Cara merawat bayi Hamster tanpa Indukannya

 

Bayi Hamster tanpa indukan

Hai semua Pecinta Hamster, miss U All

dah lama nih saya menorengkan setetes ilmu about Hamster, All right sekarang saya akan sharing ilmu kepada hamster lover tentang merawat & mengayomi Bayi Hamster tanpa indukkannya alias di tinggal mati oleh induknya. Banyak pertanyaan yang muncul seperti : bagaimana cara merawat hamster setelah induknya meninggal?, bagaimana caranya si bayi tetap hidup?, dll.
Nah sekarang saya akan menjelaskan beberapa cara untuk merawat bayi hamster tanpa indukan.
Berikut cara-caranya:

  1. Sebagai mana mestinya bayi hamster sangat membutuhkan induknya unutk menyusui. Jadi anda harus menggantikan sebagai Induk sementara untuk si bayi-bayi tersebut dengan memberi susu khusus (bisa ditemukan di petshop) atau susu kental manis dan air perbandingan 1:1. Dan agar gizinya agar tercukupi anda harus bolak-balik memberi si bayi setiap menitnya dengan cara menyuapinya dengan pipet.
  2. Beri serbuk kayu secukupnya. Hal ini untuk menjaga kehangatan kandang hamster
  3. Bayi Hamster sebaiknya di taruh di alas kandangnya tidak berlubang-lubang(datar) seperti akuarium, untuk menjaga si bayi tidakterjatuh dan terjepit.
  4. Bila anda memindahkan bayi hamster, sebaiknya menggunakan alat bantu seperti sendok, dll. Agar si hamster tidak berbau tangan manusia dan hamster masih mau meminum susu tersebut.

Bila anda masih repot untuk menyusui setiap waktu. Takut akan bayi hamster anda mati. Kita bisa melakukan dengan cara di bawah ini. Saya pun pernah melakukan cara ini yaitu:

  • Titipkan saja ke hamster yang sedang menyusui bayi. Tapi jangan pada hamster yang tidak menyusui karena si bayi hamster akan di makan oleh indukan lain.

Semoga bermanfaat  ^^V

sumber(http://mucozz.wordpress.com)

Bayi Hamster tanpa indukan

Comments (17) »

Cara Penggabungan Hamster

Penggabungan Hamster

Cara ini dilakukan bertujuan untuk menyamakan bau, agar hamster tidak bertengkar. Biasanya dilakukan pada saat kita membeli hamster baru yang akan disatukan dengan hamster kita dirumah, maupun pada saat mengembalikan si betina yang selesai masa menyusui dengan si jantan. Menurut pengalaman dan pengetahuan yang ditanamkan di KHI (Klub Hamster Indonesia) berikut langkah-langkahnya :
  • Bersihkan kandang, ganti serbuk dan pasir.
  • Kelompokkan hamster dengan bau yang sama di satu wadah.
  • Ambil hamster satu per satu dengan lembut (untuk jenis campbell yang menggigit, kamu bisa memakai sarung tangan ^^v )
  • Lap daerah pusar/perut, alat kelamin hingga ke buntut beberapa kali dengan tissue basah (tissue basah untuk bayi), atau bisa juga ditaburi bedak bayi pada bagian tadi. Lalu letakkan hamster itu ke kandang yang sudah bersih.
  • Lakukan hal yang sama pada hamster lain, masukkan satu per satu.
Jika masih ada yang bertengkar, coba lagi dengan cara diatas.
Cara ke 2 adalah dengan cara meletakkan hamster yang ingin di satukan dalam 1 kandang yang disekat dengan pembatas jeruji. setelah 3-4 hari angkat pembatas.

NB: jika mau gabungan hamster buat kawin/beda kelamin, pastikan hamster yg cowok lebih besar n tua drpd yg cewek.supaya siJantan bisa menaklukkan si betina(hukum alam hewan).

Selamat mencoba ^@^

Comments (8) »

KPPUH (Kotak pertolongan pertama untuk hamster)

Jika kamu punya hamster di rumah, ada baiknya kamu menyediakan kotak ini.
Jadi kalo hamster kamu sakit bisa cepat-cepat ditolong sebelum dibawa ke dokter.

Peralatan :

1.Gunting kecil (bisa gunting rambut atau gunting benang, jangan gunting kertas) :
pakai yang ujungnya tumpul jadi tidak melukai hamster.
Gunanya untuk memotong bulu hamster terutama kalo hamster itu luka
dan butuh diberi obat sedangkan bulunya mengganggu.

2.Gunting kuku khusus binatang kecil.
Bentuknya beda dengan gunting kuku anjing. Biasanya juga ukurannya kecil.

3.Cotton buds. Untuk membersihkan luka dan memberikan obat2 cair ke atas luka.

4.Alat suntik tanpa jarumnya. Untuk memberikan obat cair ke dalam mulut hamster.
Pilih alat suntik yang ujungnya kecil jadi mudah dimasukkan ke dalam mulut hamster.

5.Hair dryer kecil. Kalau hamster kamu basah harus segera dikeringkan karena
hamster lemah sama air. Kalo kondisi badannya lagi ngga kuat,
hamster yang didiamkan basah bisa terserang flu dan pneumonia yang berakibat kematian.

6.Sarung tangan karet sekali pakai. Ini berguna buat memegang hamster yang sakit.
Soalnya kalo pake tangan nanti malah menular buat yang lain.
Kalo hamster sakit akibat virus biasanya cepat menular dan bisa mengakibatkan
semua hamster mati juga. Jadi kita harus extra hati2!

Obat-obatan :

1.Obat tetes mata (seperti visine, dsb). Berguna banget soalnya hamster sering iritasi mata
mengingat tempat hidupnya diantara serbuk2 kayu.

2.Alkohol. Ini untuk membersihkan luka.

3.Antiseptik ringan. Campuran dettol dan air bisa untuk membasuh luka atau
kalau campuran dettol yang konsentrasinya ringan bisa untuk untuk memandikan hamster,
dengan cara diwash lap. Jangan dibasahin hamsternya! Cukup dilap aja.
Guna lainnya adalah untuk membasuh tangan kita. Biasakan membasuh tangan sebelum
dan sesudah memegang hamster. Kebersihan ini penting untuk kita sendiri.
Alternatif lain bisa disediakan cairan khusus cuci tangan seperti handy clean dekat
kandang hamster, jadi kalo mau pegang cuci tangan dulu. Hal ini perlu dilakukan
karena tangan kita sendiri biasanya suka bawa penyakit buat hamsternya.
Kita kan ngga tau di jalanan udah pegang apa aja. Iya kan?

4.Betadine. Pokoknya obat luka deh… Soalnya kan kadang hamster suka berantem.
Jadi kalo berdarah bisa cepet2 ditolong.

5.Antibiotik (erythrocin). Jangan pake merk laen soalnya hamster itu sensitive ama
antibiotic. Beberapa kasus yang aku denger sih banyak yang kasih
amoxilin tapi hamsternya mati.
Kalo ke apotik bilang harus merk itu. Apotik di Indo kalo ngga ada merk itu,
suka ganti merk seenaknya
jadi harus ati2! Gunanya jika hamster kamu luka trus infeksi,
bisa juga untuk mengobati flu yang parah…

6.Obat kutu khusus hamster. Ini penting banget! Baca deh tentang penyakit
pada manusia yang bisa disebabkan oleh binatang pengerat:

“…Plague (penyakit serius bahkan fatal yang berasal dari binatang pengerat.
Panyakit ini disebabkan oleh Yersinia pestis dan disebarkan ke manusia lewat
gigitan dari kutu tikus yang terinfeksi, terutama bubonic plague).
Tapi ngak semua negara masuk dalam category ini. Unfortunately Indonesia ngak bebas
sama plague. Jadi hati2 ok. cara paling bagus sih biar penyakit ini ngak nempel
ke Hamster kamu yah kamu harus beli obat anti kutu khusus buat hamster.

Tanda2 hamster kena kutu? Menggaruk2 tubuh terus terutama di daerah belakang telinga (menggaruknya benar2 sering dan parah) trus kalo kamu balikin bulunya kamu kadang ngeliat bekas2 luka kecil akibat gigitan kutu…

Vitamin buat hamster ada macem2 merk. Selama ini yang biasa dipake sih buatan 8in1 merknya vitasol. Trus ada juga yang merk Hartz.

Comments (19) »

Diet dan nutrisi untuk hamster

Diet dan nutrisi untuk hamster

Jika Anda memiliki seekor hamster, Anda akan mengetahui kalau hamster itu sangat senang makan ! Di alam, hamster memakan makanan yang beraneka ragam, termasuk biji bijian, akar tanaman, serangga dan bahkan binatang kecil. Untuk tetap menjaga agar hamster Anda senang dan sehat, dia perlu diberikan aneka makan terpilih yang bermutu baik.
WAKTU NYA MAKAN ^__^

Hamster membutuhkan makanan yang fresh setiap hari nya dengan dosis yang cukup. Ada 2 teori yang mengatakan kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan; di pagi hari atau di sore / malam hari. Salah satu pihak mengatakan untuk memberikan makan di malam hari, karena pada malam hari lah mereka bangun dan beraktifitas. Pihak yang lain mengatakan untuk memberikan makan pada pagi hari. Hasil penelitian menyimpulkan kalau seekor hamster tidak tidur sepanjang hari. Malahan, dia bangun setiap 2 jam untuk mencari makanan. Ditambah lagi, di alam nya, makhluk kecil noctural ini keluar dari sarang nya (pada malam hari) untuk mencari makanan. “Harta karun” nya di bawa kembali ke dalam liang nya (sarang) dan di tambah ke dalam “tempat penyimpanan makanan” yang sudah dia kumpulkan sepanjang hari. Seberapa banyak makanan yang dibutuhkan? Sebanyak – banyak nya ! Jenis Syrian hanya membutuhkan makanan sekitar satu sendok makan per hari per ekor, ditambah dengan supplemen tambahan atau buah dan sayuran. Dikarenakan Dwarf memiliki metabolisme tubuh yang lebih tinggi, bisa diasumsikan mereka akan mengkonsumsi dosis yang hampir sama dengan Syrian. Hal ini bukan berarti harus memberikan makanan satu sendok makan per hari nya, seperti semua makhluk hidup lainnya, makanan yang dibutuhkan per hari nya bisa naik turun. Secara alami, hamster bisa mengetahui biji-bijian mana saja yang dapat dimakan untuk memberikan mereka makanan yang sesuai dan vitamin yang diperlukan untuk menjaga tubuh mereka tetap sehat.

Diet bahan pokok dari makanan pabrik merupakan awal yang baik, tapi jangan lupa sayuran segar ! Hamster menyukai sayuran dan membutuhkan sayuran untuk tetap dalam keadaan sehat. Tapi jangan memberikan sayuran terlalu banyak, sedikit rumput, daun semanggi atau wortel per hari sudah cukup. Terlalu banyak daun selada atau sayuran hijau bisa menyebabkan diare.

Untuk meningkatkan protein, Anda bisa memberikan biskuit kering untuk anjing atau kucing. Biskuit ini tidak hanya memberikan protein tambahan tapi juga membantu mengasah giginya.

Diet Dan Nutrisi Untuk Hamster by:teena2000

TREAT APA ?

Treat (snack atau selingan makanan) bisa menjadi special dan bermanfaat di saat yang sama. Tambahan buah-buahan dan sayuran telah terdaftar, masih ada beberapa makanan lain yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi treat hamster, tapi para penata diet mempertimbangkan bahan-bahan suplemen diet yang bergizi. Seperti :

Telur : Hamster sangat menyukai telur rebus dan telur mengandung protein tinggi. Telur rebus baik untuk ibu hamster yang sedang hamil dan anak-anak yang masih muda. Tetapi bagaimana pun juga, telur harus diberikan sekali-sekali. Telur yang tidak di makan dalam waktu 24 jam setelah diberikan. harus disingkirkan dari kandang agar telur tidak membusuk di kandang.

Minyak Ikan : Kaya akan vitamin A dan D, beberapa tetes minyak ikan yang diteteskan di atas makanan hamster bisa diberikan sekali seminggu.

Daging : Pemberian daging untuk hamster telah diperdebatkan selama bertahun-tahun. Beberapa orang percaya pemberian daging akan mendorong munculnya sifat kanibal di dalam diri hamster. Tetapi, ada beberapa laporan dari para breeders yang memberikan daging secara teratur dan tidak pernah mengalami (mempunyai) hamster yang kanibal. Daging bisa diberikan berupa potongan kecil daging sapi atau daging domba (hindarkan pemberian daging babi), makanan anjing kalengan atau mealworm, yang merupakan favorit hamster.

Susu : Permasalahan yang mendasar dari pemberian susu adalah susu perlu diberikan dalam suatu wadah, yang bisa ditumpahkan. Susu bisa menjadi basi dalam waktu yang relatif cepat jika berada di cuaca yang panas. Karena masalah-masalah ini, susu jarang diberikan untuk hamster. Susu baik diberikan untuk ibu hamster yang sedang mengandung, anak-anak hamster, dan hamster yang sedang sakit. Pastikan untuk menyingkirkan wadah dan cuci dengan bersih sebelum susu menjadi basi.

Campuran Makanan Burung : Suplemen yang ideal lain nya, adalah biji-bijian yang dijual untuk burung kenari dan budgerigars. Pemberian bisa dilakukan seminggu sekali dengan cara mencampur nya dengan makanan hamster atau satu sendok teh penuh.

Makanan Monyet : Makanan monyet yang berkualitas telah dikemas dengan banyak nutrisi seperti : jagung, basil gandung, telur, ragi untuk membuat bir, bermacam-macam protein, dll. Seperti treat lain nya, disarankan untuk tidak memberikannya lebih dari seminggu sekali. Seperti treat untuk kucing dan biskuit anjing, makanan monyet juga baik untuk mengasah gigi hamster.

Ragi : Kaya akan vitamin B yang bermanfaat untuk susunan syaraf dan sangat berguna untuk mengurangi stress. (Stress merupakan sebab utama yang menyebabkan hamster terkena penyakit, khusus nya wet tail). Pemberian ragi seminggu sekali, sangat baik untuk mencegah banyak penyakit. Berikan sejemput ragi yang bergizi sekali seminggu. (Ragi yang bergizi tidak pahit rasanya dan hamster Anda akan menyukai rasanya). Sebagai alternatif, tablet ragi yang dapat ditemukan di pet shop untuk anjing dan kucing , dapat diberikan seminggu sekali. (Ketika memberikan tablet ragi ini, gunakan tablet ragi yang plain, jangan yang mengandung bawang putih, karena bawang putih terlalu keras bagi ginjal hamster).

DALAM WADAH ATAU TIDAK ??

Diletakkan di lantai kandang atau dalam mangkuk (wadah)? Dikarenakan hamster dikenal sebagai penimbun (penggali), banyak pendapat yang mengatakan kalau makanan nya lebih baik diletakkan di lantai kandang. Kebalikannya, jika dapat membiasakan untuk mendapatkan makanan mereka di dalam wadah, hamster akan melihat makanan dalam wadah itu sebagai “timbunan makanan” mereka dan tidak merasa perlu untuk menggalinya karena adanya persediaan makanan yang berkelanjutan. Ibu hamster biasanya membawa sedikit makanan yang telah kita sediakan ke sarangnya untuk anak-anaknya dan ada beberapa hamster yang membawa makanannya ke dalam sarang sebagai snack ketika mereka tidur sepanjang hari.

Jika makanan di taruh di dalam wadah makanan, maka akan terlihat apakah hamster memakan makanannya atau tidak. Tetapi jika makanan di taruh begitu saja di dalam kandang (tanpa wadah makanan), maka kita tidak akan dapat memastikan apakah hamster memakan makanannya atau tidak. Biji-bijian yang tidak habis (sisa dalam wadah makanan), setiap harinya harus dibuang dan diganti yang baru.

DIET HAMSTER YANG SEIMBANG

Diet yang seimbang menyediakan semua bahan yang diperlukan untuk menjaga hamster tetap dalam keadaan sehat. Beberapa makanan memerlukan tambahan dari makanan lain sehingga tubuh bisa memanfaatkan makanan-makanan itu secara efektif.

Bahan pokok untuk diet seimbang adalah :
1. Protein
2. Karbohidrat dan Lemak
3. Vitamin
4. Mineral
5. Air Putih

Protein : Sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan terutama sangat penting bagi hamster yang sedang mengandung dan anak-anak hamster. Sumber protein yang baik adalah barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir), kacang-kacangan, jagung, buncis, gandum dan kacang polong.

Karbohidrat dan Lemak : Menyediakan energi dan panas tubuh, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan disimpan di tubuh sebagai lemak yang dapat mengakibatkan kegemukan, yang akan menyebabkan masalah untuk perkembangbiakan dan masalah kesehatan. Sumber karbohidrat antara lain : gula, ragi, kentang dan susu. Sumber karbohidrat yang juga merupakan sumber lemak antara lain : barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir), jagung, dan gandum.

Vitamin : Hanya sedikit vitamin yang dibutuhkan, tetapi mereka sangat dibutuhkan agar hamster Anda tetap sehat. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

1. Vitamin A
Sumber : Wortel, dandelions (semacam rumput yg bunga kuning), sayuran hijau, hay.
Akibat jika kekurangan : Diare, pertumbuhan yang lambat.

2. Vitamin B
Sumber : Bakteri gandum, ragi, daging, hati.
Akibat jika kekurangan : Diare, pertumbuhan yang lambat.
Vitamin B berpengaruh ke system syaraf dan pemberian secara teratur dapat mengobati stress secara efektif. Salah satu penyebab utama banyak penyakit, terutama wet tail.

3. Vitamin C
Sumber : Sayuran dan buah-buahan segar.
Akibat jika kekurangan : Penyakit kulit (kudis), tubuh yang membengkak.

4. Vitamin D
Sumber : Minyak ikan, bakteri gandum, sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan : Rakhitis.

5. Vitamin E
Sumber : bakteri gandum, sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan : Kelainan kulit, system reproduksi yang buruk.
Mineral : Mineral juga hanya dibutuhkan dengan jumlah yang sedikit. Sumber mineral antara lain : susu, sayuran dan biji padi.
Air Putih : Sebaiknya diletakkan dalam botol air hamster disbanding diletakkan di wadah. Karena air di dalam wadah dapat dengan mudah ditumpahkan.

Re: Diet Dan Nutrisi Untuk Hamster by:teena2000

DIET YANG SEHAT = HAMSTER YANG SEHAT
Hamster akan memakan apa saja yang disuguhkan kepada mereka. Dan mereka akan tetap memilih gaya hidup, naluri, metabolisme dan kebutuhkan nutrisi sama dengan pendahulu mereka. Karena hamster liar tinggal di daerah padang pasir, maka bahan pokok diet mereka (di alam) terdiri dari biji padi yang ditemukan di tanah lapang terdekat, sayuran tersedia di kebun / sawah petani local, serangga dan rumput liar. Hamster yang dipelihara juga akan berkembang dengan memiliki kebutuhan diet yang sama dengan rekan liar mereka. Bahan pokok diet harian yang baik, membutuhkan : biji bunga matahari (kuaci), jagung, oats, barley, gandung, pellet kelinci (yang mengandung Alfalfa Hay), snack kucing atau biscuit anjing dan sayuran. Banyak pakan hamster yang telah dikemas dan dijual di pet shop telah mengandung bahan-bahan dasar yang dibutuhkan oleh hamster. Makanan burung kenari merupakan tambahan yang bagus .(Selain menyediakan protein tambahan, menggerogoti biscuit anjing dan kucing akan membantu hamster untuk mengasah gigi mereka). Buah-buahan dan sayuran segar, dapat diberikan ke hamster 2 atau 3 kali seminggu, dengan jumlah yang sedikit.

Ketika semua kebutuhan dasar nutrisi telah disediakan setiap hari, hamster akan memilih biji-bijian mana saja yang dia butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Jika Anda perhatikan, maka Anda akan menyadari kalau sisa biji-bijian yang terdapat di wadah makan setiap harinya akan berubah-ubah (hal ini akan terlihat lebih jelas pada hamster betina yang sedang mengandung atau menyusui).

Hamster menyukai treat (makanan selingan) secara berkala seperti hewan kebanyakan; tetapi treat yang diberikan harus dipilih. Pilih treat yang menyediakan nutrisi tambahan bagi kebutuhan diet mereka seperti sayuran dan buah-buahan segar.

Berikut ini merupakan treat yang dianjurkan.
1. Apel (tidak untuk hamster dwarf),
2. Pisang (tidak untuk hamster dwarf),
3. Buncis,
4. Brokoli,
5. Kol atau kubis,
6. Wortel (tidak untuk hamster dwarf),
7. Kembang kol,
8. Daun seledri,
9. Jagung,
10. Courgettes / Zucchini,
11. Ketimun,
12. Deandelions (daun dan bunga),
13. Anggur,
14. Kale,
15. Labu,
16. Kacang polong,
17. Kentang,
18. Bayam,
19. Lobak cina,
20. Selada air,
21. Rumput muda.

Jangan pernah memberikan hamster Anda coklat atau permen. Coklat atau permen dapat tersangkut di dalam perut hamster dan menyebabkan kerusakan yang patut dipertimbangkan. Jika sudah terjadi seperti ini, maka hamster Anda akan sulit atau mustahil untuk disembuhkan. Catatan : banyak treats hamster yang dijual di pet shop mengandung jumlah gula yang besar.

Jadi, kesimpulannya? Diet bisa menjadi faktor pembetukan watak yang penting bagi hamster Anda dalam menghadapi Anda atau hamster lain. Jika Anda memanjakan hamster Anda dengan cinta dan perawatan yang benar (termasuk diet seimbang yang tepat), hamster Anda akan menjadi hamster yang bahagia, sehat dan penyayang.

Leave a comment »

Hamster juga makhluk sosial…

Bukan saja manusia yang makhluk sosial, tapi hamster jg, pada dasarnya di alam aslinya hamster adalah binatang yang berkelompok. Jika anda sering berinteraksi dengannya dengan memegang dan bermain bersama, anda akan menjadi teman terbaiknya. Biasanya mereka dapat hidup bersama jika disatukan ketika umurnya belum mencapai 8-10 minggu. Tapi jangan coba-coba untuk menyatukannya bila telah berumur diatas 10 minggu, kalau anda tidak ingin melihat perkelahian yang bisa menyebabkan kematian hamster-hamster anda. so jadilah teman terbaek bagi hamster & be ware dalam menyatukan antar hamster!!

Leave a comment »

Pedoman Kesehatan Hamster

Pedoman dr hamwell untuk kesehatan hamster

Hamster umumnya makhluk yang sehat dan dapat hidup baik selama dua tahun atau lebih. Mereka perlu kandang yang nyaman, jauh dari kekeringan dan kelembaban, dibersihkan dengan baik dan teratur. Mereka perlu diberi makan dengan makanan campuran lengkap yang memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Mereka menikmati makanan buah segar atau sayuran dalam jumlah sedikit. Mereka suka bermain dan keluar untuk bermain bersama dengan pemiliknya.
dr Hamwell berkata..
Pada hamster yang sehat maka mata mereka akan bersih, cerah, awas, memiliki bulu yang mengkilap dan telinga yang tegak. Meskipun hamster baru saja bangun dari tidurnya, sebentar saja telinganya akan berdiri tegak dengan baik. Hamster memiliki dua tanda/bercak pinggul atau scent gland pada sisi tubuh mereka (di pinggul mereka). Ini normal dan mereka akan membesar atau juga dapat kelihatan seperti kudis pada beberapa hamster bulu pendek. Jangan diusik karena dapat menyebabkan hamster anda bermasalah.

Hamster yang sakit akan diam saja di sarangnya meskipun ada beberapa kejadian menarik di luar. Waktu dia keluar, matanya mungkin setengah tertutup dan telinganya tetap turun dan rata dengan kepalanya.

Tip kesehatan: Cucilah tangan anda sebelum memegang hamster anda jika anda sakit perut atau pilek. Hamster anda dapat tertular kuman yang anda bawa yang dapat membuatnya juga sakit. Jangan menyemprot aerosol/semprotan disekitar kandang karena dapat membahayakan hamster kamu..

Penyakit Hamster

*Abcesses
Abacesses adalah luka di bawah kulit yang berisi nanah. Mereka dapat membesar sangat cepat dan juga sebagai tanda infeksi terjadi.
Pertolongan: Periksakan ke dokter hewan segera. Antibiotik biasanya diberikan dan abcess mungkin ditusuk. Luka sering dibersihkan dan mungkin harus dibersihkan teratur sampai sembuh. Beberapa hamster mungkin perlu menjalani operasi untuk mengeluarkan absess.

*Pendarahan
Kadang-kadang hamster mengeluarkan darah dari pantannya. Kemungkinan tanda ini adalah adanya infeksi rahim pada hamster Sirian betina. Darah sedikit pada pantat pada hamster dwarf rusia dapat juga menandakan bahwa hamster itu hamil.
Pertologan
Jika hamster syrian mulai berdarah dari pantatnya maka bawalah ke dokter. Jika ini infeksi rahim maka hamster perlu antibiotik untuk disembuhkan. Berdarah juga dapat berarti hamster sedang melahirkan. Jika hamster dwarf rusia berdarah parah maka ia juga perlu dibawa ke dokter.

*Diabetes
Campbell dwarf rusia dapat terkena diabetes dari keturunan. Hamster akan kehilangan berat badan dan kelihatan kurus dan sakit. Hamster akan banyak minum air dan memiliki area toilet yang sangat basah. Pasien hamster biasanya mati sangat muda sekitar empat sampai enam bulan.
Pertolongan
Beberapa pemelihara hamster mencoba dengan makanan dengan bermacam-macam hasil. Insulin umunnya tidak ide yang bagus karena sangat sukar untuk mengetahui berapa banyak insulin yang harus diberikan ke hewan sekecil itu. Pada saat ini belum ada obatnya.

*Kerontokan bulu
Kerontokan bulu biasanya terjadi pada hamster tua dan juga dapat disebabkan oleh beberapa sebab lainnya.
Pertolongan.
Bawahlah ke dokter untuk mendapat dianogsa penyebabnya dan sesuatu untuk menolongnya.

*Bercak Pinggul (Hip Spot)
Semua hamster memilikinya tetapi pada hamster tua yang bulunya menipis dapat terlihat jelas seperti bermasalah. Tanda bercak ini berada di kedua pinggul dan dapat terlihat seperti dua tahi lalat.
Pertolongan
Biarkan, jangan digangu atau diusik. Biasanya tidak bermasalah. Kamu dapat melukai mereka daripada baik dengan mencoba menghilangkan ini.

*Luka
Selama lukanya tidak terlalu dalam atau kelihatan bersih maka luka itu dapat dibiarkan. Perhatikan saja sampai lukannya sembuh. Luka yang lebih dalam yang terlihat infeksi perlu nasihat dokter.
Pertolongan
Umumnya dengan antibiotik. Memandikan dengan air garam juga membantu untuk menjaga supaya bersih.

*Benjolan atau tumor
Hamster yang muncul bengkak di daerah yang asing. Benjolan ini mungkin tetap atau berpindah tempat di kulit mereka. Hamster mungkin tidak suka kamu memegang benjolannya.
Pertolongan
Nasihat dokter diperlukan. Umumnya mereka dihilangkan melalui operasi pada ukurannya tepat atau selama mudah ditaruh untuk dioperasi. Beberapa dokter memperingatkan akan adanya kesulitan dalam pembiusan hamster. Dr Hamwell berkata bahwa meskipun ada resiko pada hewan kecil ini, hamster selalu memiliki teman yang baik dalam menjalani operasi dengan baik. Selalu memeriksakan benjolan sesegera mungkin karena mereka dapat bertambah besar cukup cepat.

*Virus Papova
Penyakit ini merupakan penyakit hamster yang relatif baru yang diguleti oleh dokter saat ini. Tanda-tanda simptom termasuk rasa jendolan di belakang leher, benjolan-benjolan kecil di bawah kulit, benjolan benjolan seperti kutil di dagu atau bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dipercaya ditularkan melalui air seni dan melalui memegang hamster yang sakit dan tidak mencuci tangan setelah itu.
Pertolongan
Tidak ada obat untuk papova untuk saat ini. Pemelihara hamster mencoba dengan menghilangkan benjolan melalui operasi tetapi tidak ada jaminan bahwa benjolan itu tidak muncul lagi. Penyakit ini diperkirakan genetika. Beberapa hamster mati karena penyakit ini dan hamster lainnya juga dapat sembuh dan benjolan juga hilang. Penyakit ini menular dan kamu harus memisahkan hamster yang terkena penyakit ini.

*Ekor Basah (Wet Tail)
Penyakit hamster yang paling disebar-luaskan. Tanda-tanda symtom adalah hamster sangat lemah dan mencret.
Pertolongan
Perlu segera dibawa ke dokter. Sangat disayangkan penyakit ini sangat sukar disembuhkan dan hamster mungkin tidak tertolong.

*Salesma
Salesma atau pilek pada hamster biasa disebabkan oleh udara panas atau penurunan suhu secara drastis.suhu yg ideal untuk hamster antara 18-22 derajat celcius.selain itu,selesma juga dapat ditularkan dari manusia.
gejala salesma dimulai dari hamster yg sering bersin dan kluar cairan dari mata dan hidung.lalu hamster terlihat lesu,matanya setengah menutup dan slalu terlihat bergelung (tidur) disalah satu sudut kandang.ada kalanya tubuh hamster akan terasa dingin jika disentuh.
slesma hrs segera diobati karena serangan yg lebih parah dapat menimbulkan radang paru2 dan akibat lebih lanjut dapat menyebabkan kematian.jika menunjukkan tanda2 slesma,hamster segera dipindah ke tempat yg lebih hangat atau di atas kandang diberi lampu.letakkan serbuk kayu sebanyak mungkin didalam kandang.hamster dapat diberi campuran susu,air,dan madu sebagai obat.dengan perawatan tersebut,dalam beberapa hari hamster akan terlihat membaik.

*Diare
Terjadinya diare dapat disebabkan konsumsi sayuran dan buah2an yg berlebihan dan terus menerus,perubahan jenis makanan secara mendadak,kandang kotor yg tidak dibersihkan,atau adanya bakteri.ketika menderita diare,bagian ekor hamster terlihat slalu basah,terutama di sekitar anus dan ekornya.karena hamster sering buang air maka kandang akan berbau tidak enak serta terlihat kotor dan basah.biasanya,bau kandang hamster yg sehat tidak menyengat dan kering.
Jika hamster terserang diare,perlu dikaji penyebabnya.
hal ini penting karena masing2 penyebab membutuhkan penanganan khusus.

1.Diare karena konsumsi sayur dan buah yg berlebihan
Penanganan hamster yg diare karena konsumsi sayur dan buah yg berlebihan sangat mudah.hentikan pemberian sayur dan buah sama skali dan ganti makanan tersebut dgn makanan kering khusus hamster.air minum dan botol khusus hrs slalu tersedia karena hamster yg menderita diare membutuhkan cairan lebih banyak.umumnya, kematian hamster yg diare disebabkan dehidrasi atau kurang cairan.dengan penanganan tersebut,kesehatan hamster akan membaik dalam 1-2 minggu.

2.Diare karena jamur
Serutan kayu yg jarang diganti dapat menjadi penyebab tidak langsung hamster diare.serutan kayu yg basah karena urin hamster akan ditumbuhi jamur Aspergillis.selain tumbuh pada serutan kayu bekas urin,jamur ini juga dapat tumbuh pada sayur atau buah makanan hamster yg membusuk.
Hamster yg terinfeksi jamur ini akan menunjukan gejala2 seperti lesu,sulit bernafas,gatal2 pada kulit,dan diare yg kronis.jika tampak gejala tersebut,hamster hrs dipisahkan dari kelompoknya.kandang tempat penyembuhan hrs sering dibersihkan,minimal sehari sekali.hamster perlu dibawa kedokter hewan karena umumnya diperlukan obat antibiotik (Baytrill) dan obat anti jamur (Griseofulvin).selain hamster yg sakit,obat jugadiberikan pada hamster lain yg masih sehat karena penyebaran penyakit ini sangat cepat.penanganan yg terlambat dapat menyebabkan hamster mengalami kematian.

3.Diare karena bakteri
Diare karena bakteri disebabkan oleh sejenis bakteri.penyakit ini dikenal dgn nama wet tail.penyakit ini bisa menyerang hamster yg berusia muda.penyebab utama penyakit ini adalah tingkat stres yg tinggi sehingga terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri yg biasa hidup di dalam usus hamster.hamster yg terkena penyakit ini menderita diare yg sangat parah sampai penampilannya sangat kotor,basah,dan disertai bau yg sangat menyengat.
Jika tampak gejala2 di atas,hamster hrs secepat mungkin ditangani karena biasanya dalam waktu 24 jam hamster akan mati bila tidak diobati.biasanya,sebelum gejala tersebut hamster perlu disuapi,sedikit deni sedikit air dimasukkan ke dalam mulut hamster dgn bantuan pipet.pertolongan pertama yg akan dilakukan dgn pemberian obat anti diare (Kaopectate) dan sedikit antibiotik.umumnya,hamster yg menderita wet tail ini mati karena dehidrasi.penyakit ini hanya menyerang hamster siria dan tidak ditemukan pada hamster2 mini.penyakit yg menyerang induk hamster siria dapat menurun pada anak2nya.

Comments (1) »

Barter Hamster dengan makanan/vitagel

Dear All,

terkait dgn meledaknya kelahiran Hamster saya, dengan ini saya mau menawarkan untuk barter Hamster saya dengan makana hamster atau vitagel..

berikut beberapa ketentuannya:

  • sepasang hamster(pearl/shafir) dibarter dgn 1kg makanan hamster(racikan/pabrik)
  • sepasang hamster(pearl/shafir) dibarter dgn 1 biah Vitagel
  • bisa Custom jg(sms/call saya)

NB: Khusus untuk WW Pearl garis abu2 & polos barternya only makanan pabrik(hamsfood/marukan,dll)/Vitagel..


demikian penawaran saya,  bila berminat langsng call/sms saya ke 0816784567

Area Barter:

LOKASI gw di JAKBAR,
transaksi barter dilakukan via COD hanya area berikut:
Free COD :
-CL
-Rumah duka abadi(rumah ane dibelakangnya)
-Indosiar

*\ diluar wilayah Free COD, brarti ada biaya COD…


Terima Kasih;

Leave a comment »