Makanan Berbahaya bagi Hamster


Berikut adalah makanan yang terlarang bagi hamster. Pemberian makanan berikut beresiko mengganggu kesehatang hamster bahkan dapat menyebabkan kematian.

Segala Jenis Sayuran Daun

Kembang KolKembang Kol
SawiSawi

Beberapa jenis sayur-sayuran, terutama sayuran berdaun tidak baik diberikan berlebihan kepada hamster. Hamster dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi berbagi jenis sayuran berdaun, terutama sayuran berdaun putih. Sawi dapat menyebabkan kelemahan pada tulang punggung.

KangkungKangkung

Beberapa jenis sayuran yang bergetah, seperti kangkung, dapat menyebabkan mulas. Pemberian sayuran secara berlebih dapat menyebabkan hamster terlalu sering buang air besar, bahkan mencret. Gejala ini dapat diketahui dari pantat hamster yang selalu basah. Jika hamster mengalami mencret, hentikan pemberian sayuran (termasuk wortel) dan ganti dengan biji-bijian atau konsentrat. Kebutuhan akan air juga meningkat pada saat hamster mengalami diare.

CabaiCabai dan Masakan Pedas

Cabai dan masakan pedas lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Cabai membuat sensasi pedas dengan menggerus lidah sehingga berbahaya bagi hamster. Selain itu, bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada hamster.

Ikan asinIkan Asin dan Masakan Bergaram Lainnya

Ikan asin dan masakan yang mengandung garam lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Pemberian pakan jenis ini pada hamster dapat mengakibatkan bulu hamster rontok.

CoklatCoklat
PermenPermen

Coklat dan PermenCoklat dan permen adalah makanan berbahaya bagi hamster. Coklat sendiri bersifat racun bagi hamster. Sedang pada permen, seringkali mengandung zat-zat kimia yang memang tidak pernah ada dalam makanan hamster. Selain itu, kandungan gula pada keduanya tidak baik bagi kesehatan hamster.

Makanan ringan pabrikanMakanan Instant Pabrikan

Makanan instant baik berupa snack, mie, atau apapun bentuknya dengan berbagai merek yang dijual di pasaran, tidak boleh diberikan kepada hamster. Serinkali makanan ini mengandung zat kimia sebagai bahan pewarna dan pengawet yang tidak dapat ditoleransi hamster. Dalam jumlah berlebih, zat kimia ini dapat menyebabkan tumor, kanker, dan gangguan kehamilan. Selain itu, makanan instant hampir dapat dipastikan mengandung garam, sehingga dapat menyebabkan kerontokan bulu pada hamster.

About these ads

205 Responses so far »

  1. 1

    ihsan said,

    kLo d kasi Queker Oatmeal itu berbahayaya gk yaa??
    seperti energen sereaL gtu (maaf merk)
    ktany c bsa gemukin hamster

    makasih

    infony yaaaaa

  2. 2

    Jasmine said,

    Kalo di kasi makan pepaya berbahaya gk sih??

  3. 6

    nika said,

    makasih masukannya sangat bermanfat bagi sya seorang pemula

  4. 8

    kalau dikasih ayam goreng boleh ga??keju??

  5. 9

    joko said,

    bagaimana kalo dikasih gorengan seperti tahu tempe dll. ?

  6. 11

    raysha said,

    kalo di kasih toge n keju boleh ga?

  7. 15

    ovi said,

    kalo bayem, seledri dll, selain sawi, kembang kol dan kankung boleh gak?

  8. 17

    misiiii ….. numpang nanya nie bang … !
    knapa sih hamster2 quw nafsu makan nya berkurang ? faktor-faktor ap sih hingga hamster quw nafsu mkn nya berkurang …
    truss satu lagi nie bang .. gmna cara nya biar hamster yg kt pelihara nafsu mkn nya kembali normal …
    thank you ..
    di jawab ya
    ciiiiuuuuuuuu ,,

    • 18

      wewe said,

      biasanya faktor kebersihan kandang, penyakit(bakteri & virus), suhu ruangan..
      saran gw:
      bersihin kadang yg rajin, kasih vitamin n susu khusus buat hamster..
      n jgn lupa berikan air minum hamster dari air masak/aqua..

      thx dh mampir..

  9. 20

    Zahra said,

    klo hamster d ksh susu bayi blh g ?

    jawab ya!

  10. 22

    Wardah said,

    assalamuallaikum!
    KLO HAMSTER BOLEH GAK DI KASIH MINUM SUSU BAYI ???????????

    JAWAB YAAAAAAAAA!!!!!!!!!

    • 23

      wewe said,

      saran saya lebih baek di kasih susu khusus hamster, banyak di petshop yg jual;
      klo susu bayi takutx, menimbulkan penyakit maupun alergi pada hamster, karena struktur tubuh hams n manusia beda, so apa yg dikomsumsi tubuh jg beda;

      • 24

        satria riadi said,

        kalo saya bilang sih baik di kasih susu, asal susu di panas kan, kenapa susu ny harus di panas kan???…. karna susu di panas kan vitamin di dalam susu ny akan larut dan cocok untuk si hamster, tapi si hamster cuman dapat vitamin sedang dan lemak, yang saya rekomdasikan jangan terlalu panas dan jangan terlalu ngasih hamster terlalu banyak minum susu, entara jadi gemuk kaya hamster ku, yang aku kasih 2X sehari, sekrang hamster ku lagi masa pengurusan

      • 25

        g3mbulzone said,

        thanks masukann+tambahannya gan :)

  11. 26

    Wardah said,

    assalaamualaikum!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    KLO CIRI2 Hamster dominant spot yang hamil GIMANA ??????

    tOLONG Di Jawab YA ^^ !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  12. 28

    Zahra said,

    ASSAlaamu@laikummmmm!!!!!!!!!

    klo HAMSTER MATANYA BERaiR, Itu TaNdanya APa??????????????????????

    JAwaB YA ^^ !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. 29

    ferdi said,

    met sianggg…

    hamster aq banyak makan tandanya apa yaaa…mksihh

    truz ko ga hamil2 yaaa..pdhal yg cowo dah ckup umur, blz

  14. 31

    ishal said,

    boy , mau tanya ni .
    hamster saya suka di ksh kentang mentah , tapi alhamdullilah sampai sekarang sehat2 aja , coz kentang kan bagus ya . sampai2 hamster gw minta tambah kentang mentah , so bagus tidak bwat hamster kentang mentah itu ???

  15. 32

    si suka hamster said,

    aku pernah beli hamster terus aku tanya ke abang nya”bang makannya apa?” terus kata dia makannya sayur sayuran kaya sawi wortel terus aku beli eh nyampe rumah dia udah hampir mati huffffff………kasian dia

  16. 34

    fibo said,

    mau tanya,katanya touge bisa nambah nafsu birahi hamster..bner ga??thx

  17. 37

    Widya Sari said,

    hamsterku matanya ada putih2nya, itu knp ya?
    hamster betinaku lg hamil, kok jadi galak bgd sm yg jantan? wajar kah?
    tamda2 hamster mau melahirkan apa ya ? makasi :)

  18. 39

    dewa said,

    malam bos . . . .
    kalo komposisi makanan harian ada ga?
    kaya menu untuk seminggu gitu,
    ditunggu jawabannya bos. . .

  19. 41

    Riniyati said,

    salam damai .
    hamserku mati setelah tak beri makan biji matahari dan keluar cairan di anusnya berwarna hitam apa penyebabnya

    • 42

      wewe said,

      btw bij matahari yg khusus hamster kah?
      seharusx kalo biji bunga matahari lami tanpa campur bahan kimia tidak menyebabkan kematian, kecuali bij bunga matahari dikonsumsi banyk n sbg makana pokokx, karena bij bunga matahari mengandunk lemak cukup bnyak jadi bila dikonsumsi berlebihan mengakibatkan obesitas n final effect hams mati..

      thx dh mampir..

  20. 43

    Clara said,

    kalo hamster hamil gimana ya?
    Waktu itu hamil terus anknya mati semua, kayakny g di kasih susu..
    Mungkin kekurangan susu, gimana ya caranya biar ada susu?
    Katanya sih suruh kasih makan daun katug tapi takut salah..
    Di tunggu ya jawabanny soal hamsku lagi hamil nih!!!

    • 44

      wewe said,

      kalo masalah si Induk gk mau ngurusin n ngasih susu sma bayi2 tu dipengaruhi faktor stress ato kurang vitamin giizi..
      saran saya kalo ge ngelahirin Indukan jgn diganggu[coba lihat artikel saya=Cara Merawat bayi hamster dengan baik] coba anda kasih vitmi ato susu khusus hamster untuk suplemen tambahan…

      thx

  21. 45

    eka said,

    ak mau tanya nic?ak kan mau beli hamster…cara milih hamster yg sehat gmna?ak takut entar ampe rmh mati lg..

    • 46

      wewe said,

      sebelumx beli di cek aja apakah hamsterx aktif ato diam aja, cari yg aktif n bulu lembut n lucu pastix..:D
      kalo mau lebih terjamin sehatx beli di G3mbulzone Sist..:P

      thx

  22. 47

    eka said,

    wewe,kalo pagi ksi makan kuaci sore sayuran baik gk buat kesehatan hamster..

    • 48

      wewe said,

      dibaca ja artikel saya makanan2 buat hamster yg sehat, kuaci hanya makanan selingan jgn dibuat jdi makanan utama..
      makanan utmanya biji2-an, kalo sayur yg saya rekomendasi cma wortel jagung n Toge..

      thx

  23. 49

    gembul aja said,

    bleh g’ hmster ny di ksih mkn beras?
    hehehehe

  24. 51

    gusti reza said,

    wewe..
    cara buat ngawinin hams poborski and golden gmana sih..
    ko punya saya lama banget ga hamil” yang cewenya..?!

  25. 52

    inna adilah said,

    PERMISI!!! Aku mau nanya hamsterku cewek-cowok trus waktu di gabungin kelahi ada yang bilang sih lagi kawin tapi takut kalau ternyata bukan jadi kupisah deh. Nah kira-kira beneran nggak tuh mau kawin? Mohon di jawab thank’s

  26. 54

    sadida said,

    klo dikasih makan pelet ikan boleh ga?

  27. 56

    Aligar said,

    Kk….
    Berarti makan hamsternya di campur y kk dengan makanan lainnya…
    Contoh: saya kasih toge,kuaci,wortel saya campur ke tempat makannya…??

  28. 58

    ralfar said,

    Wow,nice info Gan!!!

  29. 59

    Vero said,

    gan tanya2 dong. gmana cra mengawinkan roboski dgn jenis arcente? coz wakt d jd in satu ky ny sich g akur. mhon masukan na ya. tks

  30. 63

    surya said,

    klo kasih beras merah bagus gak buat hamster?

    • 64

      g3mbulzone said,

      saya kurang taubos, yang pasti boleh kalo sesekali aja, kalo gk cari beras merah yg alami tanpa ada bahan2 pabrik/kimia laennya//

  31. 65

    azay said,

    bos kalo d ksh kuaci yg ska ada d warung yg 500an blh ga

  32. 68

    Reni said,

    Mau tnya untuk pemula ad g tips” khususx..???

  33. 70

    jak mania said,

    apa makanan hamster yang bagus ?

  34. 72

    saiia punya 2 hamster ..
    1 cowo 1 cewe,, tapi kalo tidur mereka suka berabrengan,, gak syka sendirian gitu ?
    itu tandanya apa ya ?!
    terimakasih atas sebelum nya ..

    • 73

      g3mbulzone said,

      banyak kemungkinan y pasti Hamster memang suka tisur berkelompok(maybe kedinginan), kalo kipoi tandanya gk mesti tidur bareng kan> :D

  35. 74

    friska said,

    ada yg bilang klo sawi putih itu juga merupakan pengganti air untuk hamster..
    bener gak tuh??

  36. 76

    joko said,

    gimna kalo serabut2 kayu diganti ma kertas2??

  37. 78

    tere said,

    mau tanya gw khan punya 3 hamster dan yang satuu gw pisahin soalnya brantemm truss kesiann ehmmm yang senndiri merasa kesepian gaa ya dan ada hamster gw yang di deket perut nya gendut tuh makanan pha hamil yaa??minta sarannya
    jawab yaa thx

  38. 80

    elok wahyu Lestari said,

    aku mau tanya nii, Ko Hamsterkuu sering bgt berak, n banyak bgt juga. itu kenapa yaa?
    terus bulunya rontok juga. nah, tmnku bilang ktanya kalo hamster mkn yg manis2 itu bsa nyebab in rontok. bner apa engga?
    gmana biar hamster winter gold cepet hamil, cz udh 2bln ga hamil2?

    tlg d jawab yaaaaa? :)

  39. 82

    Gery said,

    Ni gue mu nanya kalau dikasi kacang tanah bole ngga. . . . ?
    Plis tlng jawab
    by: gery tiwery

  40. 84

    Mega said,

    Hamster ak males bgt gerak, kerjaannya tdur mulu, kira.kira ith kenpa ya??
    Jwb yaa..

  41. 86

    Nova said,

    hamster saya kenapa yh ? ko d sekitar ekornya ada bintik merah gitu..
    apa itu infeksi kulit ? atau alergi ?
    kira2 supaya cpet smbuh, pake aph yh ?
    soalnya saya masih pemula.. gk ngerti.
    tolong bntu yh :(

  42. 88

    Oche said,

    saya punya 4 hamster, belinya wktu itu masih bayi. Tapi yg 1 bandannya engga gede2.. segede bayi mulu.. udh d ksih vitamin, tp ttp aj kecil.. pdhal mkannya normal. it kenapa ya ?
    trus kalo yg 1 lg kn ilang, gk balik k kandang selama 4 hari. ps udh balik lg, eh.. malah d musuhin sama yg lain.. mreka jd pda berantem, smpe yg ilang it kepalanya berdarah trus giginya patah.. knpa sih ? saya pengen mreka akur lagi..tolongin dong :’(

    • 89

      g3mbulzone said,

      kalo boleh tahu hamsternya skrg dh umuru brapa? klo dh diatas 2 bln pisah pasti tarung gan..
      ni sebuah trik biar bisa akur, coba bersihin kandang, trus taruh dh hamster ke kandang, biar kondisix netral..

  43. 90

    Nova said,

    hamster saya kenapa sih ? d sekitar ekornya ada bintik2 merah gthh..
    apa itu krna iritasi kulit ? atau alergi ?
    kasian bgtttt, dia nya jg jd murung..
    tolongin dong.. soalnya saya masih pemula.. gk ngrti :(

  44. 91

    raisinta said,

    aku mau tanya nih aq pnya hamster dia sering berantem,nah qlo berantem pasti dia keluar air dari kelamin nya berwarna kuning sama kotoranya qlo boleh tau knp yahhhh????

    • 92

      g3mbulzone said,

      yg pentink gk berdarah atau sampai mati gan, wajar klo dia sampek kepipisan/beol karena ketakutan dlm berantem..:P

  45. 93

    tukaran link yuk gan untuk sharing-sharing hamster..
    ne link saya: http://roborovskiwhiteface.blogspot.com/

    link agan ane pasang d blog ane..
    thaxs gan…

  46. 94

    NEVITA DEWI said,

    gmna ya byar hamster q cepat pnya ank??

  47. 96

    linz said,

    mkanan utama yang baik bwt hamster ap donk??
    al’y aq lbh sring kasi mam jagung tc…

  48. 98

    haekal said,

    kalau ksih kuaci boleh gak

  49. 99

    rizky ardiyansah said,

    ka…aku punya hamster ,hamsternya itu lucu…
    Tapi aku gak berani megang …
    Cara supaya aq berani megeng gimana ya???

    • 100

      g3mbulzone said,

      coba pikirkan kenapa anda tidak berani pegang Hams, setelah tahu penyebabnya terus beri sugesti positif pd diri anda agar berani n suka megang Hams,,,
      latihannya kasih makan hams dgn tangan, sentuh dgn lembut2 bulu2nya, kemudian egan dh..:D

  50. 101

    oshi said,

    mau tanya donk…..aq nie juga agy belajar ternak hamster tapi agak kesusahan wat bedain jenis chambellnya apa…misal aq pnya chambell black trus aq kawinin ma yang dove tp kok keturunannya malah beda ma induknya ya…???anaknya mlh banyak yang warnanya putih belang2 coklat….

    • 102

      g3mbulzone said,

      setahu saya dulu pernah menemukan artikel tentang persilangan gen Campbell, ntar ane cari2 dulu, klo dh ketemu ane emailin ke anda,,,

  51. 103

    agus said,

    mw tanya..
    umur brap biar hamster cepat kawin??

  52. 107

    Ike_eki said,

    Ass,_
    Mw nanya ne vitamin n su2 bwt hamstr i2 ap zaw?? N kira2 bza ddpet dmn zaw??

    Nutrisi bwt hamstr jg ap zaw

    • 108

      g3mbulzone said,

      wa’alakum sallam;
      bisa dri makanan n buah2/sayur, klo mau instan beli yg bentuk gel. agar di petshop terdekat(saya jg jual).

  53. 109

    regita said,

    boleh gy di kasih ketimun

    • 110

      g3mbulzone said,

      boleh,
      Beberapa buah dan sayur yang dapat dikonsumsi oleh hamster sebagai makanan selingan yaitu apel, wortel, timun, kol, selada, pisang, pir, kacang polong. Makanan ini hanya boleh diberi kepada hamster dalam jumlah yang harus amat terbatas. Jika berlebih akan menyebabkan kerusakan pencernaan pada hamster.

  54. 111

    yui said,

    mav,klo harga susu hams brp y?
    Aq pny hams,tp jnis yg bsar.
    Ska.y ggit kndang trus ky yg pngen klwr.
    Klo d sodorin mknan bru diem,pdhl mknan.y dh d sdia.n d kndang.
    Tlong d jwb y.

    • 112

      g3mbulzone said,

      variasi gan liat ja di petshop terdekat, klo saya biasanya beli yg bentuk agar2 harganya 12rb/pcs

  55. 113

    fitri yana said,

    bang, ko hamster aku ga hamil – hamil sih
    klo boleh tau knpa ko ga hamil – hamil ??

    jawab ya bang makasih ..

  56. 114

    bimo indra said,

    mw tnya………
    bagus kah air minium buat hamster…….? kta orang2 jgn sekali hamster d kasih air minum ntar bakal cepet mati……, benarkah itu boozz????????

    • 115

      g3mbulzone said,

      salah besar, namanya air putih adalah minumal terbaek non effect negatif bagi yg meminumanya!!
      apalagi si Hamster adalah type hewan yg HyperAktif(gkbisa diem) so hams sangat butuh minum, ane pernah pengalaman sehari gk ane kasih minum(khususnya Campbell) trus mati deh Hamster ane mati dehidrasi..:((

  57. 116

    betul banget,.dikasik toge bisa nyuburin hamster… :)

  58. 118

    nuis said,

    kalo d kasi makan kuaci ble?
    klo ad rsa kuaci asin bisa????

    • 119

      g3mbulzone said,

      boleh, n makanan paling disukai hamst. but ingant jgn kasih kuaci yg ada rasanya alias khusu manusia tapi kasih kuaci yg natural khusus Hams.. bisa dibeli di Petshop terdekat..

  59. 120

    Hamtaro said,

    Kalau dikasih biji bunga matahari boleh gak ? balez yea

  60. 122

    fei said,

    kak ..ku punya hamster 2 ekor. kea.a yg cewe pilih makanan deh, dikasih makanan khusus hamster dia kagk mau .pasti disimpen dikantung dket mulutnya itu loh.. truss dimuntahin lagi deh ditepian kandang. dikasih mam toge ma apel dia demen bangd. Kalo tiap arie dikasih toge ma apel boleh ga sih kak?? balas kak .ditunggu ^^

  61. 123

    yosua said,

    bang aku mau nanya
    kalo wortel dibuat makanan utama buat hamster blh gak bang ?
    bls ya

  62. 125

    ida aremania said,

    kak aku punnya 2 hams yg 1 gendut yg stu krus pi ngk trlalu krus sih …. :) yg gendut suka tidur mulu yg stu pged kluar kandang mulu kira 2 dia knapa ya kak ?

    • 126

      g3mbulzone said,

      slalu jaga pola hidup sehat meliputi, pla makan sehat n aktivitas yg sehat..
      jgn lupa ksih sarana olahraga misal:jogging wheell dll..

  63. 127

    lia farilia said,

    hamster ku ..lagi sakaratul maut ..

  64. 129

    ARTIK said,

    aq pny hamster nih baru beli tapi aq takut kasih minum so tiap hr aq kasih makan wortel,apel atau toge gmn amankah……..?

  65. 130

    anggara p said,

    misi bang, mau tanya. yang menyebabkan hams stres itu apa ya ?

    Thanks

    • 131

      g3mbulzone said,

      banyak faktor internal & external

      internal= mkananya/minuman kurang sehat
      external= lingkungan kandang kotor, berisik & bau.

  66. 132

    anthony fadilla said,

    OBAT UNTUK MNYEMBUH KAN HAMSTER DARI PENYAKIT (MENCRET) APA BOS???

    • 133

      g3mbulzone said,

      bersihkan kandang , jgn kasih sayuran yg berlebihan..kasih madu & vitamin khusu hams unutuk proses penyembuahan pencernaannya.

  67. 134

    Nadya Nadia said,

    air minum hamster bisa gak sihc di ganti sama labu putih?

  68. 136

    bisa dikasih makan beras ga?

  69. 138

    Aigaara said,

    Oy, sbgai tmbhan info aja lox jgn ngasih timun n kol ke hamster, membuat krusakan hati..
    Oy kmu jual semprotan anti kutu untk hamster g sist?

  70. 140

    utyputriii said,

    hamster di ruma males makan..
    dikasi jagung dan biji bijian gak prnh dimakan..
    minum juga jarang..

    gimana cara mengatasinya? :(
    mohon di bantu ya :(

    • 141

      g3mbulzone said,

      kasih vitamin & susu hamster. misalkan VITAGEL & sussu jelly.di pestshop jg banyak yg jual.ane jg jual contact me!

  71. 142

    Andre23 said,

    hamster ku pasti kalau dipegang malah nggigit tangan q itu kenapa ya ????????

  72. 148

    monster hamster said,

    GW Said awal beli hamster hamsternya gk gigit tapi pas sudah sebulan hamsternya sk ngegigit itu kenapa ya

  73. 149

    taufik said,

    kalo dikasih kuaci mateng boleh gak.//

  74. 150

    tha ditya said,

    Mau tanya neh..
    Hamster ak nama nya OCIL , mata nya bengkak sebelah kaya keluar gitu.
    Sebelum mata nya tertutup setelah saya usap dgn air hangat dan saya teteskan obat mata visine,
    Skr mata nya jadi bengkak kaya kluar gitu.
    Qira2 itu knp ia?
    Trz cara pengobatan nya gmn?
    Kasian ocil,, dy udah nemenin ak selama 1th 2bln.
    Tolong dibantu ia info nya.
    Thx
    Klo bisa blz lwt email ak aja sis:)

  75. 151

    Giarizny said,

    makanan sehari-hari buat si hamster bgus nya apa ya gan ? :)

  76. 152

    Assyifa Utami Sukarsono said,

    Kak,buah apa aja yg gk boleh bwt hamsi?

  77. 153

    macupi said,

    Jenis2 kecambah baikkah buat si hamster,, coz selama 3 bulan terakhir saat pertama kali saya beli hamter 2 ekor sekarang punya 16 hamter

  78. 155

    killa said,

    diet hamster yang bagus gmana ya , setelah anak nya gede-gede hamster ku gendut banget takut kebanyakan lemak

    • 156

      g3mbulzone said,

      cukup simple kok, tinggal diatut polamakan.jgn kaih banyak kuaci.diselingin ama buah(wortel/jagung, toge) & biji2an,,
      jgn lupa dikasih mainan yg exercicemisalnya jogging wheelsdll :)

      thx

  79. 157

    Anggun said,

    aku beli hamster kemarin sore, jenis mini campbell. 1 jantan 1 betina. dari tadi malem sampe pagi hamster nya ga bisa akur, yang betina kayak nyerang yang jantan terus. tapi sekarang udah akur lagi. itu hamster nya lagi tarung atau apa? harus aku pisahin apa gimana?
    Tolong dijawab yaa.. makasih

    • 158

      g3mbulzone said,

      bukan tarung gan tapi masa2 pedekate, itu sudah biasa. but still monitoring ya. asalkan gk da luka :)

  80. 159

    vika said,

    Haaii,slam knal yaa..
    mhon info nya dunk,hamsterku bru mlahirkan..
    gampang bgt kena stres,pdhl uda aku lakuin smua cara.
    dri cahaya kandangnya,tdk mmgang bayi hamster,tdk ganti serbuk kayu,tp sia” !!
    bayi” hamsterku tdnya ada 7 skrg tnggal 4 gra” dmkn induknya yg streess padahl bayi” itu bru 5hr. bntu aku dunk kira” brp lama lg seeh si induk di zona aman shbis mlahirkan….? biar bayi hamsterku ga dimakan lg.
    trus klo swktu” hamil lg N mlahirka,mungkin ga seeh bayi hamster yg lahir tu bs hdp smuanya ?

    • 160

      g3mbulzone said,

      yakin dh dicoba tip2 saya? klo dh yakin berarti anda harus kasih suasana yg hening dmai & nyaman bagi induk. jgn lupa kasih susu khusus hamster ya :)

      kemungkinan hidp smua ada, yg penting induk gk stress saat menyusui n mengasuh bayinya

  81. 162

    laras said,

    terima kasih tentang info nya

  82. 163

    Faras Ilhamsyah said,

    Klo hamsternya di kasih apel/pir setiap hari sehat gk?

  83. 164

    fire said,

    klo kasi pelet kn lele bloh gk soal di blog2 pada blang ksi pelet

  84. 166

    Toni said,

    Assalamu’alaikum
    permisi gan mau nanya…
    Gimana cara ngrawat bayi hams yg induknya uda inalillahi alias mninggal?

  85. 168

    adi yusuf said,

    Bisa ga 1 kndang ada 3 pasang (jenis) hams ?

  86. 170

    hibban said,

    klo dah terlanjur dkasih kembang kol itu berbahaya
    makasih…..

  87. 172

    ristadt said,

    kalau hamster dikasih buah pir gimana tuh? terus hamster saya kok minggu-minggu ini jadi agresif, jadi sering manjat2 gitu ampe jatoh. apa karena stress ya jd pgn keluar? hehe please jawabannya.

  88. 173

    ristadt said,

    Oia sekalian juga pgn nanya kok hamster saya jd ska ngigit ya? padahal dulu ga bgtu, help :(

  89. 175

    Nas inpoh, baru melihara sepasang campbell nih

  90. 177

    boleh tanya taq gan susu hamy tu gmn ya jelly ato susu cair
    kasian ni hamster ku ada lima baru aja mati satu jadi 4 kasih taw dong susu nya apa lagi gawat ni di petshop tanjungpinang ,kepri taq ada

    #balas ya gan lagi gawat nih

  91. 178

    Jhon Prima said,

    makanan bagi hamster yang masih kecil bagaimana

  92. 179

    saara said,

    hamster aq itu mknnya dikit aja..harus gi mana nih??aq kasi jagung sama koci.dia mkn tp dikit aja..

  93. 180

    Mas Kalo Pasir Hamster Gua Pakai Pasir Pantai Yang Udah Di Cuci Boleh ga ?
    Reply Yaa :D

  94. 181

    tiy sharah said,

    aduh gan..hamster aq itu lg mncret,,dya kayak mau mati aja sih.harus gimana nih??aq udah kasi madu..tp aq kasi dikit aja.kira2 harus dikasih brapa kali sehari tu anak??

  95. 182

    Sore, hamsterku namanya fett.
    Dia cowok, belom ada 1 minggu aku piara.
    permasalahannya, belakangan ini dia jadi pemurung, galak, nggigitin mulu,
    kenapa ya?
    apa pengaruh gara2 dia tinggal sendiri, terus galau, butuh pasangan cewek, atau apa gitu. hadoooh, bingung.

    Mohon dibales ya, thanks :)

  96. 183

    priscilla said,

    hamster mencret harus dikasih obat apa?? tolong infonya, makasih

  97. 184

    Ktanya ciri2 hams mw nikah tuh jantan ngjar btina untuk gigit jnis klaminnya dan abis tu nikah, btul?
    Tpi pinggir jnis klamin betinanya tuh berdarah, itu nikah ato brantem. Rada tkut sih soalnya beda jenis =D
    Mkasih =))))

  98. 186

    ramarafi said,

    KALO DI KASIH MAKAN TOGE BOLEH GAG

  99. 188

    dedek daffa said,

    malam gan, boleh ga gan kandang hamstr di beri pasir, saya kasih kandang dari triplek boloeh ga gan, trim’s

    • 189

      g3mbulzone said,

      boleh2 saja tapi jagn banyak2, klo bisa kasih tempat/wadah buat pasirnya->buat tmpat mandi dll
      klo bisa jgn triplex gan, ntar bisa di gigitin hamstnya, n hamsternya berhasil kaburr…:d

  100. 190

    Dedek Daffa said,

    satu lagi gan ada gak gan makanan hamst yg tidak berbauk menyengat, merk delikate ini menyengat kali aromanya, mual saya bauknya,

  101. 191

    Himehamham said,

    Makasih infox

  102. 192

    rijal said,

    misi

    sypunya 2 hamster, yg cowo serakah bngt, yg cewe jarang ke bangian. nah kok yg lebih gede kok yg cewe(bukan hamli). yg cowo lebih kurus. supaya yg cowo gendutin sedikit gimna ya ?

  103. 194

    Ilham passa said,

    Makin semangat nih urus hamster

  104. 196

    boleh nanya nggak? kalo buncis utk mknan hamster boleh gak? thx

  105. 198

    Rini said,

    Kalo di kasih kacang panjang bisa ga ?

  106. 200

    Rudy said,

    mo tanyani hamsterku udah pernah hamil tp stlh itu g pernah hamil lagi .Gimana caranya supaya hamsterku bs hamil lagi?

  107. 202

    ayuri said,

    assalaqmualaikum,,,bolehkah hamster diberi timun dan jagung ,,,truz kl bji matahari didapat yg udah dimasak kyak kwaci boleh gak,,,,,,makcih

  108. 204

    Boleh gak dikasih air di campur madu ?saya sering pakai itu supaya hamster pun suka dan pertumbuhannya lebih cepat


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: