Diet dan nutrisi untuk hamster


Diet dan nutrisi untuk hamster

Jika Anda memiliki seekor hamster, Anda akan mengetahui kalau hamster itu sangat senang makan ! Di alam, hamster memakan makanan yang beraneka ragam, termasuk biji bijian, akar tanaman, serangga dan bahkan binatang kecil. Untuk tetap menjaga agar hamster Anda senang dan sehat, dia perlu diberikan aneka makan terpilih yang bermutu baik.
WAKTU NYA MAKAN ^__^

Hamster membutuhkan makanan yang fresh setiap hari nya dengan dosis yang cukup. Ada 2 teori yang mengatakan kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan; di pagi hari atau di sore / malam hari. Salah satu pihak mengatakan untuk memberikan makan di malam hari, karena pada malam hari lah mereka bangun dan beraktifitas. Pihak yang lain mengatakan untuk memberikan makan pada pagi hari. Hasil penelitian menyimpulkan kalau seekor hamster tidak tidur sepanjang hari. Malahan, dia bangun setiap 2 jam untuk mencari makanan. Ditambah lagi, di alam nya, makhluk kecil noctural ini keluar dari sarang nya (pada malam hari) untuk mencari makanan. “Harta karun” nya di bawa kembali ke dalam liang nya (sarang) dan di tambah ke dalam “tempat penyimpanan makanan” yang sudah dia kumpulkan sepanjang hari. Seberapa banyak makanan yang dibutuhkan? Sebanyak – banyak nya ! Jenis Syrian hanya membutuhkan makanan sekitar satu sendok makan per hari per ekor, ditambah dengan supplemen tambahan atau buah dan sayuran. Dikarenakan Dwarf memiliki metabolisme tubuh yang lebih tinggi, bisa diasumsikan mereka akan mengkonsumsi dosis yang hampir sama dengan Syrian. Hal ini bukan berarti harus memberikan makanan satu sendok makan per hari nya, seperti semua makhluk hidup lainnya, makanan yang dibutuhkan per hari nya bisa naik turun. Secara alami, hamster bisa mengetahui biji-bijian mana saja yang dapat dimakan untuk memberikan mereka makanan yang sesuai dan vitamin yang diperlukan untuk menjaga tubuh mereka tetap sehat.

Diet bahan pokok dari makanan pabrik merupakan awal yang baik, tapi jangan lupa sayuran segar ! Hamster menyukai sayuran dan membutuhkan sayuran untuk tetap dalam keadaan sehat. Tapi jangan memberikan sayuran terlalu banyak, sedikit rumput, daun semanggi atau wortel per hari sudah cukup. Terlalu banyak daun selada atau sayuran hijau bisa menyebabkan diare.

Untuk meningkatkan protein, Anda bisa memberikan biskuit kering untuk anjing atau kucing. Biskuit ini tidak hanya memberikan protein tambahan tapi juga membantu mengasah giginya.

Diet Dan Nutrisi Untuk Hamster by:teena2000

TREAT APA ?

Treat (snack atau selingan makanan) bisa menjadi special dan bermanfaat di saat yang sama. Tambahan buah-buahan dan sayuran telah terdaftar, masih ada beberapa makanan lain yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi treat hamster, tapi para penata diet mempertimbangkan bahan-bahan suplemen diet yang bergizi. Seperti :

Telur : Hamster sangat menyukai telur rebus dan telur mengandung protein tinggi. Telur rebus baik untuk ibu hamster yang sedang hamil dan anak-anak yang masih muda. Tetapi bagaimana pun juga, telur harus diberikan sekali-sekali. Telur yang tidak di makan dalam waktu 24 jam setelah diberikan. harus disingkirkan dari kandang agar telur tidak membusuk di kandang.

Minyak Ikan : Kaya akan vitamin A dan D, beberapa tetes minyak ikan yang diteteskan di atas makanan hamster bisa diberikan sekali seminggu.

Daging : Pemberian daging untuk hamster telah diperdebatkan selama bertahun-tahun. Beberapa orang percaya pemberian daging akan mendorong munculnya sifat kanibal di dalam diri hamster. Tetapi, ada beberapa laporan dari para breeders yang memberikan daging secara teratur dan tidak pernah mengalami (mempunyai) hamster yang kanibal. Daging bisa diberikan berupa potongan kecil daging sapi atau daging domba (hindarkan pemberian daging babi), makanan anjing kalengan atau mealworm, yang merupakan favorit hamster.

Susu : Permasalahan yang mendasar dari pemberian susu adalah susu perlu diberikan dalam suatu wadah, yang bisa ditumpahkan. Susu bisa menjadi basi dalam waktu yang relatif cepat jika berada di cuaca yang panas. Karena masalah-masalah ini, susu jarang diberikan untuk hamster. Susu baik diberikan untuk ibu hamster yang sedang mengandung, anak-anak hamster, dan hamster yang sedang sakit. Pastikan untuk menyingkirkan wadah dan cuci dengan bersih sebelum susu menjadi basi.

Campuran Makanan Burung : Suplemen yang ideal lain nya, adalah biji-bijian yang dijual untuk burung kenari dan budgerigars. Pemberian bisa dilakukan seminggu sekali dengan cara mencampur nya dengan makanan hamster atau satu sendok teh penuh.

Makanan Monyet : Makanan monyet yang berkualitas telah dikemas dengan banyak nutrisi seperti : jagung, basil gandung, telur, ragi untuk membuat bir, bermacam-macam protein, dll. Seperti treat lain nya, disarankan untuk tidak memberikannya lebih dari seminggu sekali. Seperti treat untuk kucing dan biskuit anjing, makanan monyet juga baik untuk mengasah gigi hamster.

Ragi : Kaya akan vitamin B yang bermanfaat untuk susunan syaraf dan sangat berguna untuk mengurangi stress. (Stress merupakan sebab utama yang menyebabkan hamster terkena penyakit, khusus nya wet tail). Pemberian ragi seminggu sekali, sangat baik untuk mencegah banyak penyakit. Berikan sejemput ragi yang bergizi sekali seminggu. (Ragi yang bergizi tidak pahit rasanya dan hamster Anda akan menyukai rasanya). Sebagai alternatif, tablet ragi yang dapat ditemukan di pet shop untuk anjing dan kucing , dapat diberikan seminggu sekali. (Ketika memberikan tablet ragi ini, gunakan tablet ragi yang plain, jangan yang mengandung bawang putih, karena bawang putih terlalu keras bagi ginjal hamster).

DALAM WADAH ATAU TIDAK ??

Diletakkan di lantai kandang atau dalam mangkuk (wadah)? Dikarenakan hamster dikenal sebagai penimbun (penggali), banyak pendapat yang mengatakan kalau makanan nya lebih baik diletakkan di lantai kandang. Kebalikannya, jika dapat membiasakan untuk mendapatkan makanan mereka di dalam wadah, hamster akan melihat makanan dalam wadah itu sebagai “timbunan makanan” mereka dan tidak merasa perlu untuk menggalinya karena adanya persediaan makanan yang berkelanjutan. Ibu hamster biasanya membawa sedikit makanan yang telah kita sediakan ke sarangnya untuk anak-anaknya dan ada beberapa hamster yang membawa makanannya ke dalam sarang sebagai snack ketika mereka tidur sepanjang hari.

Jika makanan di taruh di dalam wadah makanan, maka akan terlihat apakah hamster memakan makanannya atau tidak. Tetapi jika makanan di taruh begitu saja di dalam kandang (tanpa wadah makanan), maka kita tidak akan dapat memastikan apakah hamster memakan makanannya atau tidak. Biji-bijian yang tidak habis (sisa dalam wadah makanan), setiap harinya harus dibuang dan diganti yang baru.

DIET HAMSTER YANG SEIMBANG

Diet yang seimbang menyediakan semua bahan yang diperlukan untuk menjaga hamster tetap dalam keadaan sehat. Beberapa makanan memerlukan tambahan dari makanan lain sehingga tubuh bisa memanfaatkan makanan-makanan itu secara efektif.

Bahan pokok untuk diet seimbang adalah :
1. Protein
2. Karbohidrat dan Lemak
3. Vitamin
4. Mineral
5. Air Putih

Protein : Sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan terutama sangat penting bagi hamster yang sedang mengandung dan anak-anak hamster. Sumber protein yang baik adalah barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir), kacang-kacangan, jagung, buncis, gandum dan kacang polong.

Karbohidrat dan Lemak : Menyediakan energi dan panas tubuh, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan disimpan di tubuh sebagai lemak yang dapat mengakibatkan kegemukan, yang akan menyebabkan masalah untuk perkembangbiakan dan masalah kesehatan. Sumber karbohidrat antara lain : gula, ragi, kentang dan susu. Sumber karbohidrat yang juga merupakan sumber lemak antara lain : barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir), jagung, dan gandum.

Vitamin : Hanya sedikit vitamin yang dibutuhkan, tetapi mereka sangat dibutuhkan agar hamster Anda tetap sehat. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

1. Vitamin A
Sumber : Wortel, dandelions (semacam rumput yg bunga kuning), sayuran hijau, hay.
Akibat jika kekurangan : Diare, pertumbuhan yang lambat.

2. Vitamin B
Sumber : Bakteri gandum, ragi, daging, hati.
Akibat jika kekurangan : Diare, pertumbuhan yang lambat.
Vitamin B berpengaruh ke system syaraf dan pemberian secara teratur dapat mengobati stress secara efektif. Salah satu penyebab utama banyak penyakit, terutama wet tail.

3. Vitamin C
Sumber : Sayuran dan buah-buahan segar.
Akibat jika kekurangan : Penyakit kulit (kudis), tubuh yang membengkak.

4. Vitamin D
Sumber : Minyak ikan, bakteri gandum, sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan : Rakhitis.

5. Vitamin E
Sumber : bakteri gandum, sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan : Kelainan kulit, system reproduksi yang buruk.
Mineral : Mineral juga hanya dibutuhkan dengan jumlah yang sedikit. Sumber mineral antara lain : susu, sayuran dan biji padi.
Air Putih : Sebaiknya diletakkan dalam botol air hamster disbanding diletakkan di wadah. Karena air di dalam wadah dapat dengan mudah ditumpahkan.

Re: Diet Dan Nutrisi Untuk Hamster by:teena2000

DIET YANG SEHAT = HAMSTER YANG SEHAT
Hamster akan memakan apa saja yang disuguhkan kepada mereka. Dan mereka akan tetap memilih gaya hidup, naluri, metabolisme dan kebutuhkan nutrisi sama dengan pendahulu mereka. Karena hamster liar tinggal di daerah padang pasir, maka bahan pokok diet mereka (di alam) terdiri dari biji padi yang ditemukan di tanah lapang terdekat, sayuran tersedia di kebun / sawah petani local, serangga dan rumput liar. Hamster yang dipelihara juga akan berkembang dengan memiliki kebutuhan diet yang sama dengan rekan liar mereka. Bahan pokok diet harian yang baik, membutuhkan : biji bunga matahari (kuaci), jagung, oats, barley, gandung, pellet kelinci (yang mengandung Alfalfa Hay), snack kucing atau biscuit anjing dan sayuran. Banyak pakan hamster yang telah dikemas dan dijual di pet shop telah mengandung bahan-bahan dasar yang dibutuhkan oleh hamster. Makanan burung kenari merupakan tambahan yang bagus .(Selain menyediakan protein tambahan, menggerogoti biscuit anjing dan kucing akan membantu hamster untuk mengasah gigi mereka). Buah-buahan dan sayuran segar, dapat diberikan ke hamster 2 atau 3 kali seminggu, dengan jumlah yang sedikit.

Ketika semua kebutuhan dasar nutrisi telah disediakan setiap hari, hamster akan memilih biji-bijian mana saja yang dia butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Jika Anda perhatikan, maka Anda akan menyadari kalau sisa biji-bijian yang terdapat di wadah makan setiap harinya akan berubah-ubah (hal ini akan terlihat lebih jelas pada hamster betina yang sedang mengandung atau menyusui).

Hamster menyukai treat (makanan selingan) secara berkala seperti hewan kebanyakan; tetapi treat yang diberikan harus dipilih. Pilih treat yang menyediakan nutrisi tambahan bagi kebutuhan diet mereka seperti sayuran dan buah-buahan segar.

Berikut ini merupakan treat yang dianjurkan.
1. Apel (tidak untuk hamster dwarf),
2. Pisang (tidak untuk hamster dwarf),
3. Buncis,
4. Brokoli,
5. Kol atau kubis,
6. Wortel (tidak untuk hamster dwarf),
7. Kembang kol,
8. Daun seledri,
9. Jagung,
10. Courgettes / Zucchini,
11. Ketimun,
12. Deandelions (daun dan bunga),
13. Anggur,
14. Kale,
15. Labu,
16. Kacang polong,
17. Kentang,
18. Bayam,
19. Lobak cina,
20. Selada air,
21. Rumput muda.

Jangan pernah memberikan hamster Anda coklat atau permen. Coklat atau permen dapat tersangkut di dalam perut hamster dan menyebabkan kerusakan yang patut dipertimbangkan. Jika sudah terjadi seperti ini, maka hamster Anda akan sulit atau mustahil untuk disembuhkan. Catatan : banyak treats hamster yang dijual di pet shop mengandung jumlah gula yang besar.

Jadi, kesimpulannya? Diet bisa menjadi faktor pembetukan watak yang penting bagi hamster Anda dalam menghadapi Anda atau hamster lain. Jika Anda memanjakan hamster Anda dengan cinta dan perawatan yang benar (termasuk diet seimbang yang tepat), hamster Anda akan menjadi hamster yang bahagia, sehat dan penyayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: