Perlakuan terhadap Hamster Hamil


Perlakuan terhadap hamster yang hamil berbeda dengan perlakuaan terhadap hamster yang tidak hamil. Beberapa hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan sebagai berikut.

 

  1. Hamster yang sedang hamil harus diletakkan ke tempat yang telah disediakan agar calon induk dapat membangun sarangnya dan menunggu kelahiran bayinya dengan tenang tanpa gangguan.
  2. Memisahkan betina hamster yang hamil dari jantannya agar hamster jantan tidak membuahinya lagi. Jika hamster jantan tetap membuahi akan terjadi kehamilan bersambung, yakni betina akan hamil lagi, tidak lama setelah melahirkan. Hamster betina yang mengalami hal seperti ini sering mengalami kematian karena gagal melahirkan anaknya atau mati dalam keadaan hamil akibat jarak kehamilan yang terlalu dekat dan kondisi fisik yang belum sempat pulih.
  3. Memberikan asupan gizi yang cukup dengan menambahkan bubuk susu atau putih telur yang direbus ke dalam menu pakannya. Putih telur banyak mengandung protein dan sangat baik bagi kesehatan ealon induk hamster dan bayinya.
  4. Memberikan sedikit irisanbuah apel yang dapat ditambahkan bubuk susu setiap hari.
  5. Mengganti alas tidur dengan ketebalan yang cukup pada hari ke-14.
  6. Memindahkan atau mengeluarkan semua mainan dari dalam kandang dan menempatkan kandang di temp at yang tenang.
  7. Hamster betina boleh dijodohkan kembali setelah beristirahat selama 1-1,5 bulan setelah anak-anak yang dilahirkan disapihnya.

48 Responses so far »

  1. 1

    ochin said,

    wah wah,
    berarti butuh kandang baru donk😦
    trus bisa di-KB ndak, haha😀

    lalu aku mau tanya,
    umur hamster rata2 mencapai berapa tahun? (untuk hamster yang wajar dan sehat)
    jadi ntar sebelum usia mendekati ajal, buru2 deh dijual, wekekekke..😀

    • 2

      wewe said,

      iya baru, but gk perlu belikan? buat ja kandang sndiri kardus ato ember/bak mandi yg kecil..

      untuk masalah umur, itu tergantung jenisx ada yg 1,5 – 2 thn; 2 – 2,5 thn; 2 – 4 thn; n 2 – 4 thn.. yg paling lama Umurx tu Hamster Roborovski, untuk lbih jelasx liat di categori- Jenis-jenis Hamster..

    • 3

      wewe said,

      cara KBnya sangat mudah.pisah ranjang aja :p
      umur maximal mencapai 4 tahunan

  2. 4

    waduhh,,,aq taunya telat,,,abiez,,tiba-tiba hamster q gendut pas esoknya udah ada anak (jd gg tau dia bunting apa engga) dikasih susu iya,tapi apel sama telurnya engga tuh! abis lahir,anaknya bisa di makan ibunya ga???apa gg apa kalau anaknya sama ibunya disatuin terus?? (soalnya rata-rata aq denger ibunya suka mkn anaknya)

  3. 5

    laurentia said,

    kk mau tanya neehh hamzter ku duluw badannya ukurannya normal tpi koq skrng badannya jdi kecil banget kyk liliput end pantatnya meneluarkan cairan….sebenernya hamzterqu knpa seehh…. ~_~
    plizz jawabannya……..

    thankz…..

    • 6

      wewe said,

      ehhmm, kondisi kandang dh sehat blom sist, makanan yg diberi bergizi bagi si hams gk, saran gw coba kasih vitamin hamster, karena vitamin menambah nafsu makan n menambah kekebalan tubuh dari serangan virus ato penyakit..

      thx dh mampir;

    • 7

      wewe said,

      Udah tua kali sist;
      Coba kasih vitamin & susu khusus hamster, bila kurang yakin periksakan ke dokter hamster…

  4. 8

    Saras said,

    Mnk hamster hamil pas umur berapa bulan
    hummy q lum hamil we,padahal umurnya udah 4 bulan lebih..
    Q juga ngga pernah liat mereka lagi kawin

    • 9

      wewe said,

      normalx buat hamster campbell & WhinterWhite 3-4 bulah harusx dh bereproduksi
      klo Roborovski agak lama skirat 6-7bln..
      coba cek dulu apa hamster kalian beda jenis, kalo mank dh benar cewek cowok; silakan perbanyak konsumsi TOGE..

      thx dh mampir

  5. 10

    bunga said,

    . mw tnya nih .. hmster btina q mnnjukan cri2 hmil , mwX sih tk psahin dri yg jntan .. tp mlah kliatan g sehat .. jeruji kandangX di gigit2 gtu .. kea stres .. yg jntan jga gtu .. akhirX q balikin agy 1 kndang .. trus k2X dh g gtu agy .. bsa g y klo mreka g usa q pisah ? n aq bru2 ini tw dy hmil .. ad g cara bwt nyri tw usia khamilan , n ad g hrapan dy untuk nglahirin nrmal ? thanks ..

    • 11

      wewe said,

      hal tsb dianjurkan pada saat hamster ge melahirkan, kalo masih hamil jgn dulu ntar dmpaknya strees…
      bisa aja gk dipisahin,but untuk melahirkan perdana siharuskan dipisah takutx ntar keganggu sma si jantan, effect ntar gk mau merawat anak2x..

      thx dh mampir,,,

  6. 12

    manggala said,

    bro, cara bedain mata ruby n mata normal tuh gmn ya?
    ane dapet anakan pearl red eyes, tp kok lama” matanya jadi kehitaman ya?
    apa ada kejanggalan ya?

  7. 14

    mo" n mu" said,

    hmm…
    Klo hams yg 3 wrna bsa g’ d kawinin ma hams mini ?
    Kykna dya udh mulai kawin,cz brggelut smpai mengeluarkan bunyi …
    B-)
    Truz gmna cara nentuin jantan to betina na ?
    :))

    • 15

      g3mbulzone said,

      hamster 3 warna itu jenid apa? sebaeknya kawinin sesama type gan(Syirian-Syirian; Campbell-Campbell; WW-WW)

      baca artikel saya di”Hasterku Cowok atau Cewek?”

  8. 16

    sony said,

    mas,mau tanya nich..
    hamster’q syria..nie sekarang hamil..
    tapi dia g mau makan,udah lama sich hamilnya…dah kkasih vitamin juga..tapi tetep g mau..g mau makan ma g mau makan vitamin itu..
    gimana nich..takutnya sakit ntar trus mati

  9. 18

    Q-kie said,

    mau tanya ni. tanda nya hamster hamil itu kaya gimana yah…

  10. 20

    rico said,

    KK mau tanya yah…??? kalo ngebedain hamster yang sudah pernah malahirkan sama yang blom pernah melahirkan, gimana yah..??? soalnya saya kemarin beli hamster, hamsternya besar banget alias gembul, kayak yang lg hamil…kata yang punya sih dia bilang hamster anakan, hamsternya jenis GRE trus dia bilang juga umurnya sekitar 4 bulanan.

    jadi tolong kasih pencerahan yah…

    makasih…

    • 21

      g3mbulzone said,

      wah great question bro, ane jg blom tau mana yg dh lahiran sma belum sperti susah bedain mana yg masih prawan ato belum(manusia aje susah bedainnya) hanya satu jawabannya adalah KEJUJURAN..:D
      maybe bisa di liat dari umur gan, kalo lebih dari 3bln pasti kemungkinan besar dh kawin n melahirkan..

  11. 22

    danang said,

    .gan ane mau tanya nih..
    .hams ane thu perutny klo di pegang kug keras trz agresif pgn gigit jari ane gtu deh,ap itu termasuk hamil apa belum ya ??
    .ane masii ragu nih…

  12. 26

    veekha said,

    ehm q mau tanya ni,kan q beli indukan hamster baru,tp kq pas q satuin mreka malah kayak berantem getho,trus tidurnya juga pisahan,pa mereka gak cocok ya??gmn cara nya biar tau mreka dah kawin pa belum??

    • 27

      g3mbulzone said,

      Untuk menggabungkan Hamster yg bukan satu saudara/kelahiran:
      ada syarat n ketentuannya:
      1.Harus satu jenis(campbell–campbell ; WW–WW; Syirian–Syirian).
      2.Hamster yg Cowok harus lebih tua n besar fisiknya(agar bisa naklukin se betinanya bri/sist).
      tidak disarankan didalam satu kandang ada 2 cowok satu cewek, klo polygami masih bole,,😀

  13. 28

    Aprill said,

    Aq mw tny ney, hamsku bru ngelahirin,truz ank’a mati dsemutin😥,,
    Tdinya dipisah ma yg jantan,
    Skrg disatuin,, hamsnya bole hamil lg g?
    Jraknya 1hr stlh lahir ank’a mati.

    • 29

      g3mbulzone said,

      turut sedih ya sist, jgn lupa siapin kamur ati semut n kecoak..

      boleh kok selakan di gabung biar beranak lagi..

  14. 30

    alldi said,

    astaga udah ke dua kalinya nih hamster qu begini,pasti ujung2nya mati2 juga nih😥 ,
    gmna ya caranya kalau hamster lemas agar sehat lagi

    • 31

      g3mbulzone said,

      banyak faktor bro, yg terpenting harus jaga kebersihan & kesehatan kandang maupun hmasternya,, untuk hamster kasih viyamin n susu khusu hams, jgn lupa ajak hamster berolahraga dgn jogging wheel dll..

  15. 32

    farhan said,

    kk,aku mw tanya,kmrn lusa hammy campbel ku melahirkan . anaknya ada 5 ekor.trus g mana biar anak2 hammynya pada hidup smwa?trus gimana juga untuk menormalkan kmbali brat badan hamster yang kurus n pasca-melahirkan

  16. 35

    elin said,

    hehe,. ad jg blok yg nma x sma kyk hamz q yk,.:)

    O ya, mw nnya,. aperti pnanya prtama, yg gag tw khamilannya tw2 ada hamz babynya,. trus q pisah ma yg jntan, jadi tinggal si ibu hamz ma ke 3 anaknya. tapi setelah sehari q tinggal d kandangnya, wktu q cek lagi kok tinggal 2. Waduh khwatir d mkan ma ibu nya.,, gmn cranya bayi yg tgal 2 nyu tetap bs hdup dgn selamat,..biz msh merah n kecil bgt. khwtir d mkan ibunya lgi. tp klo d pisah dri si ibu, bingung ksih mkan babynya gmn??. tlg ksh solusi yk :,

    • 36

      g3mbulzone said,

      di artikel saya ada cara merawat bayi hams dgn baek, yg pasti buat ketentraman & kenyamanan buat induk dlm masa menyusui si bayi hams…

  17. 37

    Saya gak tau hams saya hamil atau gak…tapi mereka berantem mulu..sementara ini saya pisah dulu…apa tindakan saya benar? trus makanan yg baik buat hamster pa ya? trus susuny susu apa?makasih

  18. 39

    kunyil said,

    Bro,hams ku yg cwe kok stiap ada makanan dsmbunyiin ya,,beda ma yg cwo. . .aq tw nya pas bresin kandang. . .tiap bresin pasti ada makanan utuh btumpuk d rumah2annya. . .trnyata si cwe yg naro
    Pantes nda gemuk2,,jarang dmakan sich. . .nda kea yg cwo gemukkk. . .itu normal kah bro? Mohon pencerahannya

  19. 40

    Alexandria said,

    ɑ̤̥̈̊ќƱ punya hamster dari jenis camphel,kta suamiku kya £̥̥̲̣̣̣ɑ̣̣̝̇̇g̲̣̣̣̥ȋ̝̊̅̄ hamil soalna bdana gndut bgd..tapi ˚k☺k˚ udh hampir 2bln ƍäª lahir2 Чαα tp galak bgd mirip hummy hammil eh td nyakhn ɑ̤̥̈̊ќƱ kandangin sndri berhubung ƍäª lahir2 ɑ̤̥̈̊ќƱ campur sm hammy roboku yg masih baby jg skitar 3mingguan eh diluar pngawasanku baby hummy na Ϋά̲̣̥Ωƍ lutcu malah dibunuh ama si camphel ɑ̤̥̈̊ќƱ bnr2 ƍäª nyangka n nyesel nglepas si camphel akhirna camphel ɑ̤̥̈̊ќƱ kasi pnjual hammy £̥̥̲̣̣̣ɑ̣̣̝̇̇g̲̣̣̣̥ȋ̝̊̅̄ ajja abis bkin ɑ̤̥̈̊ќƱ ksel..

  20. 41

    damar akbar said,

    Q mau tanya hamsterku ciri-cirinya pert buncit kyk pir,kalo si jantan mau kawin lg dh gx mAu,puting susunya terlht membesar tp dia gak galak apakah itw ciri-ciri hamster hamil???
    Thanx’s

  21. 42

    Audreee said,

    Ka mau tanya hams aku abis melahirkan kok gendut ya? Takutnya hamil bersambung nih. Trs nanti mati deh;'( gaada yang nyusui anaknya;'(

  22. 44

    selly yunia agrippina said,

    hmmmmm..

  23. 46

    andi ahsan said,

    susunya yang cair atau yang bubuk ?

  24. 47

    aq mw tny ne, klw hamster cowo mata.x ruby (satu merah en satunya lagi hitam) itu wajar g sih? penyebabnya ap? soalnya dulu waktu umur 4 bulanan mata.x msh sama hitam.x.
    truz klw pny ank, ap ad kmgkinan ank.x bs ruby jg?
    mohon pencerahnnya y? ^^


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: