Sekali lagi aq BUKAN TiKuS!!


Apakah Hamster Itu?

Hamster adalah binatang kecil yang termasuk dalam ordo Rodentia. Artinya, hamster termasuk dalam kelompok binatang pengerat seperti halnya kelinci, marmut, dan tikus. Walau demikian, orang – terutama di Indonesia – sering salah menyebut hamster sebagai tikus atau marmut. Tentu saja ini SALAH, karena mereka jelas berbeda. Dibandingkan tikus, hamster memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat, berbulu (tikus nyaris tidak berbulu), memiliki aneka warna bulu, serta ekor pendek,  tertutup bulu n tidak JOROK. Dibandingkan marmut, jelas hamster memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil.

 

white face robo

Roborovski white face

Berikut adalah taksonomi hamster:

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Rodentia
Sub-Ordo: Myomorpha
Superfamili: Muroidea
Famili: Cricetidae
Subfamili: Cricetinae
Fischer de Waldheim, 1817

 

Hamster bukanlah binatang asli Indonesia. Kebanyakan hamster berasal dari daerah sub-tropis sebelah utara, terutama sekitar Rusia, Mongolia, Cina bagian utara, dan Siria. Ada banyak ragam hamster di dunia. Walau demikian, hanya ada 4 jenis hamster yang umum dipelihara di Indonesia, yakni Hamster Siria, Hamster Campbell, Hamster Winter White, dan Hamster Roborovskii. Ada beberapa orang yang menyebut Hamster Cina. Hamster ini tidak populer di Indonesia dikarenakan proses pemeliharaannya yang tidak mudah, serta perkembangbiakannya yang relatif sulit.

Awalnya hamster digunakan sebagai binatang media percobaan di laboratorium. Seiring berjalannya waktu, hamster mulai dikenal sebagai binatang peliharaan. Wajah hamster yang lucu dan menggemaskan membuat banyak orang terpikat. Selain itu, memelihara hamster juga memerlukan usaha yang sangat minimal. Pemilik hamster cukup menyediakan aquarium, serbuk kayu untuk media tidur dan penyerap kotoran, botol minum, serta makanan yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan gizi hamster. Semuanya sangat mudah.

Tidak semua jenis hamster mudah dipelihara. Pengetahuan teknis untuk memelihara hamster mutlak diperlukan. Beberapa jenis hamster, seperti Campbell mengenali lingkungannya dengan mencicipi (menggigit) untuk orang yang belum paham betul dengan perangai Campbell, bisa dipastikan akan sering digigit. Gigitan hamster tidaklah berbahaya, walaupun seringkali mengakibatkan tangan berdarah.

6 Responses so far »

  1. 1

    Arbain said,

    Paermisi npang tanya. So q msh pmula piara hamster…gni q pnya hamster jenis campbeall… Q bingung. Hammy q tn lgi hamil trus entr lo ankx dh lahir. Bpa nya hrus d pndah k kndang laen pa ga. Ada yg blang lo bpax ngebntu ngerawat bayi nya. Tp lo tetap di satuin entr dia ngawinin hammy yg bru ngelahirin. Jd ankx bsa ga k urus dc. Jd yg pling baik tu gmn. Tlong d jawab please…thanksx

    • 2

      wewe said,

      Dear Arbain, SBB
      Sebaikx jantax dipisah pada saat indukx melahirkan untuk menghindari sgala hal yg tidak diinginkan sperti bayix dimakan bapakx ato bapakx mengkimpi indukanx shingga menimbulkan si induk tdk berkonsentrasi mengurus di bayix..
      Apalagi untuk hamster campbell yg notabene galak n menurut survei kebanyaka sering mkn bayi2 sndiri jika tidak dipisahkan..

      Thx dh mampir;🙂

  2. 3

    ratih ardi rahayu said,

    ehm knapa ya hamsterku y6ang jenis siria n cambell tu dkasih makan apa2 semuanya masuk tidak sakit ehhh malah gemukkkkk
    bgus gak tu????

  3. 4

    zidaneaditya said,

    Tikuz klas dan ordonya apa kk???

  4. 5

    rabuandy said,

    kk…ku punya hamster..jenis siria…bru beli sekitar 1 minggu..kmren..apa kemungkinan hammi que…ge hamil ya..wlau ga glak sich,tpi puting susu ‘x udach mlai k’liatan…perut x juga ga terlalu buncit…apa ke mungkinan hammy gue hamil


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: