Tips untuk Pemula


Memelihara Hamster untuk Pemula 

 

Banyak orang tertarik untuk memelihara hamster karena jatuh cinta pada pandangan pertama. Biasanya kita tertarik pada hamster karena wajahnya yang lucu, bentuk tubuhnya yang mungil, tingkah lakunya yang menggemaskan, dan tentu saja, karena hamster bukan tikus!🙂 Lalu, setelah jatuh cinta, biasanya kita kebingungan apa yang harus kita lakukan kemudian supaya hamster bisa menjadi sahabat kita.

 

Sebelum Membeli

  1. BoroSepele: Pastikan seluruh anggota keluarga bisa mencintai hamster. Tidak semua orang bisa menerima kehadiran binatang di dalam kehidupannya. Walau demikian, memang memelihara hamster memiliki berbagai keuntungan, diantaranya: perawatan mudah, tidak berisik, ongkos pemeliharaan relatif murah, dan terdapat beragam jenis hamster yang dapat dipilih – tentunya dengan harga yang beragam. Mengapa kesiapan mental untuk memelihara hamster perlu? Perlu diingat, hamster yang kita pelihara nanti tidak bisa mencari makan sendiri. Oleh sebab itu, minimal kita perlu untuk rutin memberi makan dan minum. Jika seluruh anggota keluarga tidak memiliki kesiapan mental untuk belajar memelihara hamster, biasanya akan berujung pada kematian hamster karena ketidak-tahuan pemilik.
  2. Adakah anggota keluarga yang alergi terhadap bulu hewan? Pertanyaan ini penting. Beberapa orang tidak tahan terhadap bulu hewan dan bisa mengakibatkan reaksi alergi. Untuk pengidap alergi (kasus ini jarang terjadi dan baru tercatat di Inggris dan Amerika), mohon berhati-hati terhadap hamster siria berbulu panjang. Dalam beberapa kasus, pengidap alergi tidak tahan terhadap hamster siria bulu panjang. Jadi, pada waktu membeli coba pegang hamster siria bulu panjang tersebut. Bila menimbulkan reaksi alergi, sebaiknya memelihara hamster siria bulu panjang hanya untuk dilihat, bukan dipegang. Normalnya, bulu hamster tidak akan rontok asal suhu ruang terjaga (sekitar 25 derajat Celcius). Diatas suhu kamar tersebut, bulu hamster dapat rontok dan dapat menjadi masalah serius bagi pengidap asma. Asalkan suhu ruang terjaga, hal ini tidak akan menjadi masalah. Penulis artikel ini memiliki penyakit asma dan sampai artikel ini ditulis belum pernah kambuh karena bulu hamster.
  3. Beli di petshop atau peternak yang baik. Hamster sebenarnya relatif mudah berkembang biak. Oleh sebab itu, ada beberapa peternak yang secara tidak bertanggung-jawab asal mengembang-biakkan. Akibatnya, banyak hamster yang genetikanya berantakan. Jika hanya pencampuran warna, ini tidak masalah. Namun sering kali terjadi perkawinan antar spesies, yang umum terjadi biasanya hamster champbell dikawinkan dengan hamster winter white. Makan penting untuk mengetahui jenis-jenis hamster, supaya tidak mendapatkan keturunan yang asal-asalan. Perkawinan antar spesies jugab beresiko untuk mendapatkan keturunan berikutnya yang cacat. Untuk referensi, dapat dilihat pada daftar peternak dan petshop yang telah disertifikasi oleh Klub Hamster Indonesia. Selain itu, dapat dilihat pada tempat penjualan, jika cukup terawat, kita bisa membeli di tempat tersebut.
  4. Anggaran dan biaya. Beda jenis hamster, beda harga. Kadang hamster dengan warna sama dijual dengan harga yang berbeda di tempat yang satu dan lainnya. Jangan terpancing oleh harga murah. Peternak yang baik biasanya justru tidak mau banting harga, karena untuk mempertahankan kualitas hamster bukanlah pekerjaan mudah. Selain itu, pikirkan biaya bulanan untuk memelihara hamster. Biaya bulanan untuk serbuk kayu dan makanan untuk sepasang hamster biasanya sekitar 30.000 – 50.000 per bulan. Bisa juga lebih jika kita menghendaki segala sesuatunya ekstra mewah untuk hamster kita.
  5. Tentukan tujuan memelihara: ingin hamster berkembang biak atau tidak? Tujuan ini penting ditetapkan sejak awal. Umur hamster rata-rata bisa mencapai 2-4 tahun, tergantung perawatan dan jenis. Masa subur hamster dimulai sejak umur sekitar 4-6 bulan. Selama dipelihara hamster bisa melahirkan 6 kali, dengan tiap kelahiran antara 3-15 ekor (rata-rata 6-8 ekor, untuk roborovski rata-rata 4 ekor). Dengan demikian, dalam satu masa hidupnya, hamster bisa melahirkan kurang lebih 6 x 8 ekor = 48 ekor! Jika kita tidak berniat untuk menjadi peternak, sebaiknya hanya memelihara hamster dengan jenis kelamin yang sama, untuk menghindari perkawinan. Jantan atau betina? Pada prinsipnya sama. Namun KHI lebih menyarankan untuk memelihara jantan. Mengapa? Karena hamster jantan lebih toleran terhadap sesamanya dan tidak agresif.
  6. Mau spesies apa? Di Indonesia ada 4 spesies hamster yang umum dipelihara, yakni hamster siria (Mesocricetus auratus), hamster champbell (Phodopus champbelli), hamster winter white (Phodopus sungorus), dan hamster roborovski (Phodopus roborovskii).
    • Hamster siria memiliki bentuk tubuh yang paling besar sekaligus paling cepat dijinakkan. Hamster siria juga gerakannya lambat dan jarang menggigit sehingga cocok untuk dipelihara anak-anak. Perlu diperhatikan, karena memiliki badan yang lebih besar, berarti membutuhkan kandang yang lebih besar dan makanan yang lebih banyak. Catatan penting untuk hamster ini: status vulnerable (terancam). Pastikan hamster ini tidak akan mati sia-sia di tangan Anda.
    • Hamster champbell termasuk dalam hamster mini. Termasuk hamster yang agak susah dijinakkan. Hamster ini mengenali lingkungan sekitarnya dengan menggigit kecil alih-alih untuk mengicipi. Jadi wajar jika hamster jenis ini sering menggigit jari kita. Walau demikian, jika sering dipegang, hamster ini tidak akan menggigit tuannya lagi. Hamster ini memiliki variasi warna yang paling banyak.
    • Hamster winter white memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan champbell. Winter white adalah saudara dekat champbell. Sering kali jenis ini dikwainkan oleh peternak dengan hamster champbell. Hal ini bukanlah tidakan bijak. Anda juga sebaiknya tidak mencampur hamster champbell dengan winter white. Tindakan ini hanya akan merusak kode genetik asli pada hamster. Mengapa disebut winter white? Karena pada musim dingin (di Indonesia musim hujan; sekitar bulan Desember sampai Februari) hamster jenis ini warnanya akan cenderung berubah keputih-putih-an. (Winter White = turn into white on winter). Hamster jenis ini jarang sekali menggigit, namun harnganya biasanya lebih mahal. Jika memiliki anggaran yang cukup besar, hamster jenis ini cocok dipelihara untuk anak-anak.
    • Hamster roborovski memiliki tubuh yang paling mungil namun larinya paling cepat. Jika terlepas, hamster ini relatif lebih sulit ditangkap. Hanya ada 2 variasi warna: normal dan white face. Hamster jenis ini memiliki kumis yang sangat banyak. Roborovski white face memiliki wajah dan warna bulu yang jauh lebih putih dan terang dibandingkan roborovski normal. Hamster jenis ini tidak disarankan untuk pemula.
  7. Boro n HummYKandang dan perlengkapan. Untuk memelihara hamster tidak diperlukan kandang khusus. Untuk mengetahui spesifikasi kandang dapat dilihat di halaman berikutnya.
  8. Transportasi hamster. Pikirkan bagaimana hamster akan dibawa pulang. Ingat: hamster tidak tahan panas, angin kencang, dan air. Jadi, selama perjalanan, pastikan hamster terhindar dari ketiga hal tersebut. Waktu yang baik untuk membawa hamster adalah pagi, sore, atau malam hari. Tidak disarankan untuk membawa hasmter pada siang hari. Usahakan pada saat cuaca cerah. Lebih baik jika membawa hamster menggunakan kontainer khusus dimasukkan tas kain yang di dalamnya diberi es batu untuk menjaga suhu tetap stabil dan dingin.

25 Responses so far »

  1. 1

    Jun said,

    bos mau tanya nih…
    saia punya hamster 2 tapi ga tau jenis apa
    karna emang di kasih oleh saudara
    ciri”nya kecil di punggungnya bergaris dari ujung kepala hingga ekor
    bola mata berwarna merah
    sering gigit barang di sekitarnya juga termasuk tangan orang2 yg deket
    mohon pencerahannya gan

  2. 3

    derry rochiadi said,

    kalau saya mau beli kandang sama hamster yang bagus dimana??? yang cocok buat hamster untuk anak umur 2 thn jenis apa???

    • 4

      wewe said,

      di G3mbulzone kualitas Hasmterx baguz2, klo kandang di petshop banyak..
      saran saya beli hamster WW aja soalnya jinak n gk gigitan baguz buat dipelihara anak kecil..

  3. 5

    lya said,

    sebelum ini aku pernah pelihara, tapi gagal alias wafat karena kegemukan (salah pola makan). 3 hari yang lalu aku nyoba pelihara lagi, tapi kenapa ya?tiap hari hamsterku yang betina tu gelisah terus pengen kabur? pa dia lagi stress ato lagi masa kawin? coz hbs kubawa pulang dr pet shop mereka ribut banget…kaya lagi bergumul gitu dalam kandang…trims…

    • 6

      wewe said,

      tu beli sepasangkan sist?
      coba diliat aje klo hasil dri bergumul/tengkar tu ada luka ato berdarah berarti tu hams berantem, klo hasilx bunting ya kawin;

      biasanya klo hamster jantan n betina pasti kawin jarang berantem;

      thx dh mampir;

  4. 7

    dyth dezt like hammy said,

    minTa no tlpnya dunkz gan?
    oea..jual indukan g?
    w pent kembang biakan tu hammy. biar populasi nyah tmbh bnyk .

  5. 9

    ana said,

    gw pnya hamsters jenis champbell…sepasang…
    kl yg cwe dy g pernah gigit gw….tapi yg cwo it sukanya gigit…dah gt kl tangan gw msk k kndangny pasti tgn gw d incer buat d gigit…dah gt knapa y yg cwe lbh doyan makan ketimbang yg cwo???

    • 10

      wewe said,

      kebanyakan Hamster campbell memang galak kpd sesuatu yg dia tidak kenal/asing, saran saya agar slalu berusaha kenal lebih dekat dgn dia dgn cara beri makan pakek tangan ato kasih vitagel pasti siCampbell klepek2..:D
      mungkin tergantung nafsu makannya,but pada dasarx Hamster Campbel suka makan..

      thx dh mampir..

  6. 11

    mamanya gendis said,

    masih jual hamster ga? yg jinak buat anak 1 taun, jd bsa dipegang2 n ga gigit

    pesennya gmna ya?

    • 12

      wewe said,

      massih,sorry kalo anak dibawah 7 thoen ane gk jual, apalagi masih setahon takutnya hamsterx mati n bisa membahayakan anak tsb..

  7. 13

    RIRIS said,

    kalo winter dikawinkan ma tipe panda gmana?

  8. 15

    eka said,

    ak mau tanya nic ak udh pnya hamster 2 tp mati satu gra2 di gigit am kucing,tinggal atu dech..klu hamsternya cuma satu kir2 kesepian gak ya?bis bertahan hidup gk?..

  9. 16

    eka said,

    ak mau tanya lg nich,hamsterku suka banget makan tauge dari pada minum,gmana nich ? dia gk mau minum dia maunya makan tauge, bahaya gk buat kesehatan hamster….

  10. 18

    Sidiq_dn said,

    kk, aku mau nanya, kq campbell panda jantan ku skg kbanyakan tidur y n dia kaya’a kgendutan gtu, gmna cara ngatasinnya ya?
    Trus yg betina juga ikut”an tidur mlu, tpi msh mndingan, dia gk gemuk, pdhal pas bru bli aktif bgt, tu knapa ya??
    Mhon bantuannya,,

    • 19

      wewe said,

      berisi & gemuk/obesitas beda tipis, kalo berisi/sehat itu bentuknya mirip atu bisa dibilang sma yaitu gede/besar; & perbedaannya terdapat pada activity hamster tsb kalo aktif & suka olahraga/jogging wheel tu brarti hams berisi/sehat, kalo males ngapa2in tu hamster akan obesitas/obesitas..
      terkait info activity hamster lo kurang lebih hamster lho bisa menuju obesitas, CMIIW
      solusi/obat, tolong dijaga mkannya hindari makan kwaci/kacang tanah yg berlebih karena maknan2 tsb mengandung banyak lemak, usahakan kasih yg biji-bijian(kedelai,beras,kacau ijo,dll);
      step 2: kasih vitamin khusu hamster agar hamster tsb bisa lebih aktif dan jgn lupa panking hamster tuk olahraga(jogging wheel)..
      sekian saran saya, thx dh mampir;

  11. 20

    artha said,

    Bos sya boleh minta pin  gag…
    Saya pngen tw cara2 u/ merawat dan memperkembang biakan hamster yg baik dgn benar..
    Thx

  12. 21

    husna said,

    hamster online ini adanya di mana aja ya.? ada gak yang di daerah bogor.? soalnya saya tinggal di daerah bogor nih

  13. 22

    ristadt said,

    tidak tahan air ya..? terus buat mandiin hamster gimana tuh? kata orang-orang hamster mandi ntu pke pasir. help?

  14. 25

    Excellent post. I was checking constantly this blog and I’m
    impressed! Extremely helpful information particularly the last part🙂 I care for such
    information a lot. I was seeking this particular info for a long time.
    Thank you and best of luck.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: