhin tp ttp aj ktndih lg pas ibunya salto
    2. boleh gk kalo sy sering2 pndahin/geser anknya biar gk ktindih ktika ibunya lg salto ?
    mhon bntuannya y gan. mksh :D

    • 153

      g3mbulzone said,

      hehhe sist lena jgn kuatir ya, percayakan smuanya pada Induknya. sperti kita dulu jg diasuh seorang ibu
      tugas sist lena adalah menjaga agar keadaaan skitar kanang nyaman aman buat induknya untuk merawat bayinee..
      coba pahami lagi artikel saya tentang cara merawat Hamster dgn baek..

      thx

  82. 154

    kim jonjghyun said,

    hy sist, mau nanya nich…>_,,,,<"
    langsung d'jawab ya sist…^ _ ^"

  83. 156

    putri said,

    hamsterku hari ni tgl 8 januari baru aja melahirkan 6 ekor
    aku mau nanya,cara supaya hamsnya ga terganggu saat kita mau masukin makanan ato minuman kedlm kandang
    krn hams betina ku sensitif bgt,kalo ada sesuatu yg masuk pasti mau digigt
    tlong sarannya. .

  84. 157

    andre said,

    anaknya tunggu berapa hari sihh kalau mau besar

  85. 158

    andre said,

    maksudku,,
    bayi hamster kalau punya bulu itu sekitar hari ke berape yaa,,dan bayi hamster itu mulai cari makan sendiri sekitar hari ke berapa???

  86. 160

    Evi Adriah said,

    Hamster ku kemarin melahirkan anak ada 8, tapi kenapa sekarang tinggal 3 apa karena di makan sama induknya ??

    • 161

      g3mbulzone said,

      biasanya emang gitu, ada yg dimakan adanya di elantarkan. so baca artikel saya “cara merawat bayi hamster”

  87. 162

    kania said,

    mw tanya donk..

    Barusan hamster q si karamel nglahirin..
    Tp aq liat d kandangnya ada bnyak semut..
    Aq pengen ganti pasir di kandangnya.,karna takut ntar bayi bayi hamster q di kerubutin ama semut..
    Tp boleh gk sih pasirnya aq ganti?

    • 163

      g3mbulzone said,

      seharusnya jgn takut terkontaminasi ntar bayinya,
      klo memang semunya banyak, bisa ganti serbukkayu/bersihin kandang dgn sarat bayinya jgn dipegang pindahinnya make sendok yg sterill. :)

  88. 164

    filzah fahrana toya said,

    anak hamster saya ada 3, udah umur hampir 1bulan, tp ada 1 ekor yang pertumbuhannya beda dr yg lain, bulu jarang (seperti berumur 1 minggu, tidak spt yg lain), badan jg kecil di banding sodaranya, lalu saya pisah dari induknya karna takut dimakan (sudah digigiti sampai luka) apa ga apa2 kalo dipisah? apa hamster yang satu itu cacat?

    • 165

      g3mbulzone said,

      bukan cacat gan, itu karena sibaby kalah bersaing dlm makan n minum.emang bisanya pasti ada yg lebih kecil/ketinggalan pertumbuhanya.harusnya gk usah di pisah. klo meman sudah terlanjur ya kasih dia makan,sus & vitamin khusus buat hamster biar pertumbuhannya normal kembali…

      • 166

        filzah fahrana toya said,

        terima kasih ya pencerahannya, kemarin dipisah karna ada 2 luka di badan dia, dan lg digigiti sm emaknya.. takut aja kenapa2, tp skrg sudah sehat babynya, bulunya sudah mulai keluar, gak somplak2 kayak kmren..

  89. 167

    vikry said,

    saya mau tanya hasmter saya jenis campbell.masih kecil tapi puting susunya udah besar.
    pertanyaan:kenapa ya hamster saya.
    mohon jawab yg cepat

  90. 169

    susan said,

    Gmn cra nya supaya baby nya ga drubung. Semut.soalnya baby ♈ªʼnĝ bru lahir.sering mati krna digi2tn semut

    • 170

      g3mbulzone said,

      sbenarnya klo dh dijaga induknya fine2ja, kecuali indunya stresss.klo mau lebih jelas baca artikel saya”merawat bayi hamster”. klo mau gk banyak semu bli kapur anti nyamuk n serangka, kapurnya coretin di luar kandang


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: