Masa Kelahiran Hamster


  • Hamster Syria 

Induk hamster Syria bisa melahirkan pada pagi, siang, sorel atau malam hari. Dengan kata lain hamster Syria tidak memilih waktu melahirkan. Sebelum melahirkan hamster syria akan menekan otot perutnya 2-3 kali dan mendekatkan tubuhnya ke dasar alas kandang. Tidak lama kemudian bayinya akan lahir satu per satu dengan jarak sekitar 10 menit dari induk akan memakan setiap plasenta yang keluar. Plasenta ini bentuknya seperti gumpalan kecil berwama merah.

 

Setelah proses kelahiran induk hamster syria akan meletakkan anak-anaknya di tengah sarangnya. Bayi hamster berukuran kecil dengan berat sekitar 3 gram per ekor. Jika bayi hamster tersebut keturunan”hamster bermata hitaml akan terlihat samar wama hitam di kelopak matanya yang masih tertutup. Jika berasal dari keturunan hamster bermata merah, wama mata pada kelopak mata yang masih tertutup tidak akan terlihat karena bola mata berwarna merah akan tersamar dengan warna kelopak mata. Bayi hamster lahir dalam keadaan sudah bergigi.

 

lnduk hamster yang baru melahirkan dan sedang menyusui tidak boleh diganggu apalagi bayinya disentuh dengan tangan. Jika dilakukan, induk hamster tidak mau lagi mau menyusui bayinya, bahkan bisa memakan habis anak anak yang baru dilahirkannya. Hal ini disebabkan adanya aroma lain yang menempel di tubuh anak hamster yang tersentuh tangan. Bau tersebut asing bagi induk hamster, sehingga induk tersebut menduga bahwa bau tersebut bukan bau anaknya. .

 

  • Hamster Mini Campbell

Waktu dan proses kelahiran hamster, campbell pada dasarnya sarna dengan hamster syria. Umumnya, setelah, betina melahirkan, jantan (pasangannya) membantu mengasuh anaknya. Bahkan, hamster yang lain pun turut membatu menjaga bayi hamster itu. Kondisr seperti ini dapat terjadi jika induk betina melahirkan di dalam wadah berpenghuni banyak. Jika ada dua ekor atau lebih hamster . betina melahirkan pada waktu yang bersamaan, mereka akan meletakkan bayi-bayi hamster tersebut dalam satu sarang dan induk-induknya menyusui bayi mereka secara bergantian. Namun, penulis tak menggunakan cara ini karena tidak ingin jantan membuahi betina yang sedang merawat anaknya. Setelah anak hamster campbell berumur 4-6 hari, biasanya akan muncul warna di kulitnya. Jika anak hamster tersebut keturunan hamster berwarna gelap, di kulitnya akan muncul warna kehitaman dan jika keturunan warna cerah, warna yang timbul adalah warna-warna yang lembut.

Pada hari ke-6-7 tubuh bayi campbell mulai memperlihatkan warna dan telinganya sudah membuka. Pada hari ke-9-10 tubuh bayi hamster mulai ditumbuhi bulu dan matanya mulai terbuka. Pada saat ini bayi hamster pun mulai merangkak di dalarn kandang dan induk betina akan mengembalikan mereka semua ke dalam sarangnya. Setelah berumur 14-16 hari mata bayi Iuimster terbuka penuh dan tubuhnya telah dilengkapi bulu. Pada saat ini induk betina.mulai menumpuk pakan untuk anak-anaknya.

 

  • Hamster Mini Winter White

Setelah hamil selarna 18-21 hari, hamster winter white betina melahirkan bayinya. Proses kelahiran ini berlangsung . dengan cepat dan jeda waktu kelahiran bayi hamster yang satu dengan yang lain hanya beberapa saat. Prosesnya sarna dengan kelahiran hamster campbell. Induk winter white secara naluri langsung mengumpulkan anak-anaknya di dalam sebuah cekungan yang telah dibuatnya. Biasanya, cekungan ini terletak di sudut kandang.

  • Hamster Mini Roborovski

Sebelum melahirkan, Roborovski betina akan -mengejankan otot perutnya 2-3 kali, kemudian berdiarn beberapa saat menunggu bayinya lahir. proses ini berlangsung sampai semua bayinya lahir. Setelah semua bayinya lahir, induk aktif mengumpulkannya dalam satu lubang atau cekungan tempat bersarang.

48 Responses so far »

  1. 1

    sonya said,

    gw mau nanya nich…gw punya 4 hamster ( 1cw+3 cwo ) dalam satu kandang yang sama.( ga tau lah jenis apa, pokoknya yang cwo 2 matanya merah, cwo yang satunya warnanya item pekat n yang cwe gendut doyan makan warnanya tau coklat tau abu2 deh). nah yang cwe gw bingung neh (…..doyan banget bunting..hwaaa).perasaan br sebulan yang lalu ngelahirin anak tp ga ketauan ma gw tau2nya anak2nya dah mati smua…eh baru kmrn malam ga tau lagi kapan buntingnya tau2nya berojolin anak lagi 6 ekor sekaligus (…busyeeeet) satu dah mati di makan ga tau tuh ama sapa lha orang gw ga pisahin kandangnya ama yang laennya seh..nah yang gw mau tanya niiiih…. gmn gw ngerawat anak2 yang masih pada meraaaahh ituuuu…..apa mesti gw campur ama emaknya??nah emaknya aja galak waktiu lom di pisah tuh anaknya di gigitin…gimana makannya anak hamster merah ituu bozzz? mohon jawabannya yaaa..thanks b4 nichh

    • 2

      wewe said,

      gpp asalkan Hamsternya sejenis Sist..
      mialnya tipe Hamster Campbell harus sma Campbell, n klo bisa dicampurin pada masa anak2/remaja(< 2bln)..

      thx

    • 3

      wewe said,

      untuk jenis2 hamster silakan masuk trid jenis2 hamster yang sudah kami upload sis,

      untuk perawatan bayi hamster,emaknya aja sis yang bisa.

      langkah2 sis hanya agar emaknya gag stress itu aja:

      1.lebih baik pas bunting emak dipisahin sama pejantan(kalo dilihat pejantannya baik2 sih gag usah gag papa)

      2.jangan diusik kandang emak yang lagi bunting/baru melahirkan lebih baik ditutup ma koran tuh kandang dan jangan keseringan diintipin ntar maknya stress,dan jangan sampai memegang bayi hamster dengan tangan telanjang,kalo mo pindahin pake sendok plastik sis

      3.makanan+minuman cukup(jangan terlalu banyak kuaci ntar menimbulkan obesitas dan gagal melahirkan)

      4.lebih baik dikasi rumah2an buat emak menyembunyikan bayinya agar berasa aman ^-^

      5.kasi vitamin hamster kalo ada🙂

      6,selama anak baru lahir sampe usia 2 mingguan kandang jangan sering dipegang atau dibersihin🙂

      mungkin itu saja sis yang bisa kami sarankan😉

  2. 4

    andika w said,

    saya mau nanya nih..hamster saya sekitar dua bulan yang lalu sudah melahirkan, dan sekarang sudah hamil lagi..apakah boleh kalo nantinya melahirkan lagi pada saat menyusui dicampur sama anak2nya yang lama? soalnya kalo harus nyediain kandang lagi agak repot juga..terimakasih..

  3. 5

    ami said,

    kk…mau tanya..hamster hamil taunya dr mana??

    • 6

      wewe said,

      bisa langsung diliat di artikel/thread masa 2 kehamilan Hamster Sist..
      klo ciri2 kasarx adl:
      1.perutx tambah gede(pastix)
      2.muncul puting2 susux
      3.agak sensitiv(galak)
      4.terkadang buat sarang buat ana2k..
      just myOpini, smoga membantu…

  4. 7

    renabernadet said,

    aku beli hasmter kaya wnter white api katanya mirip viper hasmter memANGNYA ADA ya?????

    • 8

      wewe said,

      waduh sory bozz, blom pernah denger Viper Hamster..
      yg pasti jenis2 hamster bisa di lihat di artikel “jenis2 Hamster”

  5. 9

    Chaqie said,

    Mau tanya nehh bosss,,
    Hammy guA ga tau kenapa nyerang pejantannya mulu…gila,,kasian banget,,awal nya mahh biasa ajah di satuin,,tapi lama2 nyerang mulu ne pejantan,,,
    waduuuhhh knpa yahh kira2????

  6. 10

    laurentia said,

    Mau tanya neeh….
    pitty q badannya bulat bangetz kyk bola….q kirain hamil tpi koq anaknya ndak keluar2 yahh….????? sebenernya hamil atau nggak seeh…>.<…..

    • 11

      wewe said,

      ehmm, udah di cek sesuai artikel saya blom apakah benar2 hamil atau obesitas(kegemukan)?
      di recek lagi sist..

      thx dh mampir..

      • 12

        laurentia said,

        ndak lamaan dikit seeh dah sebulan lebi dah ngelahiriin seehh….taapiii…. anakna matee semuwa… huwaaa…
        memangna hamster ituw bisa ngelahirinnya premature yaahh…
        jdi binun nieee….

      • 13

        wewe said,

        emankx sihams baru pertama ngelahirin?
        biasax klo perdana beranak suka bingung sendiri hamsterx gmn rawatx.. btw jantanx dh dipisah blom?

        klo hal tsb kurang tau deh, kykx ada kemungkinan..

  7. 14

    deasy said,

    Hamster aq baru lahiran tadi pagi 6 ekor, eh pas malem di cek kok anak nya dah g ada sich.. ?? Apa di makanin yach ?? Padahal kan si bapaknya dah di pisahin.. Hiks..hiks.. Jadi sedih dech :((

  8. 16

    Merita yusuf said,

    Hii aku hamsterku jenis campbell yg namanya michimoo baru ngelahirin aduh aku jd panik sendiri soalnya ga tau cara ngerawatnya..induk jantan aku pisahin kandangnya eh malah hyperaktif gitu kaya ga rela dipisahin.
    Terus rada panik jg takut banget anaknya pada mati..takut jg kalo anaknya ga disusuin ama induknya..jadi suka ngintip diem2 apa udah disusuin belum hihihi.

    • 17

      wewe said,

      tu pertama nglahirin ato gmn?
      serahkan saja pada induknya sist, pokokx jgn lupa kasih makan, minum, susu/vitamin hamster untuk induknya……..

  9. 18

    tamie said,

    mau nanya, hams ku udah 2mgu yg lalu melahirkan 3 anak, alhamdulillah gk ada yg dimakan, skrg masih nyusu ke induknya trus waktu ngelahirin ku pisahin ma jantan. n skrg aku bingung kapan bisa ku gabung jadi satu lagi si jantan ke kandang??

  10. 20

    Randy said,

    Hamstr q ad 5…3cwe 2cwo….
    Nah 2hamstr cwe keliatan puting susunya…tp 1perut nya gede 1ny nggak (tp bru keliatan td yg perutnya gak gede klw ada putingnya)
    Ngmong2 klw uda keliatan putingnya ap bnr itu hamil….?

    • 21

      wewe said,

      coba baca artikel saya dgn seksama lagi gan..
      sebelum tanda2 puting muncul(terlihat bgt), ada syarat yg harus terpenuhi ialah perutx gede n berisi(rasakan) ..

      thx dh mampir

  11. 22

    shinta said,

    tadi sore hamster saya baru saja melahirkan.karena sedikitnya ilmu yg saya punya dalam memelihara hamster.saya memindahkan anaknya memakai tangan.sampai malam jumlah nya masih tetap 5 orang.apakah si induk akan memakannya?

    • 23

      wewe said,

      gmn gan aoakah msih idup anak2?
      smoga masih..
      harusx si induk dh gk mau mengurus anakx bahkan membunuh, dikarenakan bau/aroma anakx sudah terkontaminasi dgn aroma tgn sist..

      thx dh mampir..

  12. 24

    pudjie said,

    aslkm,,,,,hiks awlny aq pny dua hamster nie, jntn+btina. tp ga lm yg jntan mati, eeeeh ga taunya btinanya branak 4 lg. dua hr mlahirkn,ga lm indukny mati jg. so yg sy bingungkan bgmn cr mrawat hamster yg yatim piatu,,,help me plisssss. mkciiiiieeeehhhhh,,,,

    • 25

      wewe said,

      waduh susah jg ya masih 2 hari dh ditinggal ibunya..
      saya jg belum pernah ngalamin kyk gtu.. kalo dikasi susu gmn dia minum?
      coba kasih susu(cair) kusus hamter, n jgn lupa taruh tmpt yg aman n hangat..

      thx atas sharex;

  13. 26

    ichal said,

    gini td pagi tgl 26 agustus 2010 induk hamsterku ngelahirin sektr 8 ekor tp pas gua prg jam 10 gua ksh makan setelah itu induk hamsterqu ngendus ngendusin nafasx.apa gak ngaru stelah aku pulang krja apa slamat anakx to kagak

  14. 28

    dian said,

    WW ku baru aja ngelahirin 5 ekor tp g mau ngurusin pdhl kandang udah aku pindah ke yg lbh kecil biar emaknya bs fokus sm anaknya tp ternyata sama aja… gmn ya ???? padahal ini lahiran perdana nya

    • 29

      wewe said,

      baiknya biarkan aja sist, jgn diganggu, disentuh, diliatin melulu ok.. n usahain suasan skitar tenang/jgn ramei..
      smoga baby hamsx idup smua..

      thx B4;

  15. 30

    labuu said,

    doakan bayi hammy ku sehat selalu ya..😀
    udah mati 2 nih.. mungkin karena lahiran pertama, saya dan ibu hammy-nya masih norak. senang🙂

  16. 32

    sherlie said,

    aku mautanya kalau hamsternya ekornya naik berarti dandanya apa?

  17. 34

    icuut said,

    hamsterku baru ajja lahir..trus anaknyamerah” gitu..
    aku udah pisahin sama ygjantannya,,trus aku harus gimnana lagi..soalnya hamsterkubaru pertama kali melahirkan & punya anak…
    apa yg harus aku lakuin yha???

    • 35

      wewe said,

      ya seperti biasa kasih mkan & minum+susu hams buat indukannya & baca artikel saya about cara merawat bayi hamster dgn baek;

  18. 36

    faris said,

    hi…
    hams ku udah ngelahirin tp emak’a ga mao menyusui gmana ya…???

    trus kalo hams ku yang pejantan ko di belakang bokong’a awt di bwh ekor kyk timbul benjolan ya kyak biji torpedo kambing gitu???

    tlg di bantu ya???

    tHXX

    • 37

      wewe said,

      baca artikel saya mengnai cara merawat bayi hamster, yg pasti segi suasana skitarnya tengan & sehat, jgn di ganggu apalagi dipegang bayinya(intinya jgn bikin stree indukx) & jgn lupa kasih susu khusus hams//

  19. 38

    nabila said,

    gw mau nanya gw punya hamter roborvski cuma kemaren bulunya basah gitu trus bau kenapa yaa/

  20. 40

    Mulan Azkiah said,

    mau nanya nich….kan aku punya hamster jenis panda ada 6 nah trus dikasih 2 hamster sama saudara truss aku gabungin dlm 1 kandang kok dia berantem sih???
    nah ini yg jadi pertanyaan gimana cara biar hamster gk berantem kalo digabungin??

    • 41

      g3mbulzone said,

      bntar lagi ane mau buat artikel baru tengtang tatacara gabungin hamst. ditunggu ya..
      yg pasti harus sejenis ya, n cowoknya harus lebih gede drpd wanitanya..

  21. 42

    misukhi l hiroyuki said,

    gan mau tanya hamsetr syrian ane udah hamil 2 minggu lebih tapi ampe sekarang belum berojol jga kenapa ya gan , ama yg cambell juga sama..
    mohon di jawab gan ..?

  22. 44

    lanasitumorang said,

    Hamster saya induknya meninggal sekitar 1hari
    gimana crabnya merwat ya?

    • 45

      g3mbulzone said,

      wah susah gan klo baru 1hari induknya mati, spa yg menyusui? kita gk da alat canggih buat hamster buat ngasih asupan makanannya😦

  23. 46

    fajar sidiq said,

    mo nanya nih.qu punya hams robo jantan,ww betina,n campbell betina.trus si ww betina malah dah hamil.apakah anak dari hamster tersebut akan memiliki kelainan ?

  24. 47

    Faras Ilhamsyah said,

    klo keturunan mata jantannya hitam tuz klo mata betinanya merah,, warna mata anaknya apa yaa?
    Ty🙂

  25. 48

    nabilla said,

    kemarin hamsterku melahirkan,tapi anaknya 2/1. trus mati semua!!! beli lagi dech saking kangennya! terus malahirkan anaknya sm jg sprti tdi. berulang2. padahal itu hamster baru lo!!! jdi gimana? bingung jg biasanya yg normal smpai 6/9 . mungkin ada faktornya ya? balezz y please!!! kejadiannya berulang!!!


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: